Comscore Tracker

7 Hal yang Membuatmu Mudah Merasa Kesepian Meski di Tengah Keramaian

#GoodLife Sepi atau ramai hanya kamu yang bisa rasakan

Setiap orang memiliki perasaan yang ingin diungkapkan, baik kepada orang lain maupun kepada dirinya sendiri. Beberapa orang memiliki keistimewaan dapat dengan mudah menyampaikan apa yang ia pikirkan dan apa yang ia rasakan.

Namun beberapa orang lainnya juga memiliki keistimewaan untuk menyimpan rapat-rapat apa yang sebenarnya bisa dengan mudah ia ungkapkan. Bahkan tidak jarang, perasaan sepi saat berada di tengah keramaian pun bisa seketika dirasakan.

Banyak faktor yang membuat kita bisa seketika merasa sangat kesepian atau merasa sendiri, bahkan di tengah lingkungan atau situasi yang sangat ramai. Beberapa orang akan sangat menikmatinya karena bisa fokus dengan apa yang sangat ia sukai.

Tapi lainnya akan merasa ini sebuah tekanan yang besar. Beberapa alasan di bawah ini seringkali menjadi faktor yang membuat kita merasa kesepian di dalam hidup. Tapi alasan lainnya tentu hanya kamu yang paling tahu.

1. Ketidakmampuanmu menerima perubahan yang ada

7 Hal yang Membuatmu Mudah Merasa Kesepian Meski di Tengah Keramaiandramabeans.com

Setiap manusia diberkahi kemampuan untuk beradaptasi dengan lingkungan baru. Terlebih saat seseorang harus menghadapi sebuah perubahaan yang terjadi di dalam hidupnya. Ada mereka yang bisa dengan mudah beradaptasi, selebihnya akan merasa sangat kesulitan dengan itu. Saat ia merasa tidak ada yang bisa dilakukan atau tidak bisa beradaptasi dengan orang-orang baru, bukan hal yang aneh jika ia pun akan merasa sangat kesepian.

Penerimaan diri terhadap sebuah perubahaan menjadi faktor yang sangat penting. Tentu saja agar kita bisa bertahan dan melanjutkan hidup. Tidak terus menerus terbawa suasana tidak nyaman yang akhirnya merugikan kita sendiri.

Padahal banyak yang bisa dilakukan, banyak orang yang bisa ditemui dan banyak yang bisa terus diimprove saat kita bisa mulai menerima keadaan.

2. Bagimu tak ada yang bisa memahamimu dengan baik

7 Hal yang Membuatmu Mudah Merasa Kesepian Meski di Tengah Keramaiandramabeans.com

Akan sangat menyenangkan bagi kita saat bisa bertemu dengan orang yang bisa mendengarkan cerita, keluh kesah dan bahkan memahami setiap emosi yang kita miliki. Seolah ada yang memahami dan mendukung apapun yang kita rasakan.

Namun, semua itu tidak akan dengan mudah didapatkan pada setiap orang yang kita temui. Akan ada saat di mana kita yang harus lebih memahami mereka. Sekalipun kita membutuhkan, tapi situasi mengharuskan kita lebih memahami orang lain.

Jika sudah begini, seringkali kita merasa tidak memiliki siapapun. Sering pula kita hanya berdiri dan bertahan dengan kekuatan diri. Padahal kita pun ingin didukung dan dibela oleh orang lain. Sulit, sakit dan sedihnya kita hanya kita yang tahu. Senang, bahagia dan ceria hanya itu yang kita lakukan di depan mereka. Perasaan sendiri itu bisa jadi kembali muncul.

3. Tak banyak yang tahu apa maumu

7 Hal yang Membuatmu Mudah Merasa Kesepian Meski di Tengah Keramaianplanetapantanal.com

Kamu mungkin bukan orang yang bisa dengan mudah menyampaikan apa yang kamu inginkan kepada orang lain. Kamu terbiasa mengatasi masalahmu sendiri. Sekalipun kamu membutuhkan dan ingin diperhatikan, dalam waktu lama kamu tidak menerima itu hingga akhirnya kamu pun terbiasa dengan dirimu sendiri. Mencari tahu apa yang membuatmu begini dan mencari solusi untuk kamu gunakan sendiri.

Tapi jangan terlalu membiarkan hal itu bersarang di dalam dirimu. Kamu unik dengan kemampuanmu mengatasi semua masalahmu sendiri. Tapi kamu tetap manusia yang membutuhkan orang lain. Siapa tahu ada orang yang ingin sekali kamu panggil namanya, ada dia yang ingin kamu ajak berbicara dan ada mereka yang siap membantumu mewujudkan keinginanmu.

