Comscore Tracker

Jangan Sampai Keliru, Kenali Perbedaan Antara Self-love dan Selfish

Kamu termasuk yang mana nih?
Sekarang sedang trend dua istilah yaitu self-love dan selfish. Mungkin istilah ini sudah tidak asing bagi anak muda zaman sekarang, bukan? Namun, nyatanya masih banyak yang keliru dengan perbedaan antara self-love dan selfish, lho! 
 
Sebelum mengenali perbedaannya, kamu harus tahu dulu masing-masing pengertiannya, dari self-love yaitu memiliki arti mencintai dan menghargai diri sendiri. Sedangkan selfish dalam bahasa Indonesia artinya egois atau mementingkan diri sendiri. Lalu apa sih perbedaan di antara keduanya? Biar gak makin penasaran. Yuk, langsung simak perbedaannya, berikut ini.

1. Kamu termasuk selfish, jika selalu ingin diutamakan dalam segala hal

Jangan Sampai Keliru, Kenali Perbedaan Antara Self-love dan Selfishpexels.com/Vera Arsic
Tentunya kamu akan merasa bahagia jika selalu diutamakan dalam segala hal, bukan? Tapi pada kenyataannya kamu gak hidup sendirian di dunia ini, ada begitu banyak orang yang kamu ajak berdampingan. Namun, jika kamu selalu ingin diutamakan karena merasa yang paling penting dan gak memiliki rasa toleransi terhadap orang lain. Sudah pasti kamu masuk dalam kategori seseorang yang egois. 
 
Sebaiknya mulai hindari hal ini, ya! Seseorang yang mencintai dirinya sendiri akan belajar untuk introspeksi diri untuk melihat kekurangan dirinya. Hal itu bukan berarti menandakan bahwa kamu orang yang lemah. Justru dengan mengenali kekuranganmu, ini saatnya kamu bisa memperbaiki diri jadi lebih baik.

2. Tidak membandingkan dirimu dengan orang lain termasuk dalam self-love

Jangan Sampai Keliru, Kenali Perbedaan Antara Self-love dan Selfishpexels.com/Andrea Piacquadio
Rasanya tidak memungkiri jika sesekali kamu pernah membandingkan diri dengan orang lain.Terutama membandingkan hidupmu dengan orang yang lebih terlihat bahagia hidupnya. Jika niatmu untuk memberi motivasi bagi diri sendiri, hal itu gak akan jadi masalah. 
 
Tapi gak jarang seseorang membandingkan diri dengan orang lain, hasilnya malah berpengaruh buruk bagi kesehatan mental, lho! Terus menerus membandingkan dirimu dengan orang lain akan memicu perasaan tidak berharga dalam diri. Jadi berhenti  membandingkan diri sendiri. Jika kamu berhasil melakukannya dan berani mengapresiasi pencapaian diri artinya kamu mencintai dirimu sendiri.

Baca Juga: Memahami Self-Care dan Self-Love, Meski Berbeda Tapi Sama Pentingnya

3. Tidak mau menerima kritikan orang lain, tapi senang mengkritik orang lain menandakan kamu egois

Jangan Sampai Keliru, Kenali Perbedaan Antara Self-love dan Selfishpexels.com/Vera Arsic

Sebuah kritikan merupakan masukan yang bertujuan sebagai evaluasi untuk membangun sebuah hasil kerja. Namun, jika kamu tidak mau menerima kritikan orang lain, walaupun itu kritikan yang membangun, artinya kamu seseorang yang selfish

Terlebih kamu senang mengkritik orang lain. Tentunya ini akan menjadi hal yang sangat menyebalkan bagi orang lain. Seseorang yang egois tentu tidak mau melihat kekurangan dirinya. Mereka akan menganggap sebuah kritikan adalah sesuatu yang menjatuhkan reputasi mereka.

4. Self-love artinya kamu mampu merawat kesehatan fisik dan mentalmu

Jangan Sampai Keliru, Kenali Perbedaan Antara Self-love dan Selfishpexels.com/Andrea Piacquadio
Hal sederhana yang menandakan bahwa kamu mencintai dirimu sendiri adalah mampu merawat kesehatan fisik dan mentalmu. Hal ini sangat penting kamu lakukan karena yang bertanggung jawab dengan kesehatanmu adalah dirimu sendiri.
 
Orang lain tidak akan tahu bagaimana kondisimu yang sebenarnya. Maka dari itu self-love sangat penting agar kamu lebih bersyukur dengan apa yang kamu miliki. Sehingga secara sadar kamu mau merawat kesehatanmu. Hal sederhana yang bisa kamu lakukan dengan cara olahraga teratur, mengatur pola makan sehat dan selalu berpikir positif. 

5. Gak mau minta maaf saat berbuat kesalahan, jangan marah jika kamu dicap egois

Jangan Sampai Keliru, Kenali Perbedaan Antara Self-love dan Selfishpexels.com/Vera Arsic

Semua orang pernah melakukan kesalahan dalam hidupnya, bukan? Sudah menjadi kewajiban setiap orang untuk meminta maaf saat terbukti melakukan kesalahan. Tapi rasanya ini tak berlaku pada orang egois. Bagi kamu yang merasa pernah melakukan kesalahan dengan orang lain lebih baik segera minta maaf, ya! Dengan mengakui kesalahan secara tidak langsung akan membuat hidupmu lebih tenang dan damai.

6. Mengenali kekuatan dalam diri artinya kamu berhasil mencintai diri sendiri

Jangan Sampai Keliru, Kenali Perbedaan Antara Self-love dan Selfishunsplash.com/Fernando Brasil
Jika kamu ingin mencintai dirimu sendiri, cobalah belajar untuk mengenali kekuatan dalam dirimu. Dari sanalah kamu jadi lebih mudah untuk mencari jati diri dan menggali potensi dirimu. Jika kamu telah berhasil mengenali kekuatan dalam diri, kamu pun akan lebih percaya diri dalam melakukan suatu hal. Sudah dipastikan kamu akan berhasil untuk bergerak lebih maju. 
 
Nah, udah tahu kan perbedaan antara self-love dan selfish memang beda tipis. Ingat, jangan sampai kamu melupakan self-love karena takut di cap egois oleh orang lain. Begitu pun sebaliknya, jangan menjadikan self-love sebagai tameng keegoisanmu untuk mencintai diri sendiri secara berlebihan. 

Baca Juga: Sama-sama Cinta Diri, 5 Perbedaan Narsis dan Self-Love 

Vera Yunii Photo Verified Writer Vera Yunii

Senang menulis untuk berbagi informasi :)

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Merry Wulan

Berita Terkini Lainnya