Comscore Tracker

Percayalah, 8 Hal Ini Bisa Bikin Tulisan Kamu Makin Keren!

Biar berasa jadi penulis profesional

Banyak orang merasa tidak percaya diri dengan tulisan mereka. Alasannya pun beragam, ada yang merasa tidak terbiasa menulis, ada yang merasa karyanya monoton, sulit merangkai kata dan lain sebagainya. Salah satu cara agar tulisan kita terkesan tidak kaku dan monoton adalah dengan konsisten menulis. Dengan konsisten menulis, kita akan terbiasa untuk mengolah pikiran kita menjadi rangkaian kalimat yang mewakili pikiran kita.

Namun, dengan konsisten saja tidak cukup. Kamu juga harus menambahkan bumbu lain agar tulisanmu semakin menawan. Yuk, intip apa saja bumbunya!

1. Menghindari typo

Percayalah, 8 Hal Ini Bisa Bikin Tulisan Kamu Makin Keren!pixabay/Free_Photos

Typo merupakan kependekan dari a typograpical error atau kesalahan tipografi. Meskipun kelihatannya sepele, tetapi typo atau kesalahan ejaan dapat menimbulkan kesalahpahaman antara pembaca dengan penulis, loh.

Selain itu, informasi yang diperoleh pembaca juga menjadi tidak lengkap dan maknanya berbeda.

Nah, salah satu cara menghindari typo kamu perlu merevisi tulisanmu minimal enam kali sebelum melakukan publikasi. Lakukan di waktu-waktu terpisah agar kamu tidak merasa jenuh dengan tulisanmu.

2. Menulis sesuai kaidah ejaan kebahasaan

Percayalah, 8 Hal Ini Bisa Bikin Tulisan Kamu Makin Keren!pixabay/Free_Photos

Menulis sesuai EYD akan membuat tulisanmu memiliki nilai lebih di mata pembaca dan editor. Terutama naskah yang akan kamu kirimkan ke penerbit. Berbahasa Indonesia dengan baik dan benar juga termasuk salah satu upaya untuk melestarikan Bahasa Indonesia, loh!

3. Plot twist

Percayalah, 8 Hal Ini Bisa Bikin Tulisan Kamu Makin Keren!pixabay/StockSnap

Plot twist atau lebih umum dikenal sebagai kejutan di akhir cerita biasanya diselipkan dengan tujuan untuk mengaduk emosi pembaca. Plot twist yang bagus akan meninggalkan kesan yang dalam bagi pembacamu.

Baca Juga: 5 Tantangan Menulis untuk Media Daring, Bisa Diatasi, kok!

4. Detail

Percayalah, 8 Hal Ini Bisa Bikin Tulisan Kamu Makin Keren!pixabay/nile

Ketika mendeskripsikan sesuatu biasanya orang akan menjabarkan sesuatu yang berkaitan dengan hal itu. Mendeskripsikan sesuatu perlu menjelaskan sesuatu dengan jelas agar pembaca dapat memahami apa yang kita maksud. Kadang, penulis hanya menjelaskan secara garis besarnya saja tanpa menjelaskan secara terperinci. Ini membuat pembaca kadang kurang menangkap maksud sang penulis.

Oleh sebab itu, menjelaskan sesuatu dengan detail dapat membantu pembaca memahami maksud penulis sekaligus menghidupkan tulisanmu.

5. Menggunakan majas

Percayalah, 8 Hal Ini Bisa Bikin Tulisan Kamu Makin Keren!pixabay/strikers

Majas atau kiasan biasanya digunakan penulis agar tulisannya terlihat lebih rapi, menawan, dan tidak kaku. Ini yang membedakan novel/cerpen dengan karya ilmiah. Contoh majas yang sering dijumpai di novel/cerpen diantaranya, majas metamora, hiperbola, personifikasi, simile, dan lain sebagainya.

6. Menggunakan kata yang jarang dipakai

Percayalah, 8 Hal Ini Bisa Bikin Tulisan Kamu Makin Keren!pixabay/diannehope14

Selain menggunakan kata baku, kamu bisa menggunakan kosa kata yang jarang dipakai oleh penulis lain. Misalnya, gelas yang dipakai tamu itu meninggalkan kulacino di meja dekat asbak berwarna keperakan. Dalam KBBI, kulacino berarti bekas air di permukaan meja akibat gelas dingin atau basah.

Dalam perlombaan, menulis dengan gaya seperti ini bisa menjadi poin plus di mata juri. Kalau kamu mau, kamu juga bisa menambahkan catatan kaki untuk memberikan keterangan katanya.

7. Perbanyak narasi, hapus dialog yang tidak perlu

Percayalah, 8 Hal Ini Bisa Bikin Tulisan Kamu Makin Keren!pixaba/cocoparisienne

Ingat, kamu menulis cerita. Bukan menggarap naskah sinetron! Menulis dialog yang tidak perlu hanya akan membuat pembacamu merasa bosan. Daripada menulis.

Tok.. tokk ..tok!
Aku membuka pintu. Tampaklah seorang laki-laki berambut gondrong di depanku.
"Siapa ya?"
"Hai, gue Bambang. Lo pasti Marimar, kan?" dia balik bertanya.
"Bambang siapa? Tah rumah gue dari mana?" aku mengangkat sebelah alis keheranan.
"Temen lo, Esmeralda. Masih inget gue, ga? Yang kemarin lo selamatin waktu gue dikejar kecoa."
Aku tertawa kecil.
"Yaudah yuk, masuk!"

Akan terlihat lebih nyaman dibaca kalau kamu menarasikan dialognya menjadi,

Aku bergegas membuka pintu ketika terdengar suara pintu diketuk. Seorang laki-laki berambut gondrong yang mengaku bernama Bambang. Laki-laki yang aku selamatkan dari kejaran kecoa kemarin Rabu. Aku ingin tertawa rasanya kalau mengingat kejadian itu.
"Kok lo bisa sampe sini?"
"Dibantuin Esmeralda."
Aku ber-oh singkat lantas mempersilakan Bambang masuk.

8. Berpikir positif

Percayalah, 8 Hal Ini Bisa Bikin Tulisan Kamu Makin Keren!pixabay/geralt

Cobalah menjadi dirimu sendiri dengan yakin dan percaya diri. Percaya diri akan membuatmu berpikir positif. Berpikir positif membuatmu menjadi lebih optimis dan pantang menyerah. Ini juga yang mempengaruhi perilaku dan sikap seseorang.

Kalau kamu berpikir tulisanmu bagus dan kamu yakin kamu bisa, kamu pasti akan bekerja keras dan terus mencoba agar mendapat pengakuan. Sebaliknya, jika kamu berpikir kamu tidak bisa, kamu pasti akan berhenti mencoba dan mengacuhkan hal itu.

Mudah, kan? Itu adalah beberapa tips yang bisa kamu coba agar tulisanmu makin bergaya. Terus berkarya dan Tetap semangat! Good luck, ya.

Baca Juga: 5 Cara Menulis Novel ala Dita Soedarjo, Mudah Banget!

Eldorado Naz Photo Writer Eldorado Naz

— no write, no life.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Agustin Fatimah

Berita Terkini Lainnya