Comscore Tracker

7 Alasan Kamu Harus Sering Berterima Kasih Kepada Diri Sendiri

#GoodLife Karena yang paling berjasa adalah dirimu sendiri

Setiap dari manusia tidak lepas dari setiap kerja keras untuk menggapai apa yang ia tuju atau yang ia inginkan. Banyak hal yang harus dikorbankan saat kita mulai tahu tujuan dan dihadapkan pada sebuah pilihan. Kerja keras yang membuat kita semakin kuat tentu bukanlah hal yang mudah. Kita seringkali memaksakan diri, mungkin saja sampai lupa rasanya tersenyum hingga tak pernah merasakan bahagia.

Namun, di balik itu semua ada satu hal yang tidak boleh kita lupakan dalam setiap usaha menggapai impian. Yaitu berterima kasih kepada orang lain yang telah banyak membantu kita. Sekadar mengucapkan kata "terima kasih", mereka yang mungkin sudah lupa jika pernah membantu kita akan merasa sangat dihargai.

Selain itu, yang tidak kalah penting dan bahkan mungkin harus diutamakan adalah berterima kasih kepada diri sendiri. Bagaimana pun kamu telah berusaha dan apapun hasil yang telah kamu capai, semua jerih payahmu harus diapresiasi. Bukan dari orang lain, tapi dari dirimu sendiri lebih dulu.

Ini alasan kenapa kamu harus berterima kasih pada diri sendiri. Respect yourself!

1. Cara bersyukur paling murah meriah

7 Alasan Kamu Harus Sering Berterima Kasih Kepada Diri Sendiriinstagram.com/kdrama.official

Kamu yang memiliki kesempatan untuk mencoba dan memiliki kemampuan untuk berusaha bukanlah sebuah kebetulan. Setiap yang kamu lakukan sudah dipertimbangkan Tuhan baik dan buruknya. Kamu yang diberi kekuatan untuk melakukannya juga perlu berterima kasih atas apa yang bisa kamu lakukan hingga saat ini.

Bentuk syukur memang beragam, salah satunya yaitu mengucapkan terima kasih kepada diri sendiri. Tentu saja setelah tuntas urusanmu dengan Tuhan yang memberimu banyak kesempatan.

Kamu tidak perlu mengeluarkan banyak biaya atau malu untuk sekedar mengucapkan terima kasih kepada diri sendiri. Kamu hanya butuh waktu untuk merenung, duduk dan mencoba berbicara dengan diri sendiri.

Bukan tanpa alasan, sebab kamu perlu mengungkapkan isi hatimu melalui bahasa yang dapat kamu pahami sendiri. Berterima kasihlah kepada diri sendiri, kamu adalah manusia yang berharga atas apapun yang telah kamu raih.

2. Setiap hasil kerjamu patut dihargai

7 Alasan Kamu Harus Sering Berterima Kasih Kepada Diri Sendiriinstagram.com/kdrama.official

Sederhana saja, kamu tidak perlu memperlihatkan hasil kerjamu kepada orang lain. Terlebih bagi mereka yang hanya ingin tahu bukan ingin mengakuimu. Sekecil apapun prestasi yang kamu dapatkan, semua adalah hasil kerja kerasmu. Hasil pemikiran dan ujian perasaan yang telah kamu lalui. Perjuanganmu bukan lagi sekedar mengaharapkan medali atau sanjungan dari orang lain. Kamu hanya perlu dihargai atas apapun yang kamu hasilkan.

Berterima kasihlah saat kamu mendapatkan prestasi sekecil apapun itu. Bahkan saat kamu berhasil menyelesaikan tugas kecil sekalipun. Kamu telah berjuang dengan semua yang kamu miliki. Kamu telah berhasil menunjukkan kekuatan yang selama ini terpendam. Jangan memendam rasa terima kasih yang ingin kamu ucapkan.

3. Kamu butuh penambah semangat

7 Alasan Kamu Harus Sering Berterima Kasih Kepada Diri Sendiriinstagram.com/kdrama.official

Melatih kebiasaan berterima kasih kepada diri sendiri akan membantumu mendapatkan semangat tambahan. Bukan dari orang lain, kamu akan mendapatkan dukungan lebih dari dirimu sendiri. Mungkin kamu masih ingat, semangat yang besar tidak akan berguna saat diri sendiri tidak memperjuangkannya. Ya, kamu memang harus berterima kasih kepada diri sendiri.

Sekalipun sulit usaha yang kamu keluarkan, kamu akan mendapatkan semangat lebih saat kamu tahu betapa berharganya kamu. Berterima kasihlah selagi kamu bisa menambah semangat untuk dirimu sendiri. Jika bukan kamu yang lebih menghargai diri, bagaimana orang lain bisa memberikan penghargaan itu untukmu.

