Comscore Tracker

6 Cara Hapus Kebiasaan Bersedih yang Berlarut-Larut

Sebab waktumu sangat berharga

Rasa sedih itu manusiawi kok, itulah respon alami ketika hatimu terluka. Tapi rasa sedih bakal sampai pada tahap bahaya bagi psikis, saat kamu membiarkannya terlalu lama. Jangan sampai deh emosi dan kesehatanmu terganggu akibat kesedihan yang berubah jadi depresi akut. Untuk itu, kamu harus pintar-pintar mengelola rasa sedih supaya gak berlarut-larut. Lakukan enam cara berikut, bisa bantu kamu keluar dari kesedihan.

1. Tanyakan pada diri, apakah masalah itu benar-benar gak punya jalan keluar?

6 Cara Hapus Kebiasaan Bersedih yang Berlarut-Larutpexels.com/Download a pic Donate a buck! ^

Jangan-jangan kamu terlalu mendramatisir masalah sehingga bikin kamu jadi sedih berkepanjangan. Coba tarik nafas panjang dan renungkan semuanya dengan tenang. Yakinkan hatimu kalau semua kesulitan  ada jalan keluarnya. Fokuslah bukan pada masalahnya tapi pada solusi. 

2. Jangan biarkan pikiranmu digerogoti perkara kecil dan remeh temeh

6 Cara Hapus Kebiasaan Bersedih yang Berlarut-Larutpexels.com/pixabay

Sayang banget deh kalau kebahagiaanmu terkikis hanya karena masalah yang sebenarnya sepele. Jangan biarkan rayap-rayap kecil memakan waktumu yang berharga, sebab meski kecil kamu tetap bisa hancur kalau terlalu lama digerogoti. 

3. Sibukkan diri dengan aktivitas positif

6 Cara Hapus Kebiasaan Bersedih yang Berlarut-Larutpexels.com/pixabay

Banyak gerak mampu mengalihkan pikiranmu dari rasa sedih. Kalau kamu gak punya kesibukan, coba kunjungi saudara atau temanmu untuk menemukan kegiatan lain. Boleh jadi lewat ngobrol santai pun kamu menemukan solusi yang lebih mendamaikan hati. Intinya, jangan biarkan waktumu menganggur terlalu lama.

Baca Juga: Jangan Terpuruk, Ini 6 Cara Memotivasi Diri Sendiri Kala Bersedih Hati

4. Terimalah kenyataan saat yang kamu hadapi diluar kemampuanmu, itulah takdir

6 Cara Hapus Kebiasaan Bersedih yang Berlarut-Larutpexels.com/Download a pic Dona

Dalam hidup ini, ada hal-hal yang memang gak bisa kamu ubah. Guratan takdir seperti kecelakaan atau bahkan kematian adalah kehendak Tuhan yang harus kita terima dengan ikhlas. Berat pasti, tapi gak obat paling mujarab selain mengikhlaskan dan menyerahkan segalanya kepada Tuhan.

5. Kamu boleh bersedih, tapi tentukan batas waktunya untuk bangkit sesegera mungkin

6 Cara Hapus Kebiasaan Bersedih yang Berlarut-Larutpexels.com/pixabay

Rasa sedih itu sangat normal dan manusiawi. Tapi bisa mengganggu psikis kalau dibiarkan berlarut-larut. Karena itu, sudahilah. Kamu harus buat lembaran baru untuk bangkit dari kesedihan. Saat kamu memutuskan untuk bangkit, saat itulah kesedihanmu bakal terkubur dengan sendirinya. 

6. Yang telah terjadi biarkan terkubur waktu, jangan gergaji serbuk kayu

6 Cara Hapus Kebiasaan Bersedih yang Berlarut-Larutpexels.com/Bruno Feitosa

Sampai kapanpun, kamu gak bakal bisa mengulang waktu. Ibarat kayu yang telah jadi serbuk, kamu gak bisa mengembalikannya menjadi sebatang kayu. Lalu buat apa kesedihan menguasaimu berlarut-larut, kalau semuanya gak bisa mengubah keadaan? 

Pada akhirnya kita memang gak bisa pungkiri kalau rasa sedih pasti bakal menghiasi perjalanan hidup yang gak lepas dari masalah. Untuk itu, kamu perlu terapkan cara-cara di atas supaya kesedihanmu gak berlarut-larut. Yuk, bangkit lagi!

Baca Juga: Stop Bersedih, Renungkan 4 Hal Ini Agar Kamu Bisa Hidup Bahagia 

Nita Nurfitria Photo Verified Writer Nita Nurfitria

Moms who spend time at sweet home and happy wife. Thank you for reading :)

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Merry Wulan

Just For You