Comscore Tracker

5 Alasan Kamu Gak Wajib Menjaga Level Kebahagiaan Orang Lain

#IDNTimesLife Terlalu baik itu kadang dimanfaatkan orang

Karakter orang memang unik. Ada yang terlalu mementingkan diri sendiri sampai gak peduli urusan orang lain. Sebaliknya, ada juga yang terlalu mudah mengalah sampai lupa pada kebutuhannya sendiri. Karakter kedua inilah yang bakal kita bahas, yang mana pelakunya selalu gak enak hati mengacuhkan orang lain.

Buat kamu yang punya sifat seperti ini, pernah gak merasa lelah sendiri? Padahal kalau direnungkan lebih rasional, bukan tugasmu kok untuk membahagiakan semua orang. Beberapa alasan berikut patut kamu pertimbangkan, nih!

1. Bermanfaat buat orang lain gak harus dengan mengesampingkan kepentinganmu

5 Alasan Kamu Gak Wajib Menjaga Level Kebahagiaan Orang Lainunsplash.com/Gemma Chua-Tran

Niatmu ingin menebar banyak manfaat buat orang lain memang mulia, tapi jangan lupa kalau manusia punya keterbatasan. Terlalu sibuk memberikan "peranmu" untuk orang lain, bisa bikin kamu lupa pada kebutuhanmu sendiri. Gak apa-apa kalau sesekali kamu tidak mengiyakan permintaan atau menolak ajakan mereka.

Berbuat baik gak selalu harus dengan berusaha menyenangkan orang lain. Kamu juga perlu berbuat baik ke diri sendiri. Sayangi dan hargai kepentinganmu, sebab hal ini gak bisa digantungkan ke orang lain.

2. Selalu bilang iya, bikin orang lain terbiasa mengandalkanmu tanpa rasa sungkan

5 Alasan Kamu Gak Wajib Menjaga Level Kebahagiaan Orang Lainunsplash.com/Christina @ wocintechchat.com

Gak menutup kemungkinan kalau orang yang selalu kamu bantu, pada akhirnya memanfaatkan kelemahanmu. Bahkan caranya menghargai peranmu jadi berbeda, lebih terkesan menyepelekan. Kamu yang gak bisa menolak, jadi sosok yang selalu diandalkan dengan mudahnya.

Kamu harus berani tegas supaya orang lain gak mencari kesempatan. Kebahagiaan mereka bukan tanggung jawabmu. Kamu gak wajib untuk selalu memuaskan mereka. Kalau orang lain gak sungkan meminta bantuanmu berkali-kali, kamu juga gak perlu sungkan untuk menolaknya.

3. Faktanya gak semua orang bisa berbalik menolong saat kamu butuh

5 Alasan Kamu Gak Wajib Menjaga Level Kebahagiaan Orang Lainunsplash.com/Christina @ wocintechchat.com

Kamu mungkin berharap orang yang membantumu adalah dia yang pernah kamu tolong. Tapi kenyataanya belum tentu. Jangankan berbalik menolong, boleh jadi mereka angkat tangan dengan masalahmu karena punya kepentingan masing-masing. 

Meski kamu selalu berkorban mengesampingkan kepentinganmu demi orang lain, kamu tetap gak bisa memaksa dan mengendalikan sikap orang lain padamu, kan? Karena itu, sewajarnya saja ya.

Baca Juga: Hati-hati! 5 Ciri Orang yang Bisa Berdampak Buruk bagi Hidupmu

4. Kamu tetap punya kekurangan yang jadi celah untuk gak disukai orang

5 Alasan Kamu Gak Wajib Menjaga Level Kebahagiaan Orang Lainunsplash.com/Ben white

Gak semua orang mengakui kebaikanmu yang tanpa pamrih itu. Beberapa orang julid, tetap akan mencari celah kekuranganmu untuk dibicarakan, meski mereka pernah kamu tolong. Membuat semua orang senang gak lantas menghentikan hal itu. Seperti halnya resepsi megah yang dipersiapkan dengan sempurna. Bakal ada saja satu dua hal yang dikomentari tamu sebagai kekurangan. 

5. Berbuat baiklah karena kamu sanggup, bukan karena ingin diakui orang lain

5 Alasan Kamu Gak Wajib Menjaga Level Kebahagiaan Orang Lainunsplash.com/priscilla du preez

Menolong orang lain memang mulia, asal niatmu bukan untuk dikagumi dan dinilai baik oleh mereka. Niat keliru inilah yang bikin kecewa saat kebaikanmu gak berbalas ataupun kekuranganmu tetap mereka perbincangkan. Ketika penilaian orang lain bukan acuan, kamu akan lebih jeli memilah kapan harus memberi bantuan dan kapan mendahulukan kepentinganmu.

Bukan gak boleh membahagiakan orang lain. Tapi jangan sampai ketidakmampuanmu menolak saat dimintai tolong, dimanfaatkan orang lain. Menolonglah sewajarnya, sebab kamu juga punya kewajiban hidup yang harus diselesaikan.

Baca Juga: Zodiak Cancer Paling Gak Suka 5 Hal Ini, Hati-hati Kalau Komentar!

Nita Nurfitria Photo Verified Writer Nita Nurfitria

Thank you for reading 😊

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Abigail Putra

Berita Terkini Lainnya