5 Tanda Kamu Membawa Pengaruh Baik Bagi Lingkunganmu

Sudahkah kamu melakukannya?

Pernahkah kamu merenungi hidupmu yang sudah berjalan hingga saat ini? Apa yang sudah kamu lakukan, apa yang membuatmu mampu bertahan dan apakah kamu sudah sangat baik kepada sekitarmu? Setidaknya apakah kamu bisa memberikan manfaat kepada mereka sekalipun tidak diminta?

Ya, sebagai manusia yang hidup di antara jutaan jiwa lainnya. Kita bukan hanya berlomba untuk menunjukkan siapa yang terbaik di antara lainnya. Tapi juga berusaha untuk menjadi manusia yang lebih bermanfaat & pengaruh baik bagi sesama kita. Tentu saja hal itu tidak mudah kita sadari. Meski begitu bersyukurlah karena kamu tidak pernah sombong dan ingin memiliki semua isi dunia seorang diri. Kamu tetap ingin membawa hal baik bagi lingkunganmu Lalu seperti apa tanda bahwa kamu adalah orang yang sudah membawa pengaruh baik bagi lingkungan sekitarmu?

1. Banyak orang yang percaya padamu

5 Tanda Kamu Membawa Pengaruh Baik Bagi Lingkunganmudramabeans.com

Menjadi orang yang dipercaya orang lain sungguh bukan perkara mudah. Kamu bisa saja menjadi pendengar yang baik bagi mereka yang sedang mengalami masalah dalam hidup. Tapi belum tentu kamu mampu menjaga amanah untuk menyimpannya sendiri dan tidak membicarakan hal itu di belakang.

Jika kamu sudah menjadi sosok yang amanah terhadap setiap hal di hidupmu, maka tidak sulit bagimu untuk mendapatkan kepercayaan dari orang sekitarmu. Termasuk jika kamu sering membantu orang lain dengan ikhlas dan tulus. Kamu akan semakin dipercaya oleh siapapun jika kamu mampu membawa pengaruh yang baik bagi lingkungan. Tentu itu tidak mudah dan butuh usah asangat keras. Tapi yakinlah kamu pasti bisa.

2. Tidak sedikit yang membantumu

5 Tanda Kamu Membawa Pengaruh Baik Bagi Lingkunganmudramabeans.com

Setelah sikapmu yang tulus kepada orang lain, mereka tak hanya akan mempercayaimu. Mereka juga tak segan membantumu di kala kamu mengalami masa-masa sulit. Tak ada celah bagi kalian untuk saling berbagi kebaikan. Justru itu membuatmu semakin merasa bersemangat untuk menjadi lebih baik lagi.

Membawa pengaruh yang baik bagi lingkungan sekitar memang sebuah tantangan. Kamu bukan hanya harus menunjukkan sisi baikmu kepada orang lain, tapi tidak membohongi dirimu sendiri saat kamu sudah mulai lelah melakukan hal baik. Karena jika kamu melakukannya dari hati, perasaan bosan itu tidak akan pernah ada. Kamu justru akan semakin bersemangat.

Baca Juga: Bukan Cuma untuk Orang Lain, Ini 5 Cara Berbuat Baik pada Diri Sendiri

3. Selalu ada kamu di setiap momen bahagia

5 Tanda Kamu Membawa Pengaruh Baik Bagi Lingkunganmudramabeans.com

Bagi siapapun yang ada di sekitarmu menganggap bahwa kehadiranmu di tengah-tengah mereka adalah suatu kebahagiaan. Tak sekedar tawa dan candaanmu saja, tapi semua obrolan bahkan diammu pun membuat mereka sangat senang. Hal inilah yang membawamu hadir di setiap acara bahagia.

Tak ada alasan untuk tidak mengajakmu. Kamu bukan hanya menyenangkan sebagai teman bicara. Tapi juga membawa pengaruh dan dampak yang baik untuk sesama. Mereka akan sangat kehilangan sosokmu apabila kamu tidak menerima ajakan mereka.

4. Kamu merasa ingin selalu berbagi

5 Tanda Kamu Membawa Pengaruh Baik Bagi Lingkunganmudramabeans.com

Hidupmu bukan hanya milikmu. Begitulah mungkin yang sering kamu katakan dalam hati. Saat kamu selalu ingin berbagi, maka di situlah kamu sudah membawa pengaruh baik bagi sekitarmu. Kamu bukan hanya orang yang memikirkan dirimu sendiri. Semua yang ada di dalam dirimu seolah ingin kamu bagikan kepada orang lain. Mungkin hanya rasa kecewa dan kesedihan yang tidak bisa kamu tunjukkan ke sembarang orang.

Tapi memiliki perasaan ingin selalu berbagi akan membawamu ke tempat yang sangat baik. Tidak hanya untuk dirimu tapi juga untuk orang lain di sekitarmu. Jangan ragu jika kamu memang ingin membagi kisahmu bahkan semua bagian hidupmu kepada orang lain. Meski begitu kamu tetap bisa menikmati hidupmu saat ini.

5. Banyak orang yang merekomendasikanmu

5 Tanda Kamu Membawa Pengaruh Baik Bagi Lingkunganmudramabeans.com

Sikap baikmu yang tidak dibuat-buat membawa kebaikan dan kebahagiaan bagi orang lain. Mereka merasa kamu telah banyak membantu dan ingin membalas apa yang sudah kamu lakukan kepadanya. Salah satu yang mungkin saja terjadi adalah saat mereka merekomendasikanmu suatu hal yang baik. Misalnya saja pekerjaan atau bahkan juga memperkenalkan kamu dengan seseorang yang baik.

Jangan menolaknya, sebagai balasan mereka ingin sekali kamu menerimanya. Kamu bisa menerima rekomendasi dari mereka. Meski tak harus berakhir sesuai dengan harapan mereka, setidaknya kamu telah menghargai siapapun yang ingin membalas kebaikanmu.

Baca Juga: Yakin Kamu Jadi Orang Baik? Coba Tanyakan 5 Hal Ini pada Dirimu!

Nelsi Photo Verified Writer Nelsi

Menulis adalah salah satu terapi terbaik saat kita mulai lelah berbicara.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Tania Stephanie

Just For You