Comscore Tracker

5 Cara Cerdas Menyulap Kegagalan Jadi Peluang yang Bikin Kamu Sukses

Karena kegagalan bagian dari kesuksesan

Proses meraih keberhasilan dalam bidang apa pun, gak pernah lepas dari yang namanya trial and error. Kamu bahkan perlu merasakan gagal untuk mengetahui langkah terbaik dalam meraih tujuanmu. Sayangnya, gak semua orang punya mindset yang sama. Sebagian masih menilai bahwa kegagalan adalah akhir dari segalanya.

Untuk itu, kamu perlu mengolah kegagalan menjadi anak tangga yang bakal membawamu ke puncak kesuksesan. Berikut langkah-langkah yang bisa kamu terapkan untuk keluar dari zona putus asa akibat kegagalan.

1. Cari tahu apa saja penyebab yang bikin kamu gagal

5 Cara Cerdas Menyulap Kegagalan Jadi Peluang yang Bikin Kamu Suksesunsplash.com/Freshh Connection

Dari kegagalan sebenarnya kamu belajar banyak hal, salah satunya kamu jadi tahu mana langkahmu yang ternyata kurang tepat. Coba deteksi apa saja kesalahan yang bikin kamu gagal meraih tujuan.

Rasa kecewa dan penyesalan pasti kamu rasakan, itu respon hati yang sangat wajar kok! Hal terpenting untuk dipikirkan setelahnya adalah bagaimana supaya kamu gak gagal lagi di kemudian hari.

2. Dari kegagalan itu, tentukan hal apa saja yang harus kamu lakukan lebih baik di kemudian hari

5 Cara Cerdas Menyulap Kegagalan Jadi Peluang yang Bikin Kamu Suksesunsplash.com/Kaleidico

Di balik sejarah perjuangan hidup orang-orang yang berhasil, faktanya ada serentetan kegagalan yang pernah mereka alami. Bedanya mereka gak berhenti memperbaiki langkah dengan terus menambah wawasan dan memperbanyak praktik.

Kalau kamu sudah tahu kesalahan apa saja yang menghambat tujuan, perbaikilah kekurangan atau sisi kelemahan itu. Jangan pernah tinggalkan arena, sebab orang sukses selalu kembali maju meski gagal berkali-kali.

3. Pikirkan dengan matang strategi apa yang perlu kamu ganti

5 Cara Cerdas Menyulap Kegagalan Jadi Peluang yang Bikin Kamu Suksesunsplash.com/Caleb George

Jangan biarkan kamu terpuruk terus-menerus dalam kegagalan. Dalam praktik hidup orang sukses, mereka hanya menyisihkan 10 persen dari waktunya untuk memikirkan problem, dan menggunakan 90 persen lagi untuk memikirkan solusi.

Saatnya kamu bangkit dari rasa kecewa dan rancang strategi baru yang lebih baik. Pikirkan cara apa lagi yang bisa kamu lakukan untuk meraih impianmu.

Baca Juga: Tak Perlu Takut, Ini 5 Cara Menyampaikan Kegagalan pada Orangtua

4. Tentukan persiapan apa saja yang perlu kamu perbaiki untuk membangun usaha lagi

5 Cara Cerdas Menyulap Kegagalan Jadi Peluang yang Bikin Kamu Suksesunsplash.com/Glenn Carstens-Peters

Perencanaan yang matang bakal menuntunmu siapkan langkah awal yang maksimal. Tapi tetap saja, kamu gak bisa menghindar dari yang namanya kesalahan, meski rencana itu sudah dianggap matang.

Pengalaman adalah guru terbaik. Dari kesalahan itu, kamu bakal tahu persiapan seperti apa yang dibutuhkan untuk meraih tujuanmu. Sikap yang tepat adalah buah dari pembelajaran yang panjang.

5. Buang mental pasrah dan isilah hatimu dengan harapan

5 Cara Cerdas Menyulap Kegagalan Jadi Peluang yang Bikin Kamu Suksesunsplash.com/Product School

Selalu yakin harapan itu masih ada, adalah sikap yang dimiliki oleh orang sukses. Mereka punya daya tahan dari serangan rasa pasrah dan putus asa. Kegagalan masa lalu bisa bikin kamu lebih buruk dan bisa pula bikin langkahmu lebih baik, tergantung pada pilihan sikapmu sendiri.

Pikiran yang kerdil dibikin gak berdaya oleh kegagalan, sedangkan pikiran besar mampu mengubah kegagalan jadi peluang yang bikin kamu sukses.

So, sekarang udah gak takut lagi kan menghadapi fase gagal? Selama gak putus asa menerapkan cara-cara di atas, kamu pasti bisa jadi pemenang.

Baca Juga: 5 Hal yang Membuatmu Sulit Menerima Kegagalan, Saatnya Bangkit!

Nita Nurfitria Photo Verified Writer Nita Nurfitria

Moms who spend time at sweet home and happy wife. Thank you for reading :)

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Merry Wulan

Just For You