Comscore Tracker

5 Cara Agar Tidak Mudah Dianggap Remeh Orang Sekitarmu

Tunjukkan jika kamu layak!

Sukses adalah tujuan dan mimpi setiap manusia. Termasuk kita yang sedang berjuang meniti tangga kehidupan yang nyatanya tidak selalu mudah. Rela mengorbankan raga, harta bahkan waktu untuk sekadar membuktikan bahwa kita layak menjadi yang terbaik.

Namun semua yang dilakukan tidak lantas langsung membuat kita dihargai bahkan disanjung oleh orang lain. Selebihnya mungkin ragu atau justru menganggap remeh kita bahkan sebelum kita mampu tunjukkan hasilnya.

Bukan hal yang aneh jika memang kita pada akhirnya merasa tidak layak atas perjuangan dan mimpi kita sendiri. Tapi hal itu tidak boleh sampai menyurutkan nyali atau niat untuk menuntaskan perjuangan kita.

Dan kini saatnya kita memulai langkah baru agar tidak selalu dianggap remeh dan mudah oleh orang di sekitar kita.

1. Kenali dirimu dengan lebih baik

5 Cara Agar Tidak Mudah Dianggap Remeh Orang Sekitarmupexels.com/@joaojesusdesign

Sebelum memaksa orang lain mengenali dirimu dengan baik, cobalah kenali siap kamu dengan sebaik-baiknya. Apa yang kamu sukai, apa yang kamu ingini dan apa yang bisa kamu lakukan. Jangan dulu memandang orang lain seperti apa saat memandangmu. Mungkin memang tidak menyenangkan. Tapi kuncinya ada pada dirimu sendiri.

Saat kamu tuntas mengenali siapa dirimu saat ini, kamu tahu apa yang harus kamu lakukan. Kamu tahu bagaimana caramu memperlakukan diri dan mimpi-mimpimu. Bahkan saat ada orang yang meremehkan dan berusaha menjatuhkanmu, kamu lebih tahu apakah kamu masih tetap layak berjuang atau harus mundur dan mencoba cara yang berbeda.

2. Tidak perlu terlalu banyak menjelaskan

5 Cara Agar Tidak Mudah Dianggap Remeh Orang Sekitarmupexels.com/@divinetechygirl

Pernah dengar kalimat ini? Orang yang tidak menyukaimu, tidak membutuhkan penjelasan tentang dirimu. Ya, kalimat itu benar adanya. Saat ada yang tidak menyukaimu, bagaimanapun kamu menjelaskan padanya, ia pun tidak akan peduli akan itu. Kamu justru akan lelah dibuatnya, karena tak bisa lagi mencari alasan untuk membuatnya yakin atas apa yang kamu lakukan.

Kini coba tanamkan pada dirimu sendiri. Pembuktian itu dibutuhkan bukan untuk orang lain mengakuimu. Tapi untuk dirimu sendiri yang sedang berjuang dan bertarung dengan waktu dan pikiranmu sendiri. Itu lebih berat dari apa yang kamu bayangkan sebelumnya. Tapi setidaknya kamu tidak perlu menjelaskan panjang lebar karena dirimu bukan mereka.

Baca Juga: 5 Tanda Depresi Ringan yang Sedang Kamu Alami, Jangan Diremehkan!

3. Kembangkan dirimu sesuai keyakinan

5 Cara Agar Tidak Mudah Dianggap Remeh Orang Sekitarmupexels.com/@startup-stock-photos

Menjadi sukses tidak hanya dibutuhkan konsistensi dalam setiap usahamu. Tapi juga keyakinanmu pada apa yang kamu impikan dan kamu kerjakan. Dalam perjalananmu menggapai mimpi sudah bukan hal yang aneh jika ada yang tidak mendukungmu. Mereka bukan hanya tak memberimu bantuan, tapi bisa juga menyiutkan keyakinanmu pada apa yang akan kamu capai.

Tapi selama kamu bisa berpikir dan bergerak, cobalah untuk meresapi betapa inginnya hatimu melakukannya. Meski tak mudah, kini beralihlah untuk lebih banyak mendengarkan hatimu. Daripada melukai diri dengan meyakini perkataan orang lain yang tidak mengenalmu dan tak tahu usahamu.

4. Dengarkan kritik dan saran seperlunya

5 Cara Agar Tidak Mudah Dianggap Remeh Orang Sekitarmupexels.com/@moose-photos-170195

Saat kamu ingin sukses, maka kritik dan saran akan datang silih berganti. Mereka akan membuatmu yakin sekaligus ragu dalam waktu yang berdekatan. Ada yang membuatmu semakin bersemangat tapi ada pula yang membuatmu tak ingin melanjutkan. Semuanya akan mewarnai usahamu untuk bisa menjadi manusia kuat.

Kini semakin dewasanya kamu, cobalah untuk menyeleksi mana saran yang akan kamu gunakan. Dan pastikan untuk tidak terpengaruh dengan kritik yang membuatmu ragu atas dirimu sendiri. Keyakinan tumbuh dari kekuatan hatimu menerima ucapan orang lain. Tapi bukan terjebak lalu lupa bahwa hatimu pun perlu didengar.

5. Percayalah bahwa kamu mampu

5 Cara Agar Tidak Mudah Dianggap Remeh Orang Sekitarmupexels.com/@pixabay

Kini saatnya kamu percaya pada apa yang kamu miliki. Selagi kamu berjuang kamu tidak mungkin meminta orang lain selalu mengawasi dan mendukungmu. Perjuanganmu untuk sukses dihasilkan dari keyakinan bahwa kamu mampu melakukannya. Sulit? Sudah pasti. Tapi bukankah setiap masalah ada solusi yang bisa dicoba untuk kamu lakukan.

Orang lain tak pernah tahu bagaimana sulitnya menjadi kamu yang berjuang sendirian. Kamu bisa berbicara pada dirimu sendiri untuk lebih meyakinkan hati bahwa kamu mampu melakukan hal yang tidak diyakini orang lain terhadapmu.

Berjuanglah bukan untuk siapa dan karena apa. Tapi berjuanglah atas namamu sendiri yang sudah lama mendambakan kebahagiaan yang diremehkan orang lain.

Semangat, ya!

Baca Juga: 5 Manfaat Lakukan Kebaikan Tanpa Pamrih untuk Orang Lain

Nelsi Islamiyati Photo Verified Writer Nelsi Islamiyati

Menulis adalah salah satu terapi terbaik saat kita mulai lelah berbicara.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Arifina Budi A.

Berita Terkini Lainnya