Comscore Tracker

5 Alasan Kuat Mengapa Kamu Harus Punya Skill Mengontrol Diri 

Semua berawal dari tekadmu sendiri

Saat melihat temanmu lebih sukses, pasti selalu ada keinginan untuk mengejar kesuksesan sepertinya. Tapi kenyataan yang ada, seringkali keinginan itu muncul tanpa realisasi. Kerjaannya cuma rebahan dan gak mau keluar dari zona nyaman. Alhasil, keinginan itu hanya jadi angan.

Tidak adanya sinkronisasi antara keinginan dan realisasi, salah satunya bisa terjadi karena kelemahanmu dalam mengontrol diri. Target-target dalam hidup hanya bisa dicapai kalau kamu sudah punya self-control yang baik. Inilah beberapa alasan mengapa kamu harus mulai belajar mengontrol diri dari sekarang.

1. Supaya kamu lebih berani mengambil keputusan sendiri dan berdamai dengan konsekuensi 

5 Alasan Kuat Mengapa Kamu Harus Punya Skill Mengontrol Diri freepik.com/freepik

Kamulah yang paling paham keinginanmu. Boleh saja menerima masukan orang lain, tapi mengontrol diri supaya gak sepenuhnya terpengaruh itu sangat penting.

Konsekuensi buruk yang datang akibat pengaruh dominan orang lain, bakal sangat kamu sesali. Berbeda jika keputusan yang kamu ambil ada dalam kontrol kesadaranmu yang baik. Kamu akan lebih mudah berdamai dengan apa pun hasil akhirnya.

2. Supaya kamu gak selalu menunda-nunda apa yang sebenarnya baik buatmu 

5 Alasan Kuat Mengapa Kamu Harus Punya Skill Mengontrol Diri freepik.com/cookie_studio

Merasa masih punya banyak waktu, selalu jadi alasan untuk menunda. Dalam kasus ini, kamu perlu proses latihan dan pembiasaan untuk bisa mengontrol diri dengan baik. Kejar target-targetmu tanpa perlu menunggu waktu lapang. Kontrol dirimu dengan tekad yang kuat untuk selalu bersegera mengerjakan tugas sebelum deadline.

3. Kamu juga bakal lebih mudah melepaskan diri dari kebiasaan buruk 

5 Alasan Kuat Mengapa Kamu Harus Punya Skill Mengontrol Diri freepik.com/cookie_studio

Gak ada yang bisa menghentikan kebiasaan buruk selain kemauan kuat dari pelakunya sendiri. Membiarkan diri terus dikuasai nafsu yang buruk, hanya akan membuatmu terus terjebak dalam kebiasaan itu. Di sinilah pentingnya kemampuan untuk mengontrol diri dengan cara mengisi pikiranmu dengan amunisi positif, entah itu berupa bacaan atau nasihat motivasi.

Baca Juga: Mengenal 5 Karakter Orang yang Lahir Hari Selasa Menurut Weton Bali

4. Kamulah yang bakal bertanggung jawab atas hidupmu, bukan orang lain 

5 Alasan Kuat Mengapa Kamu Harus Punya Skill Mengontrol Diri freepik.com/freepik

Mampu mengotrol diri erat kaitannya dengan menjadi pemimpin untuk diri sendiri. Sadari kalau setiap langkah yang kamu buat, bakal jadi tanggung jawabmu. Tanpa kemampuan mengendalikan diri, kamu akan mudah terombang ambing tanpa tujuan. Kenali diri lebih baik, artinya kamu paham mana yang benar dan paling kamu butuhkan.

5. Kamu perlu menahan diri dari godaan yang menghambat tercapainya targetmu 

5 Alasan Kuat Mengapa Kamu Harus Punya Skill Mengontrol Diri freepik.com/master1305

Mengontrol diri untuk tidak terjebak godaan memang berat. Misalnya, kamu ingin melakukan diet sehat untuk menurunkan berat badan. Sebisa mungkin, jauhi hal-hal yang bisa bikin kamu goyah, seperti kurangi makan diluar atau nonton acara kuliner. Tanpa kontrol yang baik, kamu bakal sulit memperoleh kepuasan yang diharapkan.

Itulah kelima alasan kuat mengapa kamu harus punya kemampuan mengontrol diri yang baik. Hidupmu terlalu berharga untuk dibiarkan terombang-ambing begitu saja tanpa kontrol yang jelas. Setuju?

Baca Juga: 5 Sifat Baik yang Jadi Tidak Baik Jika Berlebihan, Harus Kamu Kurangi!

Nita Nurfitria Photo Verified Writer Nita Nurfitria

Moms who spend time at sweet home and happy wife. Thank you for reading :)

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Abigail Putra

Berita Terkini Lainnya