Comscore Tracker

5 Tanda Kalau Masalahmu Ternyata Membawa Berkah

Gak selamanya masalah buruk buat kamu lho!

Seringkali kita menilai kalau masalah itu sepenuhnya adalah nasib sial atau kemalangan. Padahal saat kamu melewati masalah itu dengan ikhlas dan tetap berusaha mencari jalan keluar, ada banyak keberkahan dan hikmah yang bakal kamu raih setelahnya. 

Kalau tanda-tanda berikut kamu alami, berarti masalahmu sebenarnya membawa berkah tanpa kamu sadari.

1. Masalah itu bikin imanmu jadi meningkat

5 Tanda Kalau Masalahmu Ternyata Membawa Berkahinstagram.com/hanan_attaki

Kadang seseorang itu perlu ditegur oleh Tuhan supaya bisa kembali ke jalan-Nya yang lurus. Teguran itu bisa berupa masalah atau ujian hidup yang bikin kamu langsung tersadar bahwa kekuasaan itu hanya milik-Nya.  

Saat sebuah masalah membuatmu semakin ingat Tuhan dan ingin mendekat kepada-Nya, maka itulah masalah yang berbuah berkah. 

2. Kamu jadi lebih bijaksana dalam bertindak

5 Tanda Kalau Masalahmu Ternyata Membawa Berkahpexels.com/mentatdgt

Sebuah kegagalan gak selamanya jadi masalah, sebab kegagalan itu justru mengajarkanmu banyak hal. Pengalaman menempamu jadi pribadi yang lebih bijak dan kuat. Tanpa masalah, kamu gak bakal tahu jalan terbaik yang harus ditempuh.

Saat kamu pandai memetik hikmah dari setiap masalah yang membuatmu jadi lebih bijak, itulah masalah yang sebenarnya memberi keberkahan.

3. Hidupmu semakin bersahaja

5 Tanda Kalau Masalahmu Ternyata Membawa Berkahpexels.com/Bo Salem-Nieuwenhuizen

Boleh jadi masalah itu jadi penegur saat gaya hidupmu berlebihan atau sikapmu pada orang lain kelewatan. Masalah mengajarkanmu bahwa menyombongkan diri sama sekali gak membuatmu tinggi. Ujian hidup bakal tetap menghampiri siapa pun tanpa pandang bulu.

Ketika suatu masalah menjadikanmu lebih bersahaja, maka kamu mendapat keberkahan dari ujian itu. 

Baca Juga: 5 Cara Atasi Masalah Hidup yang Termudah, Kamu Harus Kuat!

3. Ada hubungan yang kamu rasa makin erat dan harmonis

5 Tanda Kalau Masalahmu Ternyata Membawa Berkahinstagram.com/pic.shoot

Pernah gak kamu merasa lebih membutuhkan keluarga atau pasangan hidup saat ditimpa masalah? Perasaan itulah yang bikin kamu dan pasangan saling menguatkan dan memberi perhatian saat ujian hidup menghampiri. Secara gak sadar, ada sebentuk hubungan yang lebih erat dan mengisi. 

Boleh jadi masalah itu bikin kamu tahu kalau pasangan yang cuek selama ini ternyata begitu peduli sama kamu. Dampaknya, hubunganmu jadi makin harmonis. 

4. Dari masalah itu, kamu berubah jadi orang yang hanya ingin memberi kebaikan pada orang lain

5 Tanda Kalau Masalahmu Ternyata Membawa Berkahwidiutami.com

Peliknya sebuah masalah kadang menyadarkanmu untuk menjadi orang yang lebih baik. Posisi terjatuh membuatmu paham betapa pentingnya menolong orang lain dan betapa gak enaknya saat tidak dipedulikan. 

Orang-orang berjiwa besar kebanyakan lahir dari pengalaman dramatis yang pernah mereka lalui. Semua itu membuahkan hikmah yang luar biasa saat mereka bisa bangkit dan menginspirasi orang lain untuk jadi lebih kuat.

5. Bertambah jumlah teman dekat atau kerabat karena berbalas budi

5 Tanda Kalau Masalahmu Ternyata Membawa Berkahunsplash.com/Bewakoof.com

Saat tertimpa masalah, kamu pasti menemui teman atau kerabat yang bisa dipercaya untuk berbagi beban. Bahkan bisa jadi kamu menemui teman lama yang udah gak terlalu dekat untuk dimintai tolong.

Saat kondisi sulitmu diringankan orang lain, kamu pasti ingin membalas kebaikan orang itu kan? Tanpa disadari, lewat berbalas budi terciptalah hubungan pertemanan yang kuat. Sahabat dekatmu jadi bertambah. Inilah salah satu berkah dari masalah yang kamu alami. 

Nah, sekarang jangan pandang lagi masalahmu sebagai kamalangan mutlak ya. Karena di baliknya ternyata ada keberkahan yang banyak saat kamu menyikapinya dengan benar.

Baca Juga: Tetap Semangat, Terapkan 5 Tips Ini Agar Tak Mudah Lelah Saat Puasa!

Nita Nurfitria Photo Verified Writer Nita Nurfitria

Moms who spend time at sweet home and happy wife. Thank you for reading :)

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Febrianti Diah Kusumaningrum

Just For You