Comscore Tracker

5 Problematika Wanita yang Paling Sering Memicu Masalah Keuangan

Simak juga solusinya, ya!

Apa pun profesi seorang wanita, mengatur keuangan menjadi skill yang perlu dipelajari. Apalagi kalau kamu sudah berkeluarga dan belajar hidup mandiri. Menata keuangan demi terhindar dari sikap boros dan konsumtif, juga menjadi salah satu cara bersyukur atas rezeki yang telah Tuhan beri.

Tapi kenyataannya, gak semua wanita bisa memenuhi financial planning yang ditargetkan. Ada saja problematika yang dialami wanita sehingga harus keluar jalur. Padahal, menata keuangan adalah bagian dari menata masa depan yang lebih baik.

Yuk, kenali dan sadari apa saja masalah wanita yang sering memperburuk kondisi keuangan!

1. Gampang insecure ketika melihat teman atau tetangga punya barang baru 

5 Problematika Wanita yang Paling Sering Memicu Masalah Keuanganfreepik.com/freepik

Beberapa wanita kadang sering membanding-bandingkan materi yang dia punya dengan teman atau tetangga. Mudah iri menjadi sikap negatif yang kerap tanpa sadar memicu masalah keuangan. Gak mau kalah, tersaingi atau dipandang rendah, jadi alasan untuk selalu membeli barang baru yang dilihat.

Di sinilah kamu perlu belajar membedakan needs vs wants. Kontrol diri untuk mampu memilah mana barang yang diperlukan dan mana yang hanya sekedar keinginan atau godaan.

2. Menjadikan shopping sebagai pelepas penat dan kegalauan 

5 Problematika Wanita yang Paling Sering Memicu Masalah Keuanganfreepik.com/gpointstudio

Kayanya gak ada deh wanita yang gak suka belanja! Wajar saja kalau problematika satu ini paling sering melanda kaum hawa. Masalahnya bukan terletak pada kebutuhan belanja, tapi dari kebiasaan melampiaskan kesedihan pada belanja. Tentu berbeda kan melakukan shopping saat kamu butuh dan saat memenuhi emosi tertentu?

Belanja bukan satu-satunya terapi yang membuatmu keluar dari rasa jenuh. Sebab senangnya cuma sesaat, tapi bayaran tagihannya merambat. Carilah kegiatan lain yang menyenangkan dan kamu sukai, tapi tidak sampai mengganggu planning keuanganmu.

3. Kesulitan mengelola pos untuk pengeluaran bulanan 

5 Problematika Wanita yang Paling Sering Memicu Masalah Keuanganfreepik.com/wirestock

Merencanakan keuangan bukan hanya mengatur supaya pengeluaran tidak lebih besar dari pemasukan. Masih banyak wanita yang malas mengatur pos-pos pengeluaran dengan dalih “yang penting cukup!” Padahal, setelah berkeluarga, ada beberapa anggaran masa depan yang perlu kamu persiapkan.

Jangan hanya mengandalkan semua pengeluaran dari satu “dompet”. Kamu bisa mengatur beberapa pos keuangan yang dibutuhkan, misalnya melakukan pembagian rekening untuk pos pengeluaran, tabungan dan investasi. Untuk memastikan semua pos terpenuhi, kuncinya adalah konsistensi.

Baca Juga: Tips Mengatur Keuangan saat Siapkan Dana Pernikahan 

4. Gak berani berinvestasi karena terlalu banyak hal yang ditakutkan 

5 Problematika Wanita yang Paling Sering Memicu Masalah Keuanganfreepik.com/drobotdean

Adanya rasa takut akan risiko dan keamanan dalam berinvestasi memang wajar terjadi. Tapi sebaiknya ketakutan itu tidak jadi alasan wanita menolak investasi. Kamu perlu mempelajari dan memilih aset yang sesuai dengan tujuan keuangan dan minatmu. Sebelum berinvestasi, pastikan kamu sudah punya dana darurat dan mempu mengelola pinjaman.

Manfaat investasi memang baru terasa setelah jangka panjang. Kamu pasti punya impian masa depan, kan? Berangkat haji atau menyekolahkan anak ke kedokteran misalnya? Kalau pengeluaranmu tidak seimbang, persiapan finansial masa depan itu mungkin gak tercapai. Karena itu investasi yang benar dari sekarang, bisa jadi aset masa depan yang sangat membantu.

5. Merasa gak mampu jadi wanita produktif yang berpenghasilan 

5 Problematika Wanita yang Paling Sering Memicu Masalah Keuanganfreepik.com/user18526052

Wanita yang sudah punya main job ataupun ibu rumah tangga, pasti punya yang namanya waktu luang. Tapi, ada yang menjadikan waktu luang itu untuk berleha-leha, ada juga yang mengisinya dengan kegiatan produktif yang menambah penghasilan. Rasa minder, gak percaya diri dan malas, jadi alasan kuat mengapa wanita pasif soal penghasilan.

Semuanya kembali ke tekad. Supaya lebih mudah dijalani, pilihlah sesuatu yang kamu bahagia melakukannya. Misalnya jualan online, menulis freelance, membuat konten, desain grafis dan lain-lain. Lakukan saja secara enjoy dan bertahap, misalnya konsisten 1-2 jam sehari, sebab kamu juga butuh istirahat.

Itulah beberapa problematika wanita yang sering memicu masalah finansial. Minimal, dengan menyadari apa saja masalahnya, kamu bisa lebih aware dan berusaha memperbaikinya.

Baca Juga: 5 Tips Mengatur Keuangan ala Zodiak Virgo, Patut Banget Dicontoh Nih!

Nita Nurfitria Photo Verified Writer Nita Nurfitria

Thank you for reading 😊

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Agustin Fatimah

Berita Terkini Lainnya