Comscore Tracker

Bebas Baper, Ini 5 Teknik Menerima Kritik Tanpa Merasa Terpojokkan

#GoodLife Jangan cuma berani dipuji saja!

Belajar tentang hidup tidak akan lepas dari setiap pujian dan kritikan yang diberikan oleh orang lain. Kita mungkin menyadari, bahwa manusia memiliki hak yang sama untuk saling menilai. Baik karakter, sikap, hingga kehidupan pribadi yang dimiliki oleh seseorang. Termasuk di dalamnya akan muncul berbagai kritikan hingga feedback yang mereka sampaikan kepada kita.

Tidak semua kritikan yang diberikan bisa kita terima dengan cara yang baik dan dengan hati yang lapang. Ada kalanya kita memandangnya sebagai sesuatu yang memojokkan kita. Bisa jadi karena kritikan diberikan di depan banyak orang. Kita merasa menjadi manusia yang buruk dan selalu salah. Kita akan merasa sangat kecil hingga tidak lagi memiliki kepercayaan diri saat menerima kritikan tersebut.

Meski lebih baik memberi saran daripada mengkritik orang lain, namun kita tidak bisa menghindarinya. Daripada sibuk mencari cara membalas kritikan atau memusuhi mereka yang mengkritik, 5 teknik ini bisa kamu lakukan agar kamu tidak merasa terpojokkan oleh kritikan tersebut.

1. Dengarkan dulu mereka berbicara

Bebas Baper, Ini 5 Teknik Menerima Kritik Tanpa Merasa Terpojokkandramabeans.com

Meski kamu tidak bisa menerima kritikan yang diberikan oleh orang lain, namun ada baiknya kamu mendengarkannya lebih dulu. Bisa jadi maksud yang ingin disampaikan adalah saran, namun mereka tidak tahu perbedaan kritik yang menjatuhkan dan saran yang membangun.

Dengarkan saja dulu. Selesaikan semua yang ingin disampaikan. Meski sedikit panas di telinga, kamu berhak tahu di titik mana mereka memandang kamu memiliki kekurangan atau melakukan kesalahan. Hal ini akan membantumu untuk bisa memperbaiki yang salah dan mengembangkan yang dirasa kurang. Jangan keburu berkecil hati. Bisa jadi mereka sangat bangga denganmu, mereka ingin kamu menjadi lebih baik lagi di masa mendatang.

2. Ucapkan terima kasih

Bebas Baper, Ini 5 Teknik Menerima Kritik Tanpa Merasa Terpojokkansoompi.com

Meski kamu merasa terpojokkan atau tidak dihargai karena mereka mengkritikmu sangat banyak, tapi jangan lupa satu hal untuk berterima kasih kepada mereka. Selain saran yang bisa kamu gunakan, tahukah kamu kritikan mereka adalah tanda bahwa mereka memperhatikan dan peduli padamu.

Bukan sekedar membicarakanmu tanpa tahu apa yang kamu lakukan. Mereka memilih untuk memperhatikan dan mengkritikmu meski kamu harus sedikit bersabar dengan ucapan yang kadang menyakitkan. Tak apa, mereka adalah bagian dari hidupmu yang lebih baik di masa mendatang. Berterima kasihlah kepada mereka. Kamu menjadi kuat bukan hanya karena dipuji, tapi juga melalui kritikan.

Baca Juga: 5 Alasan Budaya Kritik Di Belakang Itu Tak Baik Dibiasakan

3. Banyaklah belajar dari apa yang disampaikan

Bebas Baper, Ini 5 Teknik Menerima Kritik Tanpa Merasa Terpojokkandramafever.com

Benar, jangan hanya mengambil pesan dari sisi negatif. Kamu memiliki kesempatan berubah menjadi lebih baik dari setiap pesan positif yang disampaikan. Belajarlah menerima pesan dengan hati yang lebih lapang, pikiran yang lebih jernih dan sikap yang lebih santai. Mereka bahkan menyisihkan waktunya untuk memikirkan apa yang bisa membuatmu lebih baik lagi.

Jika mereka hanya mengatakan semua dari sisi negatif, maka kamu bisa mengolahnya menjadi hal yang positif dan membangun untukmu. Jangan hanya fokus pada setiap kata negatif yang disampaikan. Kamu bisa membangun dirimu dari kata positif yang disisipkan di dalamnya.

4. Berikan feedback kembali padanya

Bebas Baper, Ini 5 Teknik Menerima Kritik Tanpa Merasa Terpojokkantva.onscreenasia.com

Selain menerima kritikan dan feedback darinya, kamu pun berhak memberikan feedback kembali padanya. Jika memang kamu tidak suka dengan gaya atau cara penyampaiannya, sampaikan saja. Utarakan kenapa kamu tidak suka dan kenapa kamu merasa caranya salah.

Saling menyampaikan pendapat dan keinginan bukan menjauhkan kalian, justru akan semakin mempererat hubungan kalian. Kalian akan sama-sama saling membutuhkan. Mengingatkan dan diingatkan. Jika kamu tahu bahwa kritik hanya menyakiti hati, kamu bisa memberikan contoh untuk feedback yang lebih membangun dan menyenangkan untuk didengar.

5. Berpikirlah objektif

Bebas Baper, Ini 5 Teknik Menerima Kritik Tanpa Merasa Terpojokkanonehallyu.com

Saat sedang kalut atau dirundung emosi negatif, sulit rasanya berpikir secara objektif. Kita akan cenderung memikirkan semua dari sisi kita saja. Baik atau buruknya hanya untuk kita bukan lagi memikirkan orang lain. Namun di saat seperti ini, berpikir objektif akan memberikan banyak keuntungan bagi kita.

Selain lebih santai kita bisa membantu orang lain juga untuk berubah menjadi lebih baik. Setiap kritikan yang diberikan akan kembali kita olah di dalam otak. Menghasilkan pemikiran, bahwa semua hal yang mereka sampaikan bukan hanya tentang kita, tapi juga yang berkaitan dengan orang lain.

Lewat kiat-kiat di atas, gak perlu baper lagi kalau ada kritik yang datang padamu, kan?

Baca Juga: 5 Tips Memberi Saran yang Berkelas, Biar Gak Menyakiti Hati

Nelsi Islamiyati Photo Verified Writer Nelsi Islamiyati

Menulis adalah salah satu terapi terbaik saat kita mulai lelah berbicara.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Novaya
  • Paulus Risang

Berita Terkini Lainnya