Comscore Tracker

5 Kegiatan Ini Harus Lebih Sering Dilakukan Saat Ramadan

#RamadanMasaKini Mendulang berkah

Datang setahun sekali, bulan Ramadan sungguh menjadi saat yang tepat bagi seluruh umat muslim mendulang berkah. Tak hanya menjalani ibadah wajib yaitu berpuasa, tapi juga melakukan banyak hal lain yang membawa kebaikan bagi diri sendiri maupun orang lain. Sebab, di bulan inilah seluruh kebaikan akan mendapatkan pahala yang berlipat ganda dari hari dan bulan biasanya.

Tidak salah jika sebagian orang akan lebih banyak melakukan kegiatan baik di bulan ini. Sebab banyak hal yang mendorong bahkan memengaruhi diri kita untuk melakukan kegiatan yang mungkin bisa memacu diri untuk dilanjutkan di bulan-bulan berikutnya. 

1. Memperbanyak salat sunnah

5 Kegiatan Ini Harus Lebih Sering Dilakukan Saat Ramadansatujam.com

Puasa adalah ibadah yang wajib di lakukan selama bulan suci Ramadan. Namun selain menjalankan ibadah wajib, ada pula ibadah sunnah yang tidak kalah penting dilakukan selama bulan penuh ampunan ini. Melalui ibadah sunah ini banyak pula pahala dan kebaikan yang bisa kita ambil. Salah satu kegiatan yang bisa mulai rutin dilakukan adalah salat sunah.

Macam salat sunah memang ada banyak, namun yang bisa mulai dilatih adalah salat sunah Rawatib, salat dhuha, salat witir dan salat malam. Meski sunah, namun keempat sholat ini memberikan banyak kebaikan bagi kita. Terlebih saat sudah mampu dilakukan secara rutin meski Ramadan telah usai.

2. Bersedekah

5 Kegiatan Ini Harus Lebih Sering Dilakukan Saat Ramadancahayaislam.id

Apalagi yang bisa melipatgandakan pahala sekaligus rejeki manusia selain keikhlasannya dalam bersedekah? Ya, meski tidak di bulan Ramadan kita pun dianjurkan untuk berbagi kepada sesama terlebih yang kurang mampu. Namun saat Ramadan tiba, bersedekah menjadi lebih mudah. 

Misalnya saja saat bulan suci Ramadan, kita bisa mulai menyantuni anak yatim, memberi makan kaum duafa, ataupun membagikan sebagian rejeki kepada sesama melalui bagi-bagi takjil. Sederhana namun bisa menumbuhkan kebiasaan baik saat Ramadan sudah usai nantinya.

Baca Juga: 5 Hal yang Harus Kamu Pertahankan Setelah Ramadan Usai

3. Mendatangi majelis ilmu

5 Kegiatan Ini Harus Lebih Sering Dilakukan Saat Ramadankiblat.net

Meski bukan merupakan ibadah wajib, namun menuntut ilmu adalah sebagian dari ibadah yang harus terus dilakukan oleh umat muslim. Salah satunya yang bisa dilakukan saat Ramadan adalah mendatangi majelis Ilmu seperti kajian.

Banyak komunitas atau banyak pula masjid yang rutin mengadakan acara ini. Sehingga sungguh mudah bagi kita untuk hadir dan menggali banyak ilmu.

Tidak ada batasan bagi kita untuk menuntut ilmu. Selagi ilmu itu baik dan bermanfaat untuk masa depan, maka kita pun dianjurkan untuk terus berjuang mendapatkannya. Selagi menunggu waktu berbuka, ada baiknya mengisi waktu luang dengan mendatangi kajian untuk mendapatkan ilmu.

4. Mengkhatamkan Quran

5 Kegiatan Ini Harus Lebih Sering Dilakukan Saat Ramadanrelaxlah.my

Selain puasa, sholat, dan sedekah, salah satu amalan yang bisa mulai dirutinkan adalah membaca Quran. Tentu saja tidak seketika kita bisa mengkhatamkan Quran, namun jika secara rutin dilakukan maka akan menjadi kebiasaan yang sangat baik. Sudah pasti membaca Quran akan memberikan kita kemudahan untuk mengetahui mana yang baik dan mana yang buruk.

Kegiatan ini pula bisa menjadi daftar kegiatan yang bisa dilakukan saat mengisi waktu menjelang berbuka. Selain mengaji seorang diri, kita bisa mengajak teman ataupun keluarga untuk mengaji bersama. 

5. Menebarkan banyak kebaikan

5 Kegiatan Ini Harus Lebih Sering Dilakukan Saat Ramadanpexels.com/@rawpixel

Salah satu yang jarang disadari namun berdampak baik bagi diri sendiri maupun orang lain adalah menebarkan banyak kebaikan kepada sesama. Seperti menyebarkan ilmu, berita ataupun informasi yang benar kepada orang lain. Terlebih saat banyak informasi palsu bertebaran di masyarakat.

Tugas kita bukan hanya mencari kebenaran atau mencegah informasi itu tersebar luas, tapi juga menahan diri untuk tidak terprovokasi sampai menyebarkan informasi yang bahkan kita sendiri belum memastikan kebenarannya.

Hal yang paling sederhana yang bisa kita lakukan di bulan Ramadan dan bisa menjadi kebiasaan nantinya adalah menghindari gibah atau membicarakan orang lain. Kita lebih baik mencari kegiatan yang menyibukkan diri kita sendiri. Membuat kita lelah namun tetap bermanfaat. Bukannya mengira-ngira kehidupan orang lain lalu membuat lebih banyak orang membenci hal yang belum tentu benar.

Itulah beberapa amalan yang harus lebih sering kamu lakukan saat sedang bulan puasa. Selamat mencoba guys!

Baca Juga: [LINIMASA] Fakta dan Data Arus Mudik Lebaran 2019

Nelsi Photo Verified Writer Nelsi

Menulis adalah salah satu terapi terbaik saat kita mulai lelah berbicara.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Febrianti Diah Kusumaningrum

Just For You