Comscore Tracker

5 Tanda Kamu Punya Hati Ikhlas Mengarungi Dinamika Hidup

Gak membedakan orang lain dalam menolong

Mulut sangat mudah berkata kalau kita udah ikhlas, tapi kamu pasti setuju kalau urusan hati satu ini gak semua orang mudah meraihnya. Padahal rasa ikhlas adalah kuncinya kebahagiaan, sebab rasa kecewa, sakit hati, gondok, galau dan sebagainya adalah buah dari sikap kurang ikhlas.

Ada beberapa cabang dalam dinamika hidup yang perlu kamu ikhlaskan. Kalau tanda-tanda berikut ada dalam dirimu, itu artinya kamu punya hati ikhlas mengarungi dinamika hidup.

1. Jarang sekali merasa kecewa

5 Tanda Kamu Punya Hati Ikhlas Mengarungi Dinamika Hidupunsplash.com/Trent Szmolnik

Kalau kamu ikhlas, seharusnya kamu punya seribu maaf untuk kehidupan. Usahamu mungkin sudah habis-habisan, tapi saat impianmu belum terwujud dan kamu merasa lapang dada tanpa putus asa, itu tandanya kamu ikhlas menjalaninya.

Rasanya memang berat saat harus menerima kenyataan yang gak sesuai harapan. Rasa kecewa yang manusiawi pasti menghampiri. Tapi bagi orang yang ikhlas mengarungi hidup, gak peduli jalan itu terjal atau landai, gak peduli ia memperoleh hasil yang diinginkan atau tidak, baginya hidup tetap harus dijalani dengan rasa syukur dan usaha terbaik.

2. Gak bergantung atau berharap pada orang lain

5 Tanda Kamu Punya Hati Ikhlas Mengarungi Dinamika Hidupunsplash.com/Maria Teneva

Mengharapkan penilaian baik dari orang lain itu cuma bikin capek, sebab mereka belum tentu setuju dengan cara dan pencapaianmu. Saat kamu hanya ingin mempersembahkan yang terbaik dan yakin bahwa Tuhan meridai caramu, itu tandanya kamu sudah ikhlas mengarungi kehidupan sebab kamu gak bergantung lagi pada simpati manusia.

3. Gak pernah membedakan mana bantuan yang besar dan kecil

5 Tanda Kamu Punya Hati Ikhlas Mengarungi Dinamika Hidupunsplash.com/Aziz Acharki

Saat kondisi membuatmu harus berkorban banyak, kamu gak merasa berat dan sulit melakukannya karena inilah liku hidup yang harus kamu lalui. Kamu sadar bahwa kehidupan seperti roda yang terus berputar. Adakalanya kamu membantu sedikit atau berkorban banyak. Saat kamu yakin semua bakal baik-baik saja dimana pun posisimu, itu tandanya kamu ikhlas.

Baca Juga: Demi Hidup Bahagia, Segera Buang Jauh 5 Sumber Kekecewaan Ini

4. Gak membedakan orang lain karena golongan, ras atau agama

5 Tanda Kamu Punya Hati Ikhlas Mengarungi Dinamika Hidupunsplash.com/Brooke Cagle

Saat kamu menyadari kalau fitrah manusia itu ingin mendapat pengakuan atas keberadaannya, tentu kamu gak bakal memandang rendah orang lain. Mereka boleh beda pilihan atau keyakinan, tapi kamu tetap punya prinsip untuk memberikan pertolongan dan sikap terbaik kepada siapa pun.

Saat kamu hanya ingin orang lain merasakan kebaikkan dari apa yang kamu pahami dan yakini, itu tandanya kamu ikhlas pada perbedaan dalam kehidupan.

5. Sering melakukan kebaikan yang rahasia

5 Tanda Kamu Punya Hati Ikhlas Mengarungi Dinamika Hidupunsplash.com/Priscilla Du Preez

Saat tujuan hidupmu bukan lagi penilaian dan penghargaan dari orang lain, maka kamu pun gak segan melakukan banyak kebaikan tanpa diumbar. Bahkan saking rahasianya, sahabat atau orangtuamu sendiri gak tahu. Kamu yang hanya fokus pada kondisi orang yang perlu ditolong dan menyerahkan balasannya pada Tuhan, itulah tanda kamu sudah ikhlas berbuat baik.

Nah gaes, kalau kelima tanda di atas ada padamu, itu artinya kamu punya hati ikhlas mengarungi dinamika hidup. Saat kamu memilih ikhlas, sebenarnya saat itu pula kamu memutuskan untuk bahagia.

Baca Juga: Tak Mau Terus Susah? Taati 5 Kunci Hidup Bahagia Ini

Nita Nurfitria Photo Verified Writer Nita Nurfitria

Moms who spend time at sweet home and happy wife. Thank you for reading :)

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Agustin Fatimah

Just For You