Comscore Tracker

5 Pesan Penting Bagi Kita yang Terlalu Merasa Bersalah, Ingat Nih!

Kamu tetap bisa memperbaikinya

Sebagai manusia biasa, rasanya sungguh tidak mungkin jika kita tidak melakukan kesalahan. Setidaknya tetap ada kesalahan terhadap suatu hal yang kita lakukan dengan hati-hati. Apalagi jika kita terlalu meremehkan hingga membuat banyak kesalahan dan menimbulkan penyesalan. Wajar sekali rasanya hal itu terjadi, sebab kita membutuhkan koreksi dan perbaikan untuk menjadi manusia yang lebih baik.

Namun daripada selalu merasa bersalah dan menyesali apa yang sudah dilakukan. Ada baiknya kita mencari cara untuk bisa segera menyadari kesalahan dan memperbaikinya. Berikut ini beberapa cara yang harusnya mulai kita lakukan saat merasa melakukan kesalahan atau mungkin sudah muncul rasa penyesalan.

1. Sadari bahwa semua orang berbuat salah

5 Pesan Penting Bagi Kita yang Terlalu Merasa Bersalah, Ingat Nih!Dramabeans.com

Berbuat salah bukan hanya kamu saja. Sebagai manusia wajar rasanya kamu berbuat hal yang tidak sesuai dengan kriteria atau standar di masyarakat. Hingga yang sudah kamu usahakan tetap saja dipandang salah bagi orang lain. Tidak mengapa kamu merasa menyesal atas apa yang sudah kamu lakukan.

Yang terpenting kamu segera menyadarai bahwa semua orang pasti berbuat salah. Tidak ada manusia yang terlalu istimewa sehingga sama sekali tak berbuat kekeliruan. Setelah menyadari tentu saja harus segera diperbaiki. Sehingga tidak ada lagi rasa penyesalan, yang ada adalah pelajaran.

2. Jangan pernah merasa sendiri & tidak berguna

5 Pesan Penting Bagi Kita yang Terlalu Merasa Bersalah, Ingat Nih!Dramabeans.com

Merasa bersalah tentu membuat kita seolah dikucilkan lingkungan. Dianggap kecil di masyarakat dan dianggap tidak berguna oleh orang sekitar. Padahal semua itu bukan hal yang benar-benar terjadi. Hanya kekhawatiran kita saja yang menimbulkan bayangan buruk.

Kita berhak merasa khawatir terhadap apapun bentuk dampaknya. Namun kita tetap punya tempat untuk berkeluh kesah, berbagi rasa bersalah dan berusaha mencari solusi untuk segera memperbaikinya. Kita tidak sendiri, kita tetap bisa berbagi cerita. Tetap ada elinga, mata dan hati yang mau mendengarkan kita. Meaki tidak mudah, tapi kita harus mencobanya.

3. Banyak keuntungan yang lahir dari kesalahan

5 Pesan Penting Bagi Kita yang Terlalu Merasa Bersalah, Ingat Nih!Dramabeans.com

Merasa menyesal adalah cara kita menikmati kesalahan yang kita perbuat. Kita yang berupaya melakukan semua hal dengan baik lalu kemudian bebuat salah. Sudah pasti ada hal yang kita sesalkan dalam setiap usaha kita.

Namun banyak kebaikan yang kita peroleh saat berbuat salah. Banyak pelajaran yang bisa kita ambil dan kita jadikan bekal untuk mengembangkan diri. Banyak pula kesempatan mencoba hal baru setelah kita berbuat salah. Tak mengapa jika kamu belum menemukan semuanya. Kamu perlu menikmati masa-masa ini. Merenung dan meresapi semua yang terjadi. Namun tidka boleh berlarut-larut ya.

Baca Juga: Banyak Tawaran, 5 Cara Berkata Tidak Tanpa Merasa Bersalah

4. Setelah mengakui, maka sejenak nikmati kesalahanmu

5 Pesan Penting Bagi Kita yang Terlalu Merasa Bersalah, Ingat Nih!Dramabeans.com

Setiap kesalahan memang harus diakui. Bukan sekedar untuk mendapat hukuman atau balasan yang lain. Tapi juga untuk melepaskan semua yang kita pikirkan selama ini. Kita terlalu banyak memikirkan hal yang kita lakukan. Baik buruknya, sukses gagalnya atau bahkan benar dan salahnya. Terkadang kita juga menutup diri sendiri dan mengelak setiap kesalahan yang diperbuat.

Meski tidak mudah kita tetap harus mengakui setiap salah yang diperbuat. Hati kita harus terbebas dari perasaan bersalah dan semua bentuk penyesalan. Setelah mengakui, mari kita coba sejenak untuk menikmati semua yang telah kita perbuat. Sebelum menciptakan dan memberikan pesan penting bagi hidup, kesalahan tentu harus dinikmati agar kita lebih tahu apa yang harus diperbuat setelahnya.

5. Katakan pada diri sendiri "aku tidak akan mengulangi"

5 Pesan Penting Bagi Kita yang Terlalu Merasa Bersalah, Ingat Nih!Dramabeans.com

Banyak kesalahan yang kita perbuat dan harus segera diperbaiki. Harusnya lebih banyak pula pelajaran yang kita ambil setelah memperbaikinya. Salah satunya adalah keberanian untuk mengatakan kepada diri sendiri untuk tidak mengulangi lagi di kemudian hari.

Bukan perbaikannya saja yang penting dan dituntut harus sempurna dilakukan. Tapi komitmen kita untuk tidak mengulangi kembali yang tidak kalah pentingnya. Berjanjilah bukan kepada orang lain, tapi kepada diri sendiri. Katakan jika kamu tidak akan mengulangi kesalahan yang sama kesekian kalinya. Kamu hanya akan melakukannya sekali dan menjadilannya pelajaran berharga dalam hidupmu.

Baca Juga: Merasa Bersalah pada Diri Sendiri? 7 Hal Ini Akan Menyembuhkanmu

Nelsi Photo Verified Writer Nelsi

Menulis adalah salah satu terapi terbaik saat kita mulai lelah berbicara.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Agustin Fatimah

Just For You