Comscore Tracker

6 Cara Sayangi Bentuk Tubuhmu yang Gak Sempurna, Bukan Aib Kok!

Supaya kamu bahagia menerima diri apa adanya

Peran media sosial saat ini cukup dominan dalam membentuk stigma soal penampilan, khususnya kaum cewek. Banyak yang ingin terlihat "lebih" oke dalam potret yang diunggah, padahal aslinya gak begitu. Lebih jauh lagi, sebagian cewek merasa gak puas terhadap anggota tubuhnya sendiri.

Entah itu hidung yang kurang mancung, kulit yang gelap atau postur yang pendek, dirasa menjadi kekurangan fisik yang perlu dikritik oleh pemiliknya sendiri. Padahal menerima keadaan fisik yang gak sempurna adalah bukti cinta pada diri sendiri. Proses penerimaan ini mungkin gak mudah, tapi kamu bisa mencintai kekurangan diri secara bertahap lewat langkah-langkah berikut.

1. Setiap orang punya sisi keindahan tubuhnya masing-masing

6 Cara Sayangi Bentuk Tubuhmu yang Gak Sempurna, Bukan Aib Kok!unsplash.com/Calvin Uy

Inilah hal pertama yang harus ada dalam pandanganmu. Orang sering bilang kan kalau penampilan menarik itu relatif? Kamu mungkin gak puas dengan bentuk hidungmu, tapi boleh jadi orang lain merasa iri karena bentuk rambutmu yang indah. Pasti ada kok daya tarik spesial yang kamu miliki. Hanya saja, sikapmu yang terlalu fokus pada kekurangan fisik menutupi hal itu.

Terlebih penting, kamu adalah caramu berperilaku dan berwawasan. Itulah yang membuat keindahannya lebih terpancar dan mengesampingkan segala kekurangan fisik yang ada.

2. Lihat sisi positif dari bagian tubuhmu itu, bukan sisi negatifnya

6 Cara Sayangi Bentuk Tubuhmu yang Gak Sempurna, Bukan Aib Kok!unsplash.com/Jessica Felicio

"Mancung yang tertunda", pernah dengar kalimat guyonan ini? Oke, hidungmu mungkin kurang mancung, tapi mau sampai kapan kamu merasa sebal pada bentuk hidung sendiri? Daripada minder dan