Comscore Tracker

Kamu Pasti Siap Jadi Orang Sukses, Jika 5 Sikap Ini Sudah Dikuasai

Sukses gak sekedar tentang uang dan jabatan

Siapa yang tidak ingin menjadi orang sukses? Semua orang sudah pasti ingin menjadi orang yang bermanfaat untuk orang lain. Terlepas dari apa pekerjaan mereka, sampai di mana tingkat pendidikannya, dan berapa jumlah kekayaannya. Harus ada usaha yang harus dilakukan oleh setiap orang yang bermimpi untuk sukses. Yang paling sederhananya adalah menyambut hari Senin dengan hati yang penuh rasa syukur.

Namun sebagai orang yang sukses, tentunya minimal kamu harus menguasai 5 sikap yang ada di dalam dirimu sendiri. Sebab sukses bukan sekedar seberapa banyak yang kamu hasilkan, tapi seberapa besar yang telah kamu lakukan.

1. Menerima dirimu apa adanya

Kamu Pasti Siap Jadi Orang Sukses, Jika 5 Sikap Ini Sudah Dikuasaikdramafighting.com

Tidak ada orang sukses yang tidak mengenal siapa dirinya dan apa yang menjadi kekurangan serta kelebihannya. Mereka adalah orang yang paling mengenal diri mereka luar dan dalam. Mereka tahu apa yang harus diperbaiki dari setiap kesalahan, apa yang perlu dilengkapi dari setiap kekurangan dan apa yang harus terus dikembangkan dari setiap kelebihan yang dimiliki. 

Bukan sekedar membantumu mencari dan mengembangkan setiap potensi, kamu yang paling mengenal dirimu tidak akan mudah jatuh karena banyak ucapan orang lain yang menyakitimu. Kamu lebih percaya pada kemampuanmu dan tidak mudah berpikiran negatif saat ada yang membicarakan kekuranganmu.

2. Tidak pernah malu mengucapkan 3 kalimat sakti

Kamu Pasti Siap Jadi Orang Sukses, Jika 5 Sikap Ini Sudah Dikuasaidramabeans.com

Sudah sejak lama 3 kalimat sakti ini membawa pengaruh yang baik bagi seseorang. "Maaf", "Terima Kasih" dan "Minta tolong". Siapa pun kamu, jika kamu berpikir untuk menjadi orang yang sukses jangan pernah berpikir kamu bisa segalanya. Kamu tetap menjadi manusia yang penuh dengan kekurangan dan membutuhkan banyak bantuan. 

Jangan pernah ragu meminta bantuan orang lain saat kamu kesusahan, sekalipun kamu ingin berusaha sendiri, tapi kamu pun akan membutuhkan mereka. Jika mereka membantumu, jangan pernah lupa mengucapkan terima kasih.

Tunjukkan rasa terima kasihmu dalam bentuk apapun, tak melulu bentuk perbuatan, ucapan terima kasih dengan tulus sudah membuat mereka tak rela melihatmu kesusahan lagi. Bahkan jangan pernah sombong dan enggan meminta maaf jika kamu bersalah. Meminta maaf tidak menjadikanmu lemah, justru membuatmu terlihat lebih dewasa dan bijaksana.

3. Kamu adalah orang yang harus terus berbagi

Kamu Pasti Siap Jadi Orang Sukses, Jika 5 Sikap Ini Sudah Dikuasaidailymotion.com

Ya, orang sukses yang kita kenal memang hanya mereka yang terkenal dan bahkan kaya raya. Memiliki banyak aset dan juga mudah melakukan apapun yang diinginkan. Tapi apakah kamu pernah tahu, sebelum mereka mendapatkan apa yang ada pada dirinya saat ini, seberapa banyak yang ia berikan bahkan ia korbankan untuk orang lain.

Orang sukses adalah mereka yang tidak pernah malu dan tidak pernah ragu untuk berbagi. Mereka adalah orang yang tahu bahwa dengan berbagi dan meringankan beban orang lain. Orang ini pun akan mendapatkan hal yang berlipat ganda dan tentu saja semua urusan mereka dipermudah. Berbagi tak melulu tentang uang, bahkan ilmu dan pengalaman yang dimiliki juga bisa kamu bagikan kepada mereka yang sedang ingin menjadi orang sukses.

4. Bagimu belajar sudah jadi makanan pokok

Kamu Pasti Siap Jadi Orang Sukses, Jika 5 Sikap Ini Sudah Dikuasaicoppamagz.com

Belajar bukan hanya tentang pelajaran yang kamu terima di bangku sekolah, bukan juga ujian yang harus kamu lalui di perguruan tinggi. Belajar apa pun, di mana pun dan dari siapa pun akan membuatmu kaya akan ilmu dan pengalaman. Jangan pernah membatasi diri untuk belajar banyak hal. Setidaknya sekalipun kamu tidak membutuhkannya, pengetahunmu cukup luas saat kamu harus berbicara dengan orang di luar sana.

Bahkan beberapa orang sukses di luar sana sibuk dengan membaca buku dan membuat banyak perubahan besar dari kebiasaan kecil yang ia rutin lakukan. Mereka tak hanya belajar dari apa yang mereka sukai, mereka pun belajar dari apa pun yang tidak mereka sukai. Tentu saja untuk lebih memahami dan menerima diri apa adanya.

5. Pandai membaca situasi dan mengendalikan emosi

Kamu Pasti Siap Jadi Orang Sukses, Jika 5 Sikap Ini Sudah Dikuasaisoompi.com

Bukan berarti orang sukses adalah mereka yang tidak pernah marah. Mereka pun manusia yang pernah marah, sedih bahkan terpuruk. Tapi yang orang sukses lakukan jauh lebih besar dari yang mereka terima. Mereka adalah orang yang mampu mengendalikan emosi yang muncul di dalam dirinya.

Tak selalu harus menuruti apa isi hati dan melampiaskan dalam bentuk emosi negatif. Mereka mampu memahami situasi. Mengubah segala pikiran negatif menjadi pikiran positif yang membangkitkan semangat.

Kamu yang ingin belajar memahami bagaimana orang sukses mendapatkan yang ia perjuangkan. Maka cobalah untuk memahami dirimu terlebih dulu, belajar mengendalikan setiap emosi yang kamu miliki, dan dari situlah kamu akan belajar memahami situasi dan tentu saja mampu menentukan apa yang harusnya dilakukan.

Nelsi Islamiyati Photo Verified Writer Nelsi Islamiyati

Menulis adalah salah satu terapi terbaik saat kita mulai lelah berbicara.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Pinka Wima

Berita Terkini Lainnya