Comscore Tracker

Jangan Terlewat, 7 Amalan Menjemput Malam Lailatul Qadar

#RamadanMasaKini Kebaikan malam 1000 bulan

Tidak terasa Ramadan sudah hampir masuk ke dalam 10 malam terakhir. Banyak hal yang sudah dilalui dan dilakukan selama menjalankan ibadah di bulan suci ini. Selain berpuasa, kita pun menjadi semakin rutin mengaji, melaksanakan sholat sunnah sampai bersedekah. Meski pahala yang didapatkan akan dilipatgandakan, namun tetap ada kebaikan yang bisa dijemput di 10 hari terakhir bulan penuh ampunan.

Salah satunya yang paling gencar dicari adalah malam Lailatul Qadar. Malam yang lebih baik dari 1000 bulan ini tidak datang dengan sendirinya. Setiap orang berkesempatan mendapatkan kebaikan dan keberkahan dari malam ini. Asalkan bersungguh-sungguh dalam menjemputnya. Beberapa kegiatan di bawah ini sangat dianjurkan Rasulullah SAW untuk menjemput malam Lailatul Qadar.

1. Sholat dengan niat karena Allah

Jangan Terlewat, 7 Amalan Menjemput Malam Lailatul Qadarislamkafah.com

Seluruh umat manusia memang diwajibkan melakukan sholat 5 waktu. Dan diperkenankan untuk mendulang keberkahan dari setiap sholat sunnah yang dilakukannya. Terlebih saat bulan Ramadan tiba. Semua amalan wajib dan sunnah akan dilipatgandakan pahalanya. Salah satunya yaitu sholat sunnah seperti tarawih, witir, hajat dan juga sholat tahajud.

Di 10 malam terakhir Ramadan kita dianjurkan untuk rutin melakukan sholat sunnah ini. “Siapa saja yang melaksanakan sholat saat malam Lailatul Qadar karena iman dan berharap pahala dari Allah, dosa-dosanya akan diampuni.” (Hadits Riwayat Bukhari, 1.901). Itulah sebabnya, kita dianjurkan melakukan sholat sunnah dengan niat karena Allah dan mengharapkan kebaikan serta keberkahan dari Allah.

2. Berdzikir dimana pun dan kapan pun

Jangan Terlewat, 7 Amalan Menjemput Malam Lailatul Qadarislami.co

Malam Lailatul Qadar datang saat kita menjemputnya dengan banyak kegiatan dan disertai niat yang baik. Salah satu amalan yang bisa dilakukan untuk mengisi 10 malam terakhir Ramadan adalah berdzikir. Tak hanya dilakukan selepas menunaikan ibadah sholat. Namun dzikir juga bisa dilakukan kapanpun dan dimanapun kita berada.

Dzikir tidak hanya membuat kita memanfaatkan waktu dengan sebaik-baiknya. Namun juga membantu kita untuk senantiasa mengingat Allah dan semua kebesaran yang dimiliki. Sebanyak apapun yang bisa kita lakukan sambil mengharapkan kebaikan dari Allah atas dzikir yang kita ucapkan.

3. Menghatamkan Al Quran

Jangan Terlewat, 7 Amalan Menjemput Malam Lailatul Qadarkiblat.net

Selama sebulan penuh membaca Al Quran seolah menjadi asupan yang wajib bagi kota yang menjalankan ibadah puasa. Membaca Al Quran bisa dilakukan kapan saja, dimanapun dan dengan siapa saja. Itu sebabnya di 10 hari terakhir Ramadan, kita dianjurkan untuk memperbanyak membaca Al Quran. Jika bisa menghatamkan hingga surat terakhir salam Al Quran.

Terlebih saat membaca Al Quran di malam-malam yang dimungkinkan akan turun Lailatul Qadar. Maka siapapun yang membacanya akan mendapatkan kebaikan dan juga keberkahan. Sebab di malam itu para malaikat turun ke bumi bersamaan dengan berkah yang sudah Allah siapkan.

Baca Juga: Ini 5 Keutamaan Malam Lailatul Qadar, Jangan Sampai Kelewatan

4. Rutin bersholawat

Jangan Terlewat, 7 Amalan Menjemput Malam Lailatul Qadarkonsultasisyariah.com

Selain berdzikir menyebut nama baik Allah. Kita pun dianjurkan untuk memperbanyak sholawat kepada junjungan nabi Muhammad SAW. Sholawat sendiri tak hanya dilakukan saat Ramadan apalagi di 10 malam terakhir. Namun akam berbeda rasanya jika mengucapkannya sambil membayangkam bahwa akan turun kebaikan dari Allah SWT.

Siapapun yang sedang memiliki keinginan maka bisa mengimbanginya dengan bersholawat. Sebab, doa yang diijabah dan paling mustajab adalah dengan bersholawat kepada nabi Muhammad SAW.

5. Perbanyak doa

Jangan Terlewat, 7 Amalan Menjemput Malam Lailatul Qadarislami.co

Tidak ada yang pernah tahu kapan malam Lailatul Qadar menghampiri kita. Namun kita bisa memperjuangkan setiap malam dengan segala kegiatan yang baik. Salah satu kebaikan yang dikejar adalah terkabulnya doa dan keinginan kita. Itulah sebabnya di 10 malam terakhir Ramadan dianjurkan untuk memperbanyak doa.

Salah satu doa yang paling dianjurkan adalah ALLAHUMMA INNAKA ‘AFUWWUN TUHIBBUL ‘AFWA FA’FU ‘ANNII.

Aisyah berkata; “Wahai Rasulullah, apa pendapatmu jika aku ketepatan mendapatkan malam lailatul Qodar, apa yang harus aku ucapkan?”, beliau menjawab: “Ucapkanlah; ALLAHUMMA INNAKA ‘AFUWWUN TUHIBBUL ‘AFWA FA’FU ANNA” (ya Allah, sesungguhnya Engkau maha pema’af mencintai kema’afan, maka ma’afkanlah daku).” (HR. Ibnu Majah, yang dishahihkan oleh Al Albani). Mintalah ampunan kepada Allah dan mintalah segala kebaikan dengan harapan bahwa Allah akan mengabulkan setiap doa kita.

6. Bersuci

Jangan Terlewat, 7 Amalan Menjemput Malam Lailatul Qadarnu.or.id

Bulan Ramadan adalah bulan yang penuh dengan kebaikan. Salah satu yang paling dianjurkan untuk menjemput keberkahan di 10 mal terakhir Ramadan adalah dengan bersuci. Kita bisa membiasakan untuk mandi, berwudlu hingga menggunakan wewangian sebelum melakukan ibadah. Bayangkan saja ini adalah ibadah terakhir yang bisa kita lakukan. Sehingga kita bisa mempersbahkan diri kita sebaik-baiknya.

Terlebih saat akan menjalankan ibadah. Bersuci akan memberikan rasa segar bagi kita untuk menjalankan sholat, mengaji hingga melakukan ibadah sunnah lainnya. Selain bersuci secara lahir, maka bersucilah secara batin juga. Dengan meluruskan semua niat, maka lakukanlah setiap amalan dengan mengharap ridho dan keberkahan dari Allah SWT.

7. I'tikaf

Jangan Terlewat, 7 Amalan Menjemput Malam Lailatul Qadarbincangsyariah.com

Dari banyaknya ibadah yang bisa dijalankan di bulan Ramadan, yang bisa mendukung kita menjemput malam Lailatul Qadar adalah dengan beri'tikaf. Salah satu maknanya adalah berdiam diri di Masjid untuk melakukan banyak ibadah. Seperti sholat dan mengaji.

Sebelum melakukan I'tikaf, pastikan kota pun membekali diri dengan niat. Baik niat lahir maupun batin. Salah satu niat yang bisa mendorong kita untuk semakin khusyuk beribadah adalah “Nawaitul I’tikaf Lillahi Ta’ala”. Setiap niat akan membantu kita untuk tetap fokus pada apa yang kita lakukan dan tidak sampai mengosongkan pikiran apalagi melakukan kegiatan yang sia-sia.

Baca Juga: 5 Tanda-tanda Malam Lailatul Qadar yang Tak Boleh Kamu Lewatkan

Nelsi Photo Verified Writer Nelsi

Menulis adalah salah satu terapi terbaik saat kita mulai lelah berbicara.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Agustin Fatimah

Just For You