Comscore Tracker

7 Rutinitas Harian yang Ternyata Bisa Bikin Kamu Gampang Cemas

Tanpa disadari, rasa cemas berlebih bikin harimu gak bahagia

Rasa cemas erat kaitannya dengan tingkat stres seseorang. Kalau dibiarkan, rasa cemas yang berlebihan bisa berujung pada titik depresi. Ternyata, faktor rasa cemas gak hanya disebabkan oleh kabar buruk yang menimpa, misalnya divonis menderita penyakit berat atau mendapat kabar orangtua masuk rumah sakit. 

Kecemasan juga bisa dipicu oleh rutinitas harian yang kurang sehat namun dianggap sepele. Yuk, simak kebiasaan apa saja yang bisa bikin kamu mudah merasa cemas tanpa disadari.

1. Sulit membatasi penggunaan gawai (screen time)

7 Rutinitas Harian yang Ternyata Bisa Bikin Kamu Gampang Cemasunsplash.com/Viktor Talashuk

Kita gak bisa menutup mata kalau di zaman ini semua orang seolah gak bisa melanjutkan hidup tanpa internet. Gak hanya bermain media sosial, maraknya job online juga mengharuskan kita nempel terus dengan gawai. Bahkan, seseorang bisa menggunakan dua gawai sekaligus untuk kebutuhan yang berbeda.

Multitasking yang meningkat terhadap penggunaan gawai semacam ini, ternyata punya pengaruh buruk bagi otak. Berdasarkan hasil survei yang dipublikasikan di Cyberpsychology, Behavior, and Social Networking menemukan bahwa mereka yang mengerjakan media multitasking lebih sering mengalami kecemasan sosial hingga gejala depresi.

2. Jarang melihat suasana alam yang hijau

7 Rutinitas Harian yang Ternyata Bisa Bikin Kamu Gampang Cemasunsplash.com/Jacek Dylag

Kalau keseharianmu dikelilingi gedung-gedung tinggi, padatnya rumah dan kendaraan perkotaan, sudah saatnya kamu imbangi suasana hiruk pikuk itu dengan mengunjungi taman hijau atau pergi sejenak ke pedesaan. Nuansa tenang dengan balutan alam hijau yang menyejukan, ternyata penting untuk mendukung stabilnya suasana hati.

Hasil studi yang diteliti oleh Central Institute of Mental Health di University of Heidelberg mengungkap kalau tinggal di perkotaan yang ramai bisa memicu gangguan mental, rasa cemas dan stres. Tumbuhan hijau dari alam ternyata mampu memberi energi positif. Kalau gak memungkinkan pergi jauh, minimal tanamlah beberapa tumbuhan di sekitar rumahmu.

3. Sering mager alias malas gerak

7 Rutinitas Harian yang Ternyata Bisa Bikin Kamu Gampang Cemasunsplash.com/Casper Nichols

Beda ya antara istirahat dengan mager. Gaya hidup kurang aktif karena lebih suka tidur, nonton serial drama atau bermain gawai, rupanya ambil bagian pula dalam menurunkan kesehatan mental, diantaranya kecemasan berlebih. Lain halnya saat kamu aktif bergerak, otak akan melepas zat kimia yang menumbuhkan perasaan positif, seperti endorfin dan endocannabinoid.

Cobalah cari kegiatan berbeda yang menyenangkan supaya tubuhmu tetap aktif bergerak. Gak selalu harus olahraga, misalnya kamu bisa jadi relawan yang membantu aktifitas sosial di lingkunganmu.

Baca Juga: 5 Jenis Kecemasan yang Pasti Pernah Menghantui Kamu Sebagai Mahasiswa

4. Terbiasa konsumsi makanan cepat saji

7 Rutinitas Harian yang Ternyata Bisa Bikin Kamu Gampang Cemasunsplash.com/Prudence Earl

Kebiasaan mengonsumsi jenis makanan olahan, sebaiknya kamu kurangi deh dari sekarang. Selain kurang sehat, jenis makanan cepat saji ternyata bisa mengundang kecemasan lho! Sebuah riset tahun 2013 tentang diet dan depresi dalam The American Journal of Clinical Nutrition, mengungkap bahwa pola makan yang semakin sehat, menurunkan risiko rasa cemas dan depresi.

5. Gak punya teman dekat untuk curhat

7 Rutinitas Harian yang Ternyata Bisa Bikin Kamu Gampang Cemasunsplash/taraschernus

Punya waktu menyendiri dari hiruk pikuk orang-orang memang perlu, tapi terbiasa menyendiri dalam waktu yang lama agaknya kurang baik bagi kesehatan mentalmu. Kita perlu bertukar emosi positif dengan seseorang, inilah cara yang bisa menekan tingkat kecemasan. Sebaliknya, hidup menyendiri bakal lebih mudah bikin kamu galau dan stres.

6. Dikelilingi orang-orang yang selalu berpandangan negatif

7 Rutinitas Harian yang Ternyata Bisa Bikin Kamu Gampang Cemaspexels/ Tim Mossholder

Tipe orang dalam merespon alur hidupmu juga punya andil dalam mempengaruhi kesehatan psikis. Mereka yang gemar memberi komentar-komentar negatif dan mempermasalahkan keputusanmu, tentu bisa memicu kecemasan bahkan stres. 

Kritik dari orang baik mungkin membantu, tapi tipe orang yang suka memperburuk masalah hanya akan memberi energi negatif pada pikiranmu. Cobalah cari teman yang bisa mendukungmu kala terjatuh, bukan malah menghakimi.

7. Sering tidur larut malam

7 Rutinitas Harian yang Ternyata Bisa Bikin Kamu Gampang Cemasfreepik.com

Memang setiap orang punya waktu tidur yang bervariasi. Tapi orang yang punya jam tidur lebih cepat, rupanya mengalami pikiran negatif yang jarang dibanding mereka yang sering tidur larut. Hal ini berdasarkan sebuah studi tahun 2014 yang dipublikasikan dalam jurnal Cognitive Therapy and Research. Orang yang tidur larut malam, lebih mudah dihinggapi rasa cemas dan pikiran negatif sepanjang hari.

Nah, sekarang sudah tahu kan rutinitas harian apa saja yang bisa bikin kamu lebih mudah mengalami kecemasan berlebih? Saatnya perbaiki gaya hidup, gaes!

Baca Juga: 5 Tips Menangani Kecemasan Sosial, Buat Hidupmu Merasa Lebih Tenang

Nita Nurfitria Photo Verified Writer Nita Nurfitria

Moms who spend time at sweet home and happy wife. Thank you for reading :)

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Agustin Fatimah

Berita Terkini Lainnya