Comscore Tracker

5 Alasan Kamu Gak Butuh Support Orang Lain untuk Wujudkan Mimpi 

#IDNTimesLife Gak apa-apa kalau gak ada yang dukung..

Adanya dukungan dari orang sekitar itu memang bikin bahagia. Senang rasanya melihat sikap mereka yang menghargai dan mengapresiasi impian kita. Siap membantu, kapan pun kita butuhkan.

Tapi gak semua orang seberuntung itu. Banyak pula yang mimpinya gak mendapat dukungan, bahkan dipandang sebelah mata. Lantas, apa kamu harus mengurungkan impianmu begitu saja? Jawabannya, tentu tidak! Berikut alasan mengapa kamu gak butuh support orang lain untuk wujudkan mimpi.

1. Kamu tetap punya Tuhan yang pertolongannya jauh lebih besar 

5 Alasan Kamu Gak Butuh Support Orang Lain untuk Wujudkan Mimpi ilustrasi perempuan berhijab menggunakan laptop (Pexels.com/cottonbro)

Semakin banyak kamu mengharapkan sesuatu dari orang lain, semakin orang itu terbebani olehmu. Sebaliknya, semakin sering kamu berdoa dan menggantungkan harapanmu pada Tuhan, semakin Tuhan menyayangimu. 

Meski gak ada orang yang mendukung, jangan putus asa, ya! Pertolongan Tuhan lebih manjur sebab Dialah yang mengendalikan segalanya, termasuk hati manusia. Buktinya, pertolongan bisa datang dari mana saja tanpa pernah kamu sangka.

2. Kadang dukungan jadi tekanan buat diri karena takut bikin kecewa 

5 Alasan Kamu Gak Butuh Support Orang Lain untuk Wujudkan Mimpi ilustrasi pria berdiri menatap keluar jendela (Pexels.com/Monstera)

Banyaknya orang yang mendukung, artinya banyak pula yang menaruh harapan besar padamu. Kadang, dukungan itu jadi beban tersendiri di pundakmu. Kamu takut hasil akhirnya gak sesuai ekspektasi banyak orang. Kamu jadi cemas bakal mengecewakan banyak orang.

Ketika apa yang ditakutkan terjadi, semua perjuangan seperti perjalanan yang bising dan melelahkan. Namun karena mimpi hanya sekedar mimpi, semua dukungan seperti omong kosong. Karenanya, mengukir mimpi dalam diam, bukan hal yang buruk untuk dicoba.

3. Dukungan hanya hiasan, kerja kerasmu yang lebih menentukan pencapaian

5 Alasan Kamu Gak Butuh Support Orang Lain untuk Wujudkan Mimpi ilustrasi pria kantoran di meja kerjanya (Pexels.com/Andrea Piacquadio)

Support orang lain itu memang memantik motivasi, pengingat saat kamu gak percaya diri. Tapi sebanyak apapun dukungan, hal yang paling nyata pengaruhnya adalah kerja kerasmu sendiri.

Dukungan yang banyak itu bakal percuma kalau kamu gak punya kemauan, kegigihan dan keberanian. Dukungan hanya hiasan, sebuah bonus kecil dalam perjalananmu yang panjang, terjal dan berliku.

Baca Juga: 5 Jenis Mimpi yang Ungkap Kondisi Psikismu, Jangan Diabaikan

4. Lebih baik fokus mengukir mimpi dalam diam, sebab respons orang kadang menjatuhkan

5 Alasan Kamu Gak Butuh Support Orang Lain untuk Wujudkan Mimpi ilustrasi wanita berkaca mata tersenyum (Pexels.com/Daniel Xavier)

Pandangan sebelah mata dari orang-orang yang meragukan kemampuanmu, bisa bikin kamu ragu sendiri atas impian itu. Parahnya lagi, kamu bisa down dan gak berani lagi bermimpi.

Biarkan saja mereka menganggap impianmu seolah hal yang mustahil untuk digapai. Kamu hanya perlu belajar bekerja keras dalam diam dan tak putus berdoa pada Tuhan. Kelak keberhasilanmu jadi balasan paling jitu untuk mereka yang meremehkanmu.

5. Hidup akan tetap berjalan, ada atau tanpa dukungan

5 Alasan Kamu Gak Butuh Support Orang Lain untuk Wujudkan Mimpi ilustrasi tiga wanita kantoran berjalan (Pexels.com/Alexander Suhorucov)

Kamulah yang bertanggung jawab penuh atas hidupmu. Mau tetap terkurung dalam keraguan atau berani mengambil langkah meski penuh rintangan, semua jadi keputusan atas pilihanmu sendiri.

Kadang kita terlalu sibuk memikirkan respon orang lain dan lupa kalau waktu terus berjalan ke depan. Ada atau tanpa dukungan, jangan sampai masa keemasanmu berlalu tanpa impian.

Intinya, gak apa-apa kok kalau gak ada orang yang support  impianmu. Bukan berarti kamu gak bisa wujudkan mimpi itu, kan? Banyak kok yang berhasil dalam kerja keras yang diam-diam. Semoga kamu gak merasa sendirian, ya!

Baca Juga: 5 Pola Pikir yang Bisa Membuatmu Gagal dalam Memperjuangkan Mimpi

Nita Nurfitria Photo Verified Writer Nita Nurfitria

IG 👉 nita.nurfitria

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Abigail Putra

Berita Terkini Lainnya