Comscore Tracker

5 Alasan Kenapa Kamu Gak Boleh Sering Nyinyir Urusan Orang Lain

#ANGPOIN Mending introspeksi dulu, daripada bikin dosa mulu!

Setiap orang memiliki kekurangan dan kelebihannya masing-masing. Namun, di setiap kekurangan yang kita miliki, ada saja orang yang selalu berkomentar jelek, nyinyir, dan merendahkan kita.

Sejatinya, mencampuri urusan orang lain itu sama sekali tidak ada manfaatnya. Jadi cobalah untuk fokus dan introspeksi diri agar tidak terlalu sibuk dengan kehidupan orang lain. Nah, di bawah ini lima hal yang harus kamu tahu. Kenapa kamu gak boleh sering nyinyir urusan orang!

1. Orang-orang akan menjauhimu saat kamu kebanyakan nyinyir kehidupan orang lain

5 Alasan Kenapa Kamu Gak Boleh Sering Nyinyir Urusan Orang Lainunsplash.com/annie spratt

Orang yang sering nyinyir dengan urusan orang lain akan dijauhi oleh banyak orang karena hal itu bisa mengganggu kehidupannya. Berkomentar jelek akan membuat seseorang risi dan gak mau dekat-dekat sama kamu. Jadi cobalah untuk  bertutur kata yang baik dan kendalikan sifat tercela itu, ya.

2. Hati-hati saat berkomentar karena Tuhan mampu membolak-balikkan keadaan

5 Alasan Kenapa Kamu Gak Boleh Sering Nyinyir Urusan Orang Lainunsplash.com/eli defaria

Berkomentar jelek maupun nyinyir akan menyakitkan hati siapa saja yang kamu tuju. Ingatlah bahwa Tuhan selalu mendengarkan doa dari orang-orang yang teraniaya.

Jadi, berhentilah untuk usil dengan kehidupan orang lain karena bisa jadi kamu mengalami nasib yang sama dengannya kelak. Sebab, mudah bagi Tuhan untuk membolak-balikkan keadaan.

Baca Juga: Ada yang Suka Nyinyir sama Hubunganmu dan Pacar? Jawab dengan Ini

3. Bukannya introspeksi, kamu malah lupa dengan kekuranganmu sendiri

5 Alasan Kenapa Kamu Gak Boleh Sering Nyinyir Urusan Orang Lainunsplash.com/shine tang

Orang-orang yang selalu mencampuri urusan orang lain akan selalu sibuk dengan kesalahan yang orang lain perbuat. Itu sebabnya, ia melupakan kekurangan yang dimilikinya. Bukannya introspeksi, kamu malah terus nyinyir dengan kehidupan orang lain dan merasa dirimulah orang yang paling benar di dunia.

4. Jangan keseringan melontarkan kalimat yang menyakitkan karena itu akan berdampak buruk pada dirimu sendiri

5 Alasan Kenapa Kamu Gak Boleh Sering Nyinyir Urusan Orang Lainunsplash.com/gabriel matula

Sebagai makhluk sosial, manusia hidup untuk saling membutuhkan satu dengan yang lain. Saat kamu dikenal dengan sifat tercelamu yang selalu nyinyir dan merendahkan orang, kehadiranmu gak akan disukai orang. Bisa-bisa, kamu malah kamu bisa balik kena nyinyir.

Jadi, cobalah untuk memikirkan kalimat yang akan terucap dari mulutmu. Jangan sampai melukai orang lain dan juga merugikan dirimu sendiri, sampai orang-orang di sekelilingmu enggan untuk dekat denganmu.

5. Sikap nyinyir atau suka menyalahkan orang akan membuat seseorang mudah sakit

5 Alasan Kenapa Kamu Gak Boleh Sering Nyinyir Urusan Orang Lainunsplash.com/sydney

Sikap nyinyir termasuk gangguan kejiwaan yang disebut post-traumatic embitterment disorder (PTED). Pemicunya yaitu masa lalu yang penuh kesedihan dan juga penyesalan.

Kamu bakal menyesal dari sikap nyinyirmu terhadap orang lain saat kamu tahu kalau orang yang disalahkan itu tidak benar-benar salah. Saat kamu sering membendung penyesalanmu, hal itu dapat memicu pelepasan hormon kortison yaitu hormon pemicu stres. Nah kalau kamu keseringan stres, kamu bakal mudah terserang berbagai penyakit.

Kalau kamu salah satu orang yang suka nyinyir, cobalah untuk mengubah kebiasaan itu. Daripada mengomentari orang lain, lebih baik kamu cari kesibukan yang lebih positif yang tidak merugikan siapa pun.

Baca Juga: Jangan Asal Main Blokir, Ini 6 Hal Baik Saat Teman Sosmed Suka Nyinyir

Nisa Nafisa Photo Community Writer Nisa Nafisa

Biology Education Study Program FKIP

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Yudha

Just For You