Comscore Tracker

6 Cara Supaya Kamu Gak Gampang Luapkan Ocehan Receh di Medsos

Bedakan mana ocehan receh dan mana yang membangun

Hari gini siapa sih yang gak aktif di medsos? Update kegiatan sehari-hari di instagram story atau Facebook story rasanya sudah jadi bagian rutinitas yang gak bisa dilepas, khususnya buat kaum Millennials.

Kalau yang kamu share adalah status atau potret positif, menghibur atau bahkan membangun, itu sih keren banget! Tapi kalau cuma ocehan harianmu, baiknya kamu pikir ulang deh kebiasaan ini sebab selain minim manfaat, kamu juga buang-buang waktu.

Yuk perbaiki kebiasaan "dikit-dikit nyetatus" kegalauan receh yang kamu rasa, dengan beberapa cara berikut.

1. Cari teman yang bisa diajak ngobrol langsung atau chatting pribadi

6 Cara Supaya Kamu Gak Gampang Luapkan Ocehan Receh di Medsosunsplash.com/ben white

Supaya medsos gak jadi pelampiasan ocehan, kamu memang perlu kawan bewujud nyata yang bisa mendengar langsung keluh kesahmu. Yang namanya teman dekat atau saudara, pasti gak bakal keberatan dijejali ocehanmu yang sebenarnya receh. Mereka paham karaktermu.

Tapi lain cerita kalau kamu share itu di medsos, apalagi dengan privasi publik. Penerimaan netizen pada ocehanmu bakal berbeda. Mereka jadi tahu kualitas mentalmu. Meski gak sedikit teman maya yang ngasih solusi, tapi kamu masih punya celah untuk dinilai negatif. 

2. Mengeluhlah sepuasnya pada Tuhan lewat doa-doa

6 Cara Supaya Kamu Gak Gampang Luapkan Ocehan Receh di Medsosvideohive.net

Kalau manusia bisa sebal karena terus mendengar ocehanmu, Tuhan justru makin senang tiap mendengar rintihan hamba-Nya. Perbanyaklah ibadah, sering-seringlah memanjatkan doa pada-Nya. Tuhan adalah sebaik-baik tempat untuk kamu mintai tolong.

Saat kebiasaan ini telah mendarah daging, ingatanmu hanya bakal tertuju pada Tuhan saat ditimpa masalah. Kamu jadi gak tertarik lagi buat bikin status galau di medsos.

3. Yuk tahan buka medsos sebelum kamu temukan apa solusi dari masalahmu

6 Cara Supaya Kamu Gak Gampang Luapkan Ocehan Receh di Medsosunsplash.com/Natalia Figueredo

Sadar gak kalau masalahmu ternyata gak selesai dengan nulis status galau? Kamu malah semakin kesal, marah dan kecewa sebab memperdalam perasaan itu lewat medsos. Alih-alih dapat solusi, kamu malah larut dalam frustasi.

Mungkin teman-teman mayamu memberi komentar, tapi jumlahnya yang bejibun dan beragam malah bikin kamu bingung sendiri. Mending fokus saja pada penyebab yang bikin kamu ngedumel. Jangan-jangan itu hanya hal sepele yang bisa kamu selesaikan dengan singkat.

Baca Juga: 5 Cara Hadapi Hate Comment di Media Sosial yang Bikin Sakit Hati

4. Simpan ponsel dan alihkan waktu luangmu pada hobi positif di dunia nyata

6 Cara Supaya Kamu Gak Gampang Luapkan Ocehan Receh di Medsosunsplash.com/ben white

Lawan keinginan mengekspos ocehan dengan kegiatan nyata yang kamu gemari. Kalau bisa sih yang low budget, karena masalah hidup itu selalu ada setiap harinya. Lebih bagus lagi kalau ada hobi yang bisa diasah dan jadi skill  tambahan.

Hindari ponsel beberapa saat supaya kamu gak punya akses ke medsos. Dijamin deh, melakukan hal produktif bisa mengembalikan mood baikmu.

5. Ingat kalau setiap orang pasti punya masalah, ocehanmu di medsos bisa jadi terkesan sangat receh dan gak dewasa

6 Cara Supaya Kamu Gak Gampang Luapkan Ocehan Receh di Medsosunsplash.com/Rosie Fraser

Mungkin kamu merasa ada kepuasan batin saat bisa meluapkan emosimu di medsos. Ya, sebagai pemilik akun, kamu memang berkuasa penuh pada bentuk postingan. Lewat status, kamu berharap empati dan orang-orang tahu seberapa besar kemalanganmu.

Tapi apa kamu yakin semua orang bakal empati? Sebab faktanya, gak ada satu orang pun yang hidupnya lempeng tanpa masalah. Boleh jadi mereka malah nyinyir karena hal sepele dan receh saja kamu keluhkan di medsos.

6. Cobalah lebih slow dan bersikap bodo amat sama omongan orang tentangmu

6 Cara Supaya Kamu Gak Gampang Luapkan Ocehan Receh di Medsosunsplash.com/Allef Vinicius

Kebanyakan, hal yang bikin kita tersinggung adalah komentar miring orang lain. Wajar kok kamu ngedumel. Tapi, kalau kamu sampai membahas dan mengangkatnya jadi bahan postingan, suasana hatimu malah makin keruh.

Kenapa gak segera kamu buang saja ocehanmu dengan aktivitas menyenangkan? Itu bikin kamu lebih mudah slow daripada update status galau. 

Yuk, lebih bijak bermedsos!

Baca Juga: 7 Bukti Kuat Kamu Harus Detoksifikasi Media Sosial, Log Out Sekarang!

Nita Nurfitria Photo Verified Writer Nita Nurfitria

Moms who spend time at sweet home and happy wife. Thank you for reading :)

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Febrianti Diah Kusumaningrum

Just For You