Baca Juga: 7 Isyarat Sederhana Kamu Sudah Berhasil Mencintai Diri Sendiri

4. Berterima kasih pada diri sendiri juga bisa menjaga kesehatan tubuh

7 Alasan Kamu Harus Sering Berterima Kasih Kepada Diri Sendiriinstagram.com/kdrama.official

Tentu saja, kamu butuh fisik dan psikis yang sehat bukan? Saat kamu lelah dan butuh tenaga lebih untuk berjuang. Kamu bukan hanya membutuhkan asupan makanan dan istirahat yang cukup. Kamu pun membutuhkan energi yang ada di dalam dirimu sendiri. Bagaimana kamu menghargai setiap kesempatan dan hasil kerja kerasmu, di situlah tempatmu untuk mendapatkan hidup yang bahagia.

Salah satu wujud syukur dan rasa bahagia dirimu, bisa dengan berolah raga secara teratur. Saat fisikmu sehat, kamu pun akan siap untuk berjuang untuk mimpimu yang lain. Tenang hidup adalah tentang menggapai mimpi dan menikmati setiap proses di dalamnya.

5. Melatih hati agar lebih ikhlas

7 Alasan Kamu Harus Sering Berterima Kasih Kepada Diri Sendiriinstagram.com/kdrama.official

Sesulit apapun usahamu, sebanyak apapun yang kamu korbankan, tentu semua harus kamu ikhlaskan. Bukan untuk siapa, tapi untuk ketenangan dirimu sendiri. Kamu perlu hati yang tenang untuk bisa melangkah lebih jauh. Menerima setiap kondisi dirimu dan menerima situasi di sekitarmu dengan lebih tenang dan hati yang lapang. Kamu membutuhkan energi positif untuk membawa kekuatan fisik yang lebih banyak lagi.

Saat kamu berterima kasih kepada diri sendiri, di situlah kamu tahu betapa berharganya kamu. Dan betapa besar usaha yang kamu lakukan untuk bisa mencapai apa yang kamu miliki saat ini. Kamu tidak akan banyak menuntut saat tahu apa yang kamu miliki saat ini adalah yang terbaik untukmu.

Bukan lagi iri atas apa yang orang lain miliki. Kamu lebih fokus kepada bagaimana kamu bisa menjadi lebih baik dengan apa yang kamu miliki. Lebih kurangnya semua adalah tentang hati yang tenang.

6. Membantumu membasuh luka

7 Alasan Kamu Harus Sering Berterima Kasih Kepada Diri Sendiriinstagram.com/kdrama.official

Setiap perjuangan tidak lepas dari kegagalan dan rasa sakit bukan? Termasuk kamu yang kini berhasil, pun telah melalui masa sulit dan semua jenis kegagalan di masa lalu. Rasa sakitmu mungkin masih membekas, tapi saat kamu berterima kasih kepada diri sendiri, kamu berlatih untuk membasuh luka itu. Kamu menerima diri apa adanya. Gagal atau berhasilnya kamu, kamu adalah manusia hebat yang sudah banyak berjuang.

Jangan memendam luka. Sekalipun sulit, jangan mengotori hatimu karena orang atau situasi yang membuatmu sulit bergerak jauh. Kamu harus memberikan hadiah kepada dirimu sendiri, dengan meringankan beban dan berterima kasih atas apapun yang telah kamu lakukan.

7. Melatih diri menghargai orang lain

7 Alasan Kamu Harus Sering Berterima Kasih Kepada Diri Sendiriinstagram.com/kdrama.official

Berterim kasih kepada diri sendiri adalah salah satu latihan sederhana yang bisa kamu gunakan agar kamu lebih menghargai orang lain. Sama halnya dengan mencintai, kamu tidak bisa tulus mencintai orang lain, saat kamu sendiri belum sepenuhnya menerima dan mencintai dirimu apa adanya. Berterima kasihlah atas apapun yang telah kamu dapatkan saat ini, disitulah kamu akan lebih menghargai hidup dan juga orang-orang yang ada di dalamnya.

Jika sulit, jangan menyerah. Kamu hanya butuh waktu untuk menjadi terbiasa. Bukan memaksakan diri untuk orang lain. Kamu harus mau melakukannya untuk dirimu sendiri. Kamu berhak mendapatkan rasa bahagia dan hati yang lapang untuk bisa melangkah jauh lebih baik dari saat ini.

Baca Juga: Yuk, Kurangi Efek Quarter Life Crisismu Dengan Cara Ini

Nelsi Islamiyati Photo Verified Writer Nelsi Islamiyati

Menulis adalah salah satu terapi terbaik saat kita mulai lelah berbicara.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Arifina Aswati

Berita Terkini Lainnya