Comscore Tracker

Gak Hanya Menakutkan, 5 Kerugian Saat Kamu Menjadi Pribadi Pemarah

Salurkan amarahmu dengan cara yang benar!

Setiap manusia dikaruniai emosi yang menjadikannya spesial diantara makhluk hidup lainnya. Dari senang, sedih, marah, dan berbagai jenis emosi lainnya. Ya, setiap orang pasti pernah merasakan dan mengalami pengalaman yang membuat emosi tersebut satu persatu muncul. Baik ditunjukkan kepada diri sendiri maupun kepada orang lain. Emosi masih saja menjadi hal yang harus diperhatikan. Sebab jika tidak disalurkan dengan baik, maka akan membawa pengaruh yang buruk bagi diri sendiri maupun lingkungan.

Salah satu emosi yang berdampak buruk adalah amarah. Sebagai manusia memang wajar rasanya jika kita mengalami kejadian yang membuat kita marah kepada orang lain. Termasuk marah terhadap diri sendiri. Ada saja yang kita lakukan saat kita marah. Namun hal itu juga sangat membahayakan. Kita juga akan sangat merugi jika menjadi orang yang pemarah. Mulai dari,

1. Kamu sulit berpikir jernih

Gak Hanya Menakutkan, 5 Kerugian Saat Kamu Menjadi Pribadi PemarahUnsplash.com/christnerfurt

Saat kita menjadi pemarah, kita akan sulit berpikir jernih terhadap masalah yang kita miliki. Yang harusnya bisa mencari solusi, kita malah fokus pada kejadian yang membuat kita marah. Sudah pasti kita pun akan semakin ingin marah saat mengingatnya. Amarah yang tidak tertahan dan tidak tersalurkan dengan baik akan membuat kita sulit berpikir jernih. Seolah semua jalan sudah tertutup dan kita hanya akan fokus pada kesalahan.

2. Fisikmu menjadi mudah lelah & sakit

Gak Hanya Menakutkan, 5 Kerugian Saat Kamu Menjadi Pribadi Pemarahunsplash.com/@rawpixel

Emosi negatif memiliki dampak yang buruk bagi tubuh manusia. Sudah banyak dibuktikan oleh penelitian para ahli dan uraian yang diungkapkan dokter. Bahkan salah satu penyebab sulitnya manusia sembuh dari sakit di tubuhnya adalah saat emosi negatif selalu berkecamuk dalam hatinya.

Saat kamu menjadi orang yang pemarah, kamu akan mudah sakit secara fisik. Badanmu akan terasa mudah lelah dan bisa jadi kamu juga tanpa sengaja melukai dirimu sendiri. Bagaimanapun ini akan merugikanmu secara fisik.

Baca Juga: Mudah Marah, Kamu Mungkin Kekurangan 5 Hal Penting Ini dalam Hidup

3. Orang lain semakin malas berurusan denganmu

Gak Hanya Menakutkan, 5 Kerugian Saat Kamu Menjadi Pribadi Pemarahpinstripemag.com

Menjadi orang yang pemarah, membuatmu akan dijauhi banyak orang. Tidak sedikit orang yang akan pergi meninggalkanmu karena sifatmu yang tempramental. Kamu akan mudah melampiaskan amarah kepada orang lain, termasuk temanmu. Mereka yang berusaha memberimu nasehat juga akan malas karena kamu terlalu fokus melampiaskan amarah.

Mereka juga akan semakin takut berbicara denganmu, karena kamu hanya akan menunjukkan raut wajah yang sedang marah kepada orang lain. Mereka pun akan takut jika kamu sedang marah, maka salah satu media pelampiasan adalah temanmu.

4. Selalu memikirkan hal dari sisi negatif

Gak Hanya Menakutkan, 5 Kerugian Saat Kamu Menjadi Pribadi Pemarahunsplash.com/@christianfregnan

Marah tak hanya melukai fisikmu tapi juga mentalmu. Kamu yang tak mampu mengendalikan emosi negatif termasuk amarah yang terus meletup-letup, akan dengan mudah memandang sesuatu dari sisi negatif. Bagimu tak ada hal baik yang sesuai dengan kehendakmu. Kamu hanya akan melihat semua dari sisi negatifnya saja.

Selain marah, kamu juga akan mudah kecewa karena ada banyak hal yang mungkin saja tidak sesuai dengan ekspektasimu. Marah membuatmu lelah secara fisik dan mental. Kamu akan sangat sulit menemukan arti bahagia dan enggan tersenyum, karena diliputi pikiran negatif.

5. Sulit bagimu menghargai diri sendiri

Gak Hanya Menakutkan, 5 Kerugian Saat Kamu Menjadi Pribadi Pemarahunsplash.com/@mikailduran

Yang paling parah, bisa jadi kamu akan sulit menghargai dirimu sendiri. Kamu menjadi orang yang tidak ragu melukai diri, baik secara fisik maupun mentalmu. Menghargai diri bukan hanya sekedar memberi hadiah kepada diri yang sudah bekerja keras. Tapi juga menjaga kebahagiaan diri kita sendiri. Kita tidak bisa menuntut orang lain terus membahagiakan kita, tapi kita sendiri sulit untuk merasa bahagia.

Jika sudah begitu, maka hanya kitalah yang harus memberikan kebahagiaan untuk diri sendiri. Termasuk untuk tidak menjadi orang yang pemarah. Sebab saat kita marah, kita akan semakin jauh dari rasa bahagia.

Baca Juga: Kenapa Orang Lapar Jadi Gampang Marah? Yuk, Baca 8 Fakta Ilmiahnya

Nelsi Photo Verified Writer Nelsi

Menulis adalah salah satu terapi terbaik saat kita mulai lelah berbicara.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Tania Stephanie

Just For You