Comscore Tracker

6 Kenyataan Hidup yang Akan Kamu Hadapi Ketika Dewasa, Siapkan Diri!

Kamu harus bersiap menghadapi penolakan

Beranjak dewasa atau memasuki usia 20-an adalah masa dimana semua orang akan menghadapi beberapa hal yang belum disadari saat masih anak-anak. Memasuki usia dewasa, kamu  akan melewati berbagai tantangan hidup yang secara gak langsung akan mengasah mentalmu menjadi lebih kuat.

Tentunya hal ini adalah sebuah proses untuk mendorongmu menjadi seseorang yang mandiri dan gak mudah menyerah ketika menghadapi kenyataan hidup yang terkadang gak berjalan sesuai keinginan. 

Namun, kamu gak perlu khawatir. Berikut ini  dijelaskan enam kenyataan hidup yang akan kamu hadapi ketika beranjak dewasa, tentunya ini akan membuatmu semakin siap untuk melewatinya.

1. Gak semua hal bisa berjalan sesuai keinginan

6 Kenyataan Hidup yang Akan Kamu Hadapi Ketika Dewasa, Siapkan Diri!ilustrasi pria merenung (pexels.com/mentatdgt)

Kenyataan hidup yang akan kamu sadari ketika dewasa yaitu gak semua hal bisa berjalan sesuai keinginanmu. Gak jarang ekspektasi yang terlalu tinggi malah membuatmu kecewa.

Semakin dewasa kamu pun bisa belajar untuk menerima suatu hal yang gak sesuai keinginan dengan lapang dada. Namun, hal ini bukan berarti kamu pasrah dengan keadaan begitu saja. Kamu harus tetap melakukan yang terbaik untuk hidupmu.

2. Mencari uang itu butuh perjuangan

6 Kenyataan Hidup yang Akan Kamu Hadapi Ketika Dewasa, Siapkan Diri!ilustrasi pria bekerja (pexels.com/olia danilevich)

Saat masih anak-anak tentu kamu masih dibiayai oleh orang tua dan saat itu apa yang kamu inginkan atau butuhkan tentu akan diusahakan oleh orang tuamu. Wajar saja, ketika masih kecil kamu mungkin belum tahu bagaimana caranya menghasilkan uang.

Namun, saat beranjak dewasa kamu akan mengerti sendiri bahwa mencari uang itu butuh perjuangan. Bagi kamu yang sudah tahu rasanya mencari uang itu susah, tentu akan berpikir dua kali untuk menghambur-hamburkan uang. Jadi sangat penting untuk kamu belajar mengelola keuangan.

Baca Juga: 6 Indikasi Belum Maksimal dalam Mencari Uang, Yuk Kencengin Usahanya!

3. Teman-teman perlahan memiliki prioritasnya masing-masing

6 Kenyataan Hidup yang Akan Kamu Hadapi Ketika Dewasa, Siapkan Diri!ilustrasi dua perempuan (pexels.com/Liza Summer)

Ketika usia anak-anak hingga remaja, tentu kamu memiliki banyak teman bermain, bukan? Apalagi saat di sekolah kamu hampir setiap hari bertemu dengan teman-teman dan menghabiskan banyak waktu dengan mereka.

Kenyataannya, ketika tumbuh dewasa atau memasuki usia 20-an, waktumu akan terbagi untuk banyak hal seperti pekerjaan dan prioritas lainnya. Hal ini akan membuatmu lebih sulit untuk bertemu  dengan teman-temanmu, begitu pun sebaliknya.

 Apalagi saat dewasa satu per satu temanmu akan ada yang memulai kehidupan baru dengan pasangan mereka. Jadi jangan kaget jika saat dewasa circle pertemananmu akan berubah.

4. Gak jarang menghadapi penolakan

6 Kenyataan Hidup yang Akan Kamu Hadapi Ketika Dewasa, Siapkan Diri!ilustrasi dua pria (unsplash.com/LinkedIn Sales Solutions)

Penolakan adalah hal yang seringkali membuat diri merasa kecewa dan minder, tapi kenyataan hidup yang satu ini harus kamu hadapi ketika dewasa. Berbagai penolakan bisa saja terjadi seperti dalam urusan karier, percintaan atau pertemanan.

Namun, jangan menjadikan penolakan sebagai tolak ukur kualitas dirimu, ya! Kamu harus tetap bersyukur dan belajar dari penolakan yang kamu hadapi. Ini bisa menjadi motivasi untuk kamu agar semakin mengenal potensi diri dan terus berusaha memperbaiki diri.

5. Selalu ada orang yang lebih baik dari kita

6 Kenyataan Hidup yang Akan Kamu Hadapi Ketika Dewasa, Siapkan Diri!ilustrasi perempuan duduk (pexels.com/Sarah Dietz)

Gak bisa memungkiri, semakin dewasa kita semakin sadar bahwa akan selalu ada orang yang lebih baik dari kita. Bagi sebagian orang, mungkin kenyataan ini malah menjadi sebuah perbandingan hingga membuat diri merasa gak berguna.

Padahal hal ini gak harus dipermasalahkan. Setiap orang tentu memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Hal yang perlu kamu lakukan adalah menjadi versi terbaik bagi dirimu sendiri. Jangan pernah merasa iri dengan pencapaian atau kelebihan orang lain, ya!

6. Gak semua orang bisa dipercaya

6 Kenyataan Hidup yang Akan Kamu Hadapi Ketika Dewasa, Siapkan Diri!ilustrasi wanita memandang (pexels.com/Anastasia Shuraeva)

Saat menginjak usia dewasa, kamu akan menghadapi berbagai tantangan dan ujian hidup yang semakin mengasah mental dan kepekaanmu terhadap orang lain. Di sinilah kamu akan mulai mengenali karakter orang-orang yang ada di sekelilingmu. 

Kamu pun akan menyadari bahwa gak semua orang bisa dipercaya. Ini bukan berarti kamu harus mencurigai semua orang. Kenyataan hidup ini lebih tepatnya menjadi pengingat agar kamu lebih berhati-hati untuk membagikan rahasia atau hal penting dalam hidupmu.

Nah, itulah beberapa kenyataan hidup yang akan kamu hadapi ketika dewasa. Jadi bersiaplah untuk terus belajar dan memperbaiki diri ke arah yang lebih baik. Memang gak semua hal yang kamu rencanakan sewaktu kecil atau remaja akan berjalan sesuai keinginan saat dewasa. Namun, tetap berusaha dan melakukan yang terbaik adalah pilihan yang paling tepat untuk menghadapinya.

Baca Juga: 5 Tanda Orang Jujur dan Dapat Dipercaya, Pahami agar Tak Tertipu

Vera Yunii Photo Verified Writer Vera Yunii

Senang menulis untuk berbagi informasi :)

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Merry Wulan

Berita Terkini Lainnya