Baca Juga: Lagi Sedih? Lakukan 5 Hal Sederhana Ini Untuk Obati Rasa Galaumu

4. Kamu seolah menutup diri dari semua yang mendekati

7 Hal yang Membuatmu Mudah Merasa Kesepian Meski di Tengah Keramaiandramabeans.com

Setiap manusia memang diciptakan unik, termasuk kamu dengan segala yang kamu punya. Kamu yang pendiam bukanlah sebuah masalah, kamu berhak menentukan ingin berbicara atau bercerita tentang apa. Tapi tentu itu bukan alasanmu menarik diri dari lingkungan.

Menjauhkan diri dari semua orang yang ada di sekitarmu tidak akan membuatmu menjadi lebih baik. Kamu mungkin tidak nyaman dengan mereka, tapi bukan berarti kamu tidak bisa mencoba untuk lebih dekat dengan mereka.

Perasaan sepi yang kamu rasakan bisa kamu atasi saat kamu mau. Salah satunya dengan mencoba mendekat dengan orang yang ada di sekitarmu. Kamu tidak harus mengikuti obrolan mereka. Dengarkan saja dulu, jika tidak tahu kamu bisa bertanya. Tidak perlu seaktif mereka di awal, tapi kamu harus mau mencoba membuka diri untuk bisa bersama mereka.

5. Dunia yang kamu ciptakan sendiri jauh lebih besar

7 Hal yang Membuatmu Mudah Merasa Kesepian Meski di Tengah Keramaianforums.soompi.com

Kamu yang terbiasa sendiri pada akhirnya akan membuat dan menciptakan duniamu sendiri. Kamu merasa nyaman dengan suatu hal, mungkin hingga kamu lupa waktu dan lupa diri karena terlalu menikmati.

Kamu terbiasa sendiri dan melakukan banyak hal seorang diri. Tapi ini bukan sebuah pembalasan karena kamu tidak memiliki teman bukan? Jangan lakukan ini karena kamu layak untuk memisahkan diri dari orang-orang yang menunggumu keluar.

Kamu berhak menikmati hidup dengan caramu sendiri. Tapi bukan dengan menciptakan dunia yang kamu bentengi dari orang lain. Kamu adalah makhluk sosial yang pun merasa kesepian saat lelah dan stres dengan berbagai tekanan.

Jangan menutup diri dan memaksa untuk memendam semuanya sendiri. Kamu masih memiliki kesempatan untuk meluapkan apa yang kamu rasakan tanpa takut kehilangan kenikmatanmu seorang diri.

6. Perasaan malu dan selalu direndahkan membuatmu tak berdaya

7 Hal yang Membuatmu Mudah Merasa Kesepian Meski di Tengah Keramaiandramabeans.com

Tanpa banyak orang tahu, perasaan kesepian ini muncul saat kamu mulai merasa direndahkan dan diremehkan orang lain. Kamu akan merasa tidak berharga di hadapan mereka. Rasa percaya dirimu perlahan menurun dan membuatmu enggan untuk bertemu lagi dengan mereka. Wajar saja saat kamu memilih untuk menyendiri dan enggan bertemu lagi dengan mereka. Karena kamu tidak ingin kembali terluka oleh apa yang mereka lakukan.

Tapi kamu tetap harus yakin kamu bisa melalui semuanya. Mereka ada bukan untuk dihindari. Sejenak kamu memang perlu sendiri untuk menenangkan diri, tapi tidak untuk menjauh dan membuat mereka semakin senang membuatmu terpuruk.

Buktikan saja pada mereka kamu bisa bertahan meski mereka merendahkan dan membuatmu seolah tak lagi berharga. Tidak perlu memaksa, karena kamu lah yang paling memahami apa yang kamu inginkan.

7. Perasaan selalu ditolak membuatmu tak percaya diri

7 Hal yang Membuatmu Mudah Merasa Kesepian Meski di Tengah Keramaiansalonurody.info

Tidak heran seseorang yang merasa sangat kesepian di dalam hidupnya saat ia sering ditolak di lingkungan sosial. Banyak hal yang membuat ia ditolak oleh orang lain. Ini bukan hanya sekedar cinta yang ditolak, tapi keberadaan yang tidak diinginkan juga bisa membuat kita kehilangan rasa percaya dan yakin bahwa kita bisa menjadi manusia yang sama dengan mereka, yaitu bersosial.

Kamu mungkin sering ditolak, tak diinginkan keberadaannya. Jangan terlalu menyalahkan dirimu sendiri. Mungkin saja mereka masih belum tahu dimana lebih dan istimewanya kamu.

Tunjukkan betapa kamu berharga dan bisa menjadi sosok yang hebat meski mereka sempat menolakmu. Sulit memang tapi jika ingin dicoba, bisa saja kamu menemukan hasil yang luar biasa. Bukan lagi rasa kesepian yang semakin menjauhkanmu dari hidupmu.

Baca Juga: 7 Kunci Agar Generasi Muda Tak Mudah Galau Hadapi Masa Depan

Nelsi Islamiyati Photo Verified Writer Nelsi Islamiyati

Menulis adalah salah satu terapi terbaik saat kita mulai lelah berbicara.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Arifina Aswati

Berita Terkini Lainnya