Comscore Tracker

6 Cara Menghadapi Orang yang Suka Menyindir, Tanpa Emosi 

Jangan terbawa emosi, saling intropeksi diri yuk! 

Gak bisa dimungkiri jika dalam kehidupan sosial, yang berdampingan dengan banyak orang kamu mungkin sudah mengenal orang yang memiliki sifat suka menyindir. Hal ini tentu saja membuat risi, apalagi jika setiap hal yang kamu lakukan selalu terlihat salah di mata orang tersebut.

Wajar saja jika kamu merasa kesal, tapi jangan sampai kamu terbawa emosi sesaat hingga melakukan hal di luar kendali. Membalas dengan emosi hanya akan membuat masalah baru. Tetap kendalikan diri saat kamu merasa disindir oleh orang lain.

Tapi kamu gak usah khawatir. Bagi kamu yang bingung menghadapi seseorang yang suka menyindir, berikut ini akan dijelaskan enam cara menghadapi orang yang suka menyindir tanpa emosi. Apa saja?

1. Cobalah untuk introspeksi diri

6 Cara Menghadapi Orang yang Suka Menyindir, Tanpa Emosi ilustrasi pria bertopi (pexels.com/Kevin Valerio)

Jika ada seseorang yang menyindirmu, hal pertama yang bisa kamu lakukan adalah introspeksi diri. Cara ini efektif untuk mengetahui apakah sindirian tersebut pantas kamu terima atau tidak. Biasanya orang yang suka menyindir sangat suka mengomentari kekurangan orang lain.

Jadi dengan introspeksi diri kamu akan lebih sadar dan bisa memperbaiki kekurangan diri menjadi lebih baik. Sehingga orang tersebut gak akan seenaknya menyindirmu begitu saja.

2. Tetap mengontrol keadaan

6 Cara Menghadapi Orang yang Suka Menyindir, Tanpa Emosi ilustrasi tiga perempuan (pexels.com/Kindel Media)

Cara selanjutnya untuk menghadapi orang yang suka menyindir adalah tetap mengontrol keadaan. Tentu saja hal ini dilakukan agar emosimu tetap stabil dan gak membuat masalah baru. Jika kamu ingin menanggapi sindiran orang lain tetap gunakan kata yang sopan dan santun. Intinya jangan gegabah menanggapi dengan emosi.

3. Cuek seolah gak ada masalah

6 Cara Menghadapi Orang yang Suka Menyindir, Tanpa Emosi ilustrasi dua perempuan duduk (pexels.com/Mikhail Nilov)

Terkadang bersikap cuek seolah gak ada masalah juga menjadi salah satu cara untuk menghadapi orang yang suka menyindir. Ini memang perlu dilakukan agar kamu gak mudah terpengaruh oleh sindirian yang orang lain katakan.

Jika kamu malah terbawa emosi dengan sindiran yang dia katakan, yang ada dia malah merasa senang karena usaha untuk membuatmu kesal sudah berhasil. Sedangkan jika kamu cuek, maka dia pun berpikir usahanya sia-sia untuk menyindirmu.

Baca Juga: 5 Alasan Tak Boleh Menyindir Orang Lain via Media Sosial

4. Balas dengan humor atau candaan

6 Cara Menghadapi Orang yang Suka Menyindir, Tanpa Emosi ilustrasi dua pria menunjuk (pexels.com/Jorge Alvarez Lecaros)

Membalas sindiran dengan humor atau candaan ternyata juga bisa kamu lakukan, nih. Misalnya ada yang menyindirmu karena kamu gak membawa handphone keluaran terbaru.

Kamu bisa membalasnya dengan candaan seperti "Oh iya, kebetulan handphone-ku masih bagus dan masih bisa dipakai, nih. Mungkin kamu mau beliin aku handphone terbaru, ya?". Selain mencairkan suasana, seketika dia pun akan merasa kebingungan untuk menjawab karena niat untuk menyindirmu gak berhasil.

5. Menegur langsung bahwa kamu terganggu dengan sikapnya

6 Cara Menghadapi Orang yang Suka Menyindir, Tanpa Emosi ilustrasi tiga orang duduk (pexels.com/Tima Miroshnichenko)

Jika beberapa cara di atas sudah pernah kamu lakukan dan gak efektif untuk menghentikan orang tersebut untuk menyindirmu, maka cara selanjutnya yang bisa kamu lakukan adalah menegur langsung dan mengatakan bahwa kamu terganggu dengan sikapnya. Dengan cara ini kamu pun jadi tahu apa alasan atau permasalahan yang sebenarnya dia alami sehingga  menghabiskan waktunya untuk menyindirmu.

6. Bisa memaafkan

6 Cara Menghadapi Orang yang Suka Menyindir, Tanpa Emosi ilustrasi perempuan tersenyum (pexels.com/Andrea Piacquadio)

Selanjutnya, bisa memaafkan adalah salah satu cara untuk menghadapi sindiran. Meski terbilang gak mudah dan gak semua orang bisa menahan menahan kesabaran saat ada seseorang yang menyindir, tapi ikhlas untuk memaafkan bisa membuatmu merasa lebih tenang dan menghemat waktu serta tenaga untuk emosi terhadap orang lain.

Apakah menurutmu ada cara lain untuk menghadapinya? Nah, selain itu ingat untuk introspeksi terlebih dulu agar kita gak mengikuti emosi sesaat. Lebih baik sibuk memperbaiki diri daripada sibuk menyindir atau mengomentari hidup orang lain.

Baca Juga: 5 Hal yang Akan Terjadi Jika Kamu Terus Menyindir Kesalahan Pasangan

Vera Yunii Photo Verified Writer Vera Yunii

Senang menulis untuk berbagi informasi :)

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Merry Wulan

Berita Terkini Lainnya