Comscore Tracker

5 Tips Agar Kamu Tak Ragu pada Kemampuan Diri Sendiri, Coba Terapkan!

Kamu adalah manusia istimewa

Tak semua orang memahami bagaimana diri mereka dan kemampuan yang dimiliki. Sebagian juga masih meragukan apakah ia mampu dalam melakukan hal yang dipilihnya. Sehingga belum semua siap melakukan dan mengambil alih peran besar dalam kehidupannya.

Berikut ini beberapa tip untuk semua yang pernah atau masih merasa ragu pada kemampuan diri sendiri. Sebab masih ada alasan mengapa kita harus berani mengakui dan mencoba yang terbaik.

1. Sering berbicara dengan diri sendiri

5 Tips Agar Kamu Tak Ragu pada Kemampuan Diri Sendiri, Coba Terapkan!pexels.com/@minan1398

Kamu bukan orang aneh jika melakukannya. Bahkan berbicara kepada diri sendiri membuatmu merasa jauh lebih mengenal siapa dirimu. Kita pun mungkin sering menuntut orang lain untuk memahami kita dan menerima diri kita apa adanya. Namun kita sendiri jarang melakukannya. Maka, berbicara dengan diri sendiri adalah salah satu caranya.

Kita bisa mulai dengan menyapa diri setiap pagi, mengucap syukur, dan mengajaknya berdiskusi. Kita mungkin tidak mendapatkan jawaban yang kita butuhkan. Namun setidaknya kita tahu bahwa kita pun masih layak mengungkapkan apa yang kita rasakan.

Dari sini kita pun akan menyadari setiap kemampuan yang kita miliki. Dan mensyukuri bahwa kita bisa menjadi manusia yang lebih baik dalam berbagai hal yang mungkin kita ragukan.

2. Saat dikritik, kuatkan hatimu untuk meminta saran mereka

5 Tips Agar Kamu Tak Ragu pada Kemampuan Diri Sendiri, Coba Terapkan!pexels.com/@hillaryfox

Saat kita sedang memperjuangkan apa yang kita impikan dengan kemampuan yang kita miliki, sudah pasti ada banyak jalan berliku. Salah satunya yaitu ketika banyak orang mengkritik apa yang kita lakukan. Meski hal ini sering membuat kita merasa down, namun kita tetap berhak untuk mendapatkan lebih.

Seperti mendapatkan saran dari mereka. Sebab, saat mereka mengkritik kita atas apa yang salah pada diri kita, tentunya mereka pun harus memberikan saran. Sehingga kita pun tahu apa yang salah dan harus bagaimana kita dalam memperbaikinya.

Tentu melakukan ini bukanlah hal yang mudah. Namun daripada sekadar meresapi kritikan orang lain. Ada baiknya kita mencoba untuk menguatkan hati meminta saran dari mereka.

Baca Juga: Untukmu yang Masih Ragu nan Risau, Ingatlah Bahwa Segalanya akan Indah Pada Waktunya

3. Coba lakukan hal baru dalam hidupmu, setidaknya kamu tidak penasaran

5 Tips Agar Kamu Tak Ragu pada Kemampuan Diri Sendiri, Coba Terapkan!pexels.com/@burst

Setiap orang tentu memiliki banyak hal yang ingin dilakukan. Termasuk hal baru yang belum pernah dicoba sebelumnya. Entah karena memang ia menyukainya atau tertarik karena banyak orang menyukainya. Namun yang terpenting adalah menumbuhkan dan mengembangkan hasrat ingin selalu mencoba hal baru.

Tentu saja tidak semua berani melakukannya. Sebagian masih merasa ragu apakah ia mampu atau tidak. Sebagian lainnya merasa takut melakukan kesalahan, sehingga memilih mundur dan menyerah bahkan sebelum mencobanya.

Namun daripada dibuat penasaran karena tidak berani mencobanya, ada baiknya kita pun mencobanya meski hanya sekali. Bukan tentang hasil yang didapatkan nantinya, namun lebih kepada memuaskan rasa penasaran dan meyakinkan diri bahwa kita pun mampu melakukannya.

4. Jika berbuat kesalahan segera sadari dan perbaiki

5 Tips Agar Kamu Tak Ragu pada Kemampuan Diri Sendiri, Coba Terapkan!pexels.com/@energepic-com-27411

Kesalahan bukanlah sebuah hal yang bisa kita hindari. Seberapa baiknya kita menyusun rencana dan seberapa hebatnya kita menyiasati celah kekurangan, salah itu pasti ada. Namun bukan berarti saat kita salah kita tidak mampu dalam hal yang kita lakukan.

Kemampuan pun tidak hanya diukur dari seberapa minim kesalahan yang terjadi. Bahkan orang yang tidak pernah melakukan kesalahan dalam setiap usahanya, juga belum bisa disebut berhasil. Dari kesalahan banyak hal yang bisa kita pelajari.

Seperti segera menyadari setiap celah kesalahan sampai memperbaikinya. Kemampuan kita akan terukur dari seberapa baik kita dalam menyikapinya. Hingga kita tidak lagi melakukan kesalahan yang sama untuk kedua kalinya.

5. Tetaplah merasa kurang untuk setiap ilmu dan pengalamanmu

5 Tips Agar Kamu Tak Ragu pada Kemampuan Diri Sendiri, Coba Terapkan!pexels.com/@kaboompics

Meski merasa sudah memiliki kemampuan yang mumpuni akan suatu hal, bukan berarti kita selesai dalam hal belajar. Yang kita butuhkan adalah kesempatan dan keberanian untuk lebih banyak belajar. Mendapatkan ilmu baru dan memupuk banyak pengalaman.

Merasa kurang dalam ilmu dan pengalaman adalah hal yang baik. Sebab dari sana kita akan terus menggali pengetahuan dan menciptakan pengalaman baru. Meski tidak mudah, namun hal itu memberikan kesempatan bagi kita untuk memaksimalkan kemampuan yang ada.

Kita mungkin masih meragukan kemampuan diri sendiri. Karena banyak hal yang belum coba kita lakukan. Namun bukan berarti kita berhenti dan hanya meratapinya. Selagi kita menyadarinya, bukankah lebih baik kita segera mencoba banyak hal untuk lebih berani mengakui kemampuan kita?

Baca Juga: 5 Langkah Penting untuk Atasi Keraguan Terhadap Kemampuan Diri

Nelsi Photo Verified Writer Nelsi

Menulis adalah salah satu terapi terbaik saat kita mulai lelah berbicara.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Merry Wulan

Just For You