Comscore Tracker

5 Kalimat yang Mampu Menguatkan saat Sedih Selain 'Sabar ya' 

#IDNTimesLife Ucapkan dengan penuh ketulusan

Kesedihan merupakan bagian yang gak terpisahkan dari manusia. Ada kalanya bahagia dan tawa harus terganti dengan kesedihan dan air mata. Meski gak semua orang bisa menunjukkan perasaan itu, namun kesedihan gak bisa disembunyikan dari siapa pun yang melihatnya. Sehingga menjadi suatu hal yang wajar jika manusia lainnya ingin menghibur dan menguatkan keadaan. 

Meski begitu gak semua cara menghibur bisa benar-benar menenangkan dan memberikan kekuatan. Sebab setiap orang memiliki respon yang berbeda ketika mendengar kalimat hiburan atau penguatan dari orang lain. Seperti misalnya saat berusaha menghibur dengan mengucapkan kalimat 'sabar ya', gak semua bisa dengan mudah menerima dan langsung terpengaruh. Lalu kalimat apa yang sebaiknya diucapkan?

1. "Kamu sudah berusaha keras"

5 Kalimat yang Mampu Menguatkan saat Sedih Selain 'Sabar ya' unsplash.com/@medvedevmax

Setiap kesedihan tentu disebabkan karena banyak alasan. Bisa karena suatu kegagalan atau kesulitan yang dialami dalam usaha yang dilakukan. Ada banyak rintangan yang sudah dilalui hingga mungkin tetap gak memberikan hasil yang diinginkan. Namun siapa pun tetap berhak menerima pengakuan bahwa dirinya sudah berusaha sangat keras. 

Jika menjumpai teman, saudara, keluarga atau orang sekitar merasa sedih karena gagal dalam usahanya, cobalah ucapkan kalimat ini. "Kamu sudah berusaha sangat keras. Kamu hebat." Dengan begitu ada suatu penghargaan atas usaha yang telah ia lakukan, sekalipun belum mencapai suatu keberhasilan. Rasa sedih akan tergantikan dengan kesadaran bahwa ia sudah melakukan usaha maksimal. 

2. "Terima kasih sudah mau bertahan"

5 Kalimat yang Mampu Menguatkan saat Sedih Selain 'Sabar ya' unsplash.com/@rosiefraser

Saat seseorang merasa sedih, ada banyak hal yang bisa ia lakukan. Bahkan terkadang di luar nalar manusia. Hal terburuk yang selalu dihindari bahkan oleh orang sekitarnya. Sehingga saat memberikan ucapan yang bertujuan menghibur pun harus memperhatikan dampak lebih jauh. Sebab gak semua orang dengan mudah menerima kalimat penguatan yang diberikan orang lain. 

"Terima kasih sudah mau bertahan." Bisa menjadi salah satu kalimat yang diberikan kepada mereka yang sedang bersedih. Sebab, bertahan dan tetap menjalani keseharian dengan baik di kala sedih bukanlah hal mudah. Ia tetap berhak menerima penghargaan dan ucapan terima kasih karena sudah mau bertahan dalam keadaan yang sulit. 

3. "Kamu hebat gak memilih menyerah"

5 Kalimat yang Mampu Menguatkan saat Sedih Selain 'Sabar ya' unsplash.com/@courtneymcook

Saat sedih, pikiran manusia bisa gak terkendali. Banyak hal yang bisa dilakukan termasuk menyerah dan memilih untuk gak melanjutkan hidup seperti sebelumnya. Tentu siapa pun gak ingin hidup yang sia-sia karena terlalu larut dalam kesedihan. Namun tetap saja, saat sedih seseorang lebih sulit menerima kalimat penguatan dari orang lain. 

Daripada memaksa seseorang untuk terus berjuang dikala ia masih dalam kesedihan, ada baiknya menguatkan hatinya lebih dulu. Kalimat "Kamu hebat karena gak memilih menyerah" bisa memberinya kekuatan. Kalimat tersebut menumbuhkan keyakinan, bahwa sekalipun keadaan sulit namun menyerah bukanlah pilihannya. Yakinkan dengan penuh ketulusan bahwa kesedihan mampu dilalui. 

Baca Juga: Menghibur, 5 Rekomendasi Variety Show Korea Populer yang Lucu

4. "Jika ingin menangis, menangis saja"

5 Kalimat yang Mampu Menguatkan saat Sedih Selain 'Sabar ya' unsplash.com/@benwhitephotography

Wajar rasanya saat sedih, seseorang pun akan menangis. Gak ada batasan pria maupun wanita. Semua berhak meluapkan kesedihan dengan air mata. Gak jarang seseorang yang tengah dilanda sedih, menjadi enggan menangis karena takut dengan penilaian sekitar. Takut dicap lemah, dikira gak mampu, dan dijauhi karena terlalu berlebihan. 

Daripada menyuruh seseorang berhenti menangis karena kesedihannya. Alangkah lebih baik untuk membiarkannya menangis. Gak ada yang perlu disembunyikan dari setiap emosi yang muncul. "Jika ingin menangis. Menangis saja." Kalimat yang membuat siapa pun merasa diberi ruang untuk menunjukkan emosinya. 

5. "Ini sulit, aku siap menemanimu"

5 Kalimat yang Mampu Menguatkan saat Sedih Selain 'Sabar ya' unsplash.com/@bewakoofofficial

Menyuruh orang lain untuk gak terlarut dalam kesedihan atau mendikte seseorang untuk berusaha lebih keras mungkin bisa dilakukan saat kondisi sudah membaik. Saat seseorang sedih, mereka gak sekadar membutuhkan kalimat penyemangat. Tapi juga membutuhkan teman untuk sekadar berbagi keluh kesahnya. 

Alih-alih menyuruh segera bangkit dan kembali beraktivitas seperti biasa. Bukankah lebih baik untuk menawarkan bantuan, setidaknya menawarkan diri untuk menemani selama masa sulit. Sebagai tempat bercerita, berbagi dan sekadar menangis. Menemani saat kondisi terburuk bisa menjadi obat yang gak ternilai. 

Baca Juga: 5 Sebab Kamu Perlu Belajar Menghibur Diri Sendiri saat Sedih 

Nelsi Islamiyati Photo Verified Writer Nelsi Islamiyati

Menulis adalah salah satu terapi terbaik saat kita mulai lelah berbicara.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Abigail Putra

Berita Terkini Lainnya