Comscore Tracker

Selain Jajan, 5 Alasan Anak Muda Doyan Nongkrong di Kafe

Bisa untuk mencari kerja juga kok

Di era yang bergerak maju dengan sangat cepat, semua kebutuhan masyarakat tidak lagi sulit didapatkan. Salah satunya yaitu tempat untuk makan atau sekedar menikmati camilan yang lain dari biasanya. Ya, membanjirnya kafe-kafe di tengah perkotaan bukan lagi sekedar tempat menikmati makanan atau minuman. Tapi banyak sekali yang memanfaatkan kafe untuk kegiatan atau aktivitas lainnya.

Terlebih bagi anak muda yang diidentikkan dengan kafe. Jajan di kafe memang dinilai sebagai gaya hidup yang menjurus ke hedonisme. Membuang-buang uang padahal hanya ingin menikmati makanan yang sebenarnya bisa dinikmati di rumah.

Tapi lebih dari sekedar untuk jajan, kafe sebenarnya punya banyak fungsi lo. Apa saja?

1. Membangun networking

Selain Jajan, 5 Alasan Anak Muda Doyan Nongkrong di KafeUnsplash.com/heftiba

Kafe memang menyajikan banyak makanan, minuman, atau sekedar camilan sore untuk dinikmati setiap harinya. Tapi tempat yang nyaman menjadi sarana yang nyaman pula untuk kita untuk membangun networking di kafe. Banyak yang menggunakan kafe sebagai tempat meeting atau sekedar berdiskusi dengan rekan kerja mereka.

2. Jadi tempat mendulang rejeki bagi para selebgram

Selain Jajan, 5 Alasan Anak Muda Doyan Nongkrong di KafeInstagram.com/kaylahotto

Saking cepatnya persaingan yang terjadi diantara pemilik kafe, semua berlomba berinovasi menciptakan suasana yang sangat nyaman dengan berbagai konsep atau tema tertentu. Salah satunya yaitu menciptakan suasana atau tatanan kafe yang Instagramable.

Hal ini dijadikan sebagai tempat meraup rejeki bagi para selebgram. Bagaimana tidak, profesi mereka yang mengharuskan mengunggah foto produk yang diberikan diambil di background yang sangat Instagramble demi membuat follower tertarik dan akhirnya mau membeli.

Kafe menjadi tempat yang cocok untuk para selebgram melakukan sesi foto yang sangat kece untuk di-posting.

Baca Juga: 11 Potret Unik Kafe Bertema Piknik di Bandung, Dijamin Bikin Betah

3. Tempat kerja buat para freelancer

Selain Jajan, 5 Alasan Anak Muda Doyan Nongkrong di KafeUnsplash.com/anete_lusina

Tak hanya tempat mencari rejeki bagi para selebgram, kafe juga cocok untuk para pekerja remote atau yang biasa disebut dengan nomaden. Pekerjaan mereka memang tidak terikat tempat. Bahkan beberapa juga memiliki sistem kerja di waktu yang sangat fleksibel sehingga bisa memanfaatkan berbagai tempat di waktu yang bebas untuk bekerja.

4. Me time

Selain Jajan, 5 Alasan Anak Muda Doyan Nongkrong di KafeUnsplash.com/ugmonk

Jik dulu orang ke kafe sendirian bisa jadi gunjingan, maka sekarang itu bukan lagi hal yang aneh. Banyak yang menikmati waktu sendiri di kafe. Melakukan banyak aktivitas yang menurut mereka tidak membutuhkan peran banyak orang misalnya saja menulis atau mengerjakan tugas.

Suasana kafe juga bisa menyesuaikan. Bahkan kita juga bisa memilih di kafe mana kita ingin berkunjung. Mau yang sepi dengan alunan musik santai atau yang ramai dengan banyak spot foto yang Instagramable

5. Jadi tempat riset untuk usaha sendiri

Selain Jajan, 5 Alasan Anak Muda Doyan Nongkrong di KafeUnsplash.com/stairhopper

Eh siapa bilang ke kafe cuma buat nongkrong atau jajan saja? Banyak yang datang ke kafe dengan tujuan lain seperti melakukan riset untuk sebuah bisnis yang akan dijalankan. 

Misalnya saja, kita bisa mencoba berbisnis makanan yang men-supply kebutuhan kafe tersebut. Atau memproduksi barang-barang unik yang bisa digunakan untuk cafe, sampai dengan berkolaborasi dengan cafe untuk menciptakan bisnis baru, semua bisa dilakukan. 

Jika dimanfaatkan dengan bijak, kegiatan berkunjung ke kafe ternyata bisa memberikan manfaat positif alias tidak hanya membuang uang. Kegiatan di atas menjadi contohnya.

Baca Juga: 7 Kafe Populer di Kota Tegal yang Instagramable, Asyik Buat Nongkrong!

Nelsi Islamiyati Photo Verified Writer Nelsi Islamiyati

Menulis adalah salah satu terapi terbaik saat kita mulai lelah berbicara.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Febrianti Diah Kusumaningrum

Berita Terkini Lainnya