Comscore Tracker

5 Dampak Baik Saat Kamu Bisa Menunda Kesenangan Demi Cita-cita 

Mainnya tahan dulu deh sebentar!

Tak ada yang salah dengan rasa senang, akan tetapi mencari kesenangan perlu waktu dan kondisi yang tepat. Semua orang butuh menghibur diri dan bersantai, tapi tidak dengan mengabaikan kewajiban. Misalnya kamu diajak hangout sama teman padahal ada proyek pekerjaan yang harus kamu rampungkan pekan ini. Godaan-godaan semacam inilah yang kerap datang di saat kamu lagi sibuk-sibuknya. Benar, gak?

Tunda dulu yuk, kesenanganmu untuk sementara! Bukan berarti gak boleh ya, tapi inilah beberapa dampak baik saat kamu bisa mendahulukan pencapaian daripada kesenangan. 

1. Punya peluang lebih banyak untuk selalu menuntaskan target

5 Dampak Baik Saat Kamu Bisa Menunda Kesenangan Demi Cita-cita freepik.com/rawpixel.com

Penulis ternama Dewi Lestari atau akrab dipanggil Dee, pernah berbagi pengalaman kalau untuk merampungkan novelnya, ia harus menolak tawaran seminar di beberapa kota. Semua demi target waktu yang sudah ditentukan untuk lahirnya novel baru. Lantas, bagaimana dengan kita? Masih yakin bisa sukses dengan terus menuruti keinginan untuk bersenang-senang?

2. Andal mengatur waktu antara tanggung jawab dan kesenangan

5 Dampak Baik Saat Kamu Bisa Menunda Kesenangan Demi Cita-cita freepik.com/diana.grytsku

Menunda kesenangan sebelum pekerjaan selesai, bakal menempamu jadi sosok yang bertanggung jawab. Tak hanya itu, disiplin soal waktu jadi kebiasaan yang tentunya berdampak baik pada hasil pekerjaanmu. Semua jenis keberhasilan memang butuh pengorbanan, menunda kesenangan adalah salah satunya.

Baca Juga: 5 Tips Menghilangkan Kebiasaan Hedon untuk Kaum Millennials

3. Kamu jadi terlatih menahan diri dari gaya hidup yang berlebihan

5 Dampak Baik Saat Kamu Bisa Menunda Kesenangan Demi Cita-cita freepik.com/cookie_studio

Misalnya kamu punya cita-cita ingin membangun rumah dua tahun lagi. Tapi, keinginan untuk membeli barang-barang mahal dan berkelas, ujung-ujungnya menguras habis tabunganmu. Padahal menunda kesenangan untuk hal yang lebih urgen di masa depan, penting dilakukan. 

4. Komitmen dan etos kerja tinggi bikin kamu mudah meraih kepercayaan

5 Dampak Baik Saat Kamu Bisa Menunda Kesenangan Demi Cita-cita freepik.com/lookstudio

Orang lain akan lebih mudah menaruh rasa percaya kalau kamu punya komitmen yang tinggi dalam bekerja. Komitmen semacam ini hanya bisa didapat kalau kamu bisa menunda kesenangan sebelum rampungnya kewajiban. Dalam dunia kerja, dipercaya oleh atasan bakal membawamu pada karier yang lebih baik.

5. Hasil akhir yang sesuai cita-cita memberimu kesenangan yang sebenarnya

5 Dampak Baik Saat Kamu Bisa Menunda Kesenangan Demi Cita-cita freepik.com/svetlanasokolova

Saat kamu bersantai ria padahal masih ada deadline tugas yang belum kelar, pasti momen santaimu kurang nyaman. Serasa masih ada yang mengganjal dalam pikiran. Berbeda kalau kamu bersenang-senang setelah semua tugasmu rampung. Inilah perasaan senang yang sebenarnya.

Kepuasan maksimal yang kamu rasakan saat berhasil meraih cita-cita, dijamin gak bakal bikin kamu menyesal karena telah berkorban menunda kesenangan. Justru kamu bakal mensyukurinya. Percaya, deh! 

Semoga sukses, ya!

Baca Juga: Supaya Gak Ditentang, Ini 5 Cara Ungkapkan Cita-cita pada Orangtua 

Nita Nurfitria Photo Verified Writer Nita Nurfitria

Moms who spend time at sweet home and happy wife. Thank you for reading :)

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Merry Wulan

Berita Terkini Lainnya