Comscore Tracker

5 Karakter Ini Hanya Melekat pada Orang yang Gak Haus Pujian 

Apa kamu termasuk?

Masih langka rasanya orang yang ikhlas saja melakukan kebaikan. Bersikap biasa saja atas tingginya ilmu dan harta melimpah yang dimiliki. Hatinya plong, tak butuh pujian dan sanjungan dari sana sini. Tak sombong dengan gelar, tak jumawa dengan kemapanan.

Kebanyakan, kita masih sulit memberi tanpa mengharapkan pujian. Kalaupun gak mendapat pujian, minimal kita merasa layak untuk sekadar mendengar ucapan terimakasih dari orang yang kita bantu. Padahal, harapan semacam ini diam-diam membebani, sebab kamu bisa sangat kecewa saat pengorbananmu gak mendapat apresiasi.

Lantas, apa saja sih karakter hidup orang yang gak haus pujian sehingga bisa santai menjalani harinya? Jawabannya ada dalam poin-poin berikut!

1. Merasa gak punya apa-apa sebab semua hanya titipan Tuhan 

5 Karakter Ini Hanya Melekat pada Orang yang Gak Haus Pujian ilustrasi pria melihat jam tangan (Pexels.com/Ono Kosuki)

Orang yang gak haus pujian selalu menyadari bahwa semua keberhasilan yang diraih adalah karunia Tuhan semata. Meski kamu meraihnya dengan kerja keras dan keringat sendiri. Tuhanlah yang memberi jalan kemudahan, sedang manusia hanya mampu berusaha.

Seandainya Tuhan mau, Dia bisa saja menjadikan kita sakit saat mengikuti kompetisi tertentu, sehingga menerima kekalahan. Gelar dan jabatan yang tinggi, harta, keluarga termasuk nyawa kita sendiri, semua hanya titipan. Sewaktu-waktu, Tuhan bisa mengambilnya kembali. Lantas apa yang bisa manusia sombongkan?

2. Berani mengakui kalau ada orang lain yang lebih unggul 

5 Karakter Ini Hanya Melekat pada Orang yang Gak Haus Pujian ilustrasi rekan kerja berjabat tangan (Pexels.com/fauxels)

Ketika ada rekan kerja yang punya kontribusi bagus, kamu gak perlu gengsi untuk mengakui keunggulannya. Orang yang gak haus pujian bakal mudah saja mengapresiasi kelebihan orang lain. Kalau kamu sulit mengakuinya, boleh jadi tanda keangkuhan mulai tertanam di hatimu.

Pribadi yang gak haus pujian juga bakal mudah menerima ilmu dari siapa pun, sebab sifatnya yang selalu membuka diri. Meskipun ilmu itu datang dari orang yang lebih miskin, lebih muda atau tingkat pendidikannya lebih rendah.

Baca Juga: 5 Alasan Kamu Sangat Kesulitan untuk Menerima Pujian dari Orang Lain

3. Gak tergiur untuk dikenal dan dikagumi banyak orang 

5 Karakter Ini Hanya Melekat pada Orang yang Gak Haus Pujian ilustrasi pria berbicara (Pexels.com/cottonbro)

Gak bisa dipungkiri kalau di era digital ini, banyak orang yang mengejar popularitas lewat dunia maya. Sebenarnya sah-sah saja menginginkan naiknya jumlah followers, tapi jangan sampai obsesi ini mengganggu kesehatan mentalmu. Entah itu tenggelam dalam ambisi berlebihan atau terpuruk saat ekspektasi atas perjuanganmu gak sesuai kenyataan.

Bagikan saja apa yang menurutmu bisa bermanfaat buat orang lain di dunia maya. Biasanya, kerja keras yang konsisten gak akan mengkhianati hasil kok! Kamu gak perlu habis-habisan untuk bisa populer dan diakui semua orang. 

4. Gak pernah memandang derajat orang lain lebih rendah 

5 Karakter Ini Hanya Melekat pada Orang yang Gak Haus Pujian ilustrasi tiga pria bersulang(Pexels.com/Elevate)

Seperti karakternya yang gak haus pujian, dia juga gak ingin menilai seseorang berdasarkan derajatnya di dunia. Misal dengan bersikap baik dan hormat pada yang kaya, tapi ketus dan angkuh pada yang miskin. Baginya semua manusia layak diperlakukan dengan baik. 

Untuk apa pujian manusia yang membesarkan nama, kalau di mata Tuhan sikap kita mengundang murka? Kita memang seharusnya gak mengkotak-kotakkan relasi berdasarkan kekayaan duniawi. Berbuat baiklah ke semua orang tanpa pandang bulu.

5. Sadar kalau Tuhan masih menutupi aib diri yang sebenarnya  

5 Karakter Ini Hanya Melekat pada Orang yang Gak Haus Pujian ilustrasi pria beribadah(Pexels.com/Michael Burrows)

Kalau Tuhan membeberkan aib dan dosa-dosa kita, mungkin gak akan ada lagi orang yang mau memuji. Karena itu, sebelum mengharapkan pujian, coba berkaca dulu dan tanyakan dalam hati, 'Apa harus diri yang gak sempurna ini disanjung semua orang?'

Bukan bermaksud 'mengecilkan' atau bikin kamu merasa buruk. Tapi alasan satu ini juga berpengaruh besar dalam mengontrol emosi manusia yang gila popularitas. Orang yang gak haus pujian selalu ingat kalau nama baiknya menyebar karena Tuhan masih menutupi aibnya.

Tetaplah berikan versi terbaikmu ke semua orang, gak peduli mereka memujimu atau tidak. Beginilah karakter orang yang gak haus pujian. Hidupnya sesantai itu!

Baca Juga: 5 Tipe Unik Orang Saat Dapat Pujian, Ada yang Kalem Sampai Salting

Nita Nurfitria Photo Verified Writer Nita Nurfitria

IG 👉 nita.nurfitria

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Arifina Aswati

Berita Terkini Lainnya