Comscore Tracker

5 Tanda Kamu Masih Jadi Manusia yang Layak Berjuang untuk Sukses

Urusan hidup jangan mudah menyerah

Setiap manusia berhak atas kehidupan yang layak, bahagia dan sejahtera. Berbagai cara dilakukan dan ditempuh untuk mencapai apa yang diimpikannya. Meski begitu bukan berarti tidak ada rintangan di setiap perjalanan mereka menggapai sebuah kesuksesan. Salah satunya saat mereka harus berhadapan dengan kegagalan yang tidak hanya sekali tapi berkali-kali hingga membuat niat awal pun seolah tidak ada arti.

Kegagalan memang membuat kita mudah untuk menyerah, apalagi saat tidak mendapatkan dukungan dari orang sekitar untuk kembali bangkit. Namun bukan berarti kegagalan membuat kita menjadi tidak layak untuk kembali berjuang. Lalu apa sih tandanya jika kita memang masih layak untuk berjuang untuk sukses?

1. Masih ada yang bisa kamu lakukan

5 Tanda Kamu Masih Jadi Manusia yang Layak Berjuang untuk Suksesdramabeans.com

Gagal dalam menggapai mimpi bukan berarti kamu tidak bisa melakukan apapun. Tentu saja tidak mudah untuk menerima keadaan bahwa kamu harus memulai semua kembali dari awal. Tapi ada satu hal yang tidak bisa kamu lupakan begitu saja dari dirimu sendiri, yaitu bahwa kamu masih bisa melakukan apapun yang kamu inginkan.

Kegagalan tidak lantas membuatmu berhenti mencoba. Apalagi berhenti percaya bahwa dirimu mampu melampaui batas kemampuan yang ada. Terkadang kita hanya takut omongan orang saja, bukan dengan apa yang sanggup atau tidak sanggup kita lakukan. Untuk itu kamu masih layak untuk bisa sukses.

2. Kamu sigap memperbaiki kesalahan masa lalu

5 Tanda Kamu Masih Jadi Manusia yang Layak Berjuang untuk Suksesdramabeans.com

Tidak ada manusia yang selalu benar dalam setiap tingkah laku bahkan usahanya. Tidak ada pula manusia yang bisa begitu saja sukses tanpa pernah mengecap pahitnya kegagalan. Selagi muda terkadang kita butuh yang namanya gagal. Sebab kita akan banyak belajar memperbaiki apapun yang salah dari apa yang kita lakukan. 

Kamu tetap layak untuk sukses jika kamu pun sigap memperbaiki salahmu. Tak harus selalu langsung benar. Tapi setidaknya saat kamu sadar melakukan salah, kamu tahu apa yang salah dan bagaimana cara memperbaikinya. Tak perlu malu, bahkan jika kamu harus belajar dari awal, kamu tetap berhak untuk merasakan kesuksesan.

Baca Juga: 5 Hal yang Pantang Kamu Pikirkan Saat Sedang Berjuang Meraih Cita-cita

3. Tak menunggu orang lain memberi dukungan

5 Tanda Kamu Masih Jadi Manusia yang Layak Berjuang untuk Suksesdramabeans.com

Dalam setiap perjalanan dan upayamu menggapai sukses, yang kamu butuhkan salah satunya adalah dukungan dari orang lain. Baik dari keluarga, teman ataupun orang yang memiliki minat yang sama denganmu. Tapi pada kenyataannya, tak selamanya kamu akan mendapatkan dukungan sesuai dengan apa yang kamu harapkan. Terkadang kamu justru harus berjuang sendirian di saat-saat yang cukup sulit bagimu.

Tak mengapa, kamu pun tak harus mengemis dukungan hanya untuk melanjutkan langkah setelah gagal. Selagi kamu punya tekad dan kamu bisa terus berdoa, maka keyakinan terhadap dirimulah yang paling utama. Bahkan ada kalanya mereka yang ada di sekitarmu tak lantas mendukungmu, bisa jadi mereka pun menguji dengan merendahkan atau meremehkanmu.

4. Kamu tak berhenti karena pernah gagal

5 Tanda Kamu Masih Jadi Manusia yang Layak Berjuang untuk Suksesdramabeans.com

Meski gagal itu menyakitkan, tapi bagimu berhenti jauh lebih tidak terhormat. Ya, kamu adalah manusia yang sedang berjuang memperbaiki salah dan menjadi lebih baik di masa depan. Kegagalan di masa lalu harusnya tidak membuatmu menghentikan langkah. Apalagi menyalahkan keadaan.

Kamu boleh merasa sedih, tapi bukan untuk meratapi nasib yang sebenarnya masih bisa kamu ubah menjadi lebih baik. Bukan hanya menutup malu kepada orang lain, kamu perlu terus berjuang untuk membuktikan pada dirimu sendiri jika kamu mampu dan layak untuk sukses.

5. Semakin berusaha mimpimu terasa semakin dekat

5 Tanda Kamu Masih Jadi Manusia yang Layak Berjuang untuk Suksesdramabeans.com

Layak atau tidaknya kamu untuk sukses bukan dinilai dari berapa banyak pujian untukmu. Tapi juga keyakinan bahwa mimpimu terasa semakin dekat. Sebab setelah mengalami kegagalan, kamu terus berusaha memperbaikinya dan melakukan yang terbaik. Kamu pun semakin tahu celah untuk menggapai mimpi dengan lebih mudah.

Meski pada kenyataannya tak semudah itu, tapi setidaknya kamu memahami bahwa kini langkahmu tak seberat dulu. Caramu tak sesulit dulu dan mimpimu semakin dekat untuk kau gapai. Bersemangatlah atas apapun yang kamu perjuangkan. Jangan berhenti karena ucapan orang lain. Yang memahami bagaimana kamu adalah kamu sendiri. Biarkan usahamu menunjukkan hasil yang sesuai dengan doa-doamu.

Baca Juga: 5 Hal yang Bikin Tetap Semangat Meski Dibandingkan dengan Orang Lain

Nelsi Photo Verified Writer Nelsi

Menulis adalah salah satu terapi terbaik saat kita mulai lelah berbicara.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Tania Stephanie

Just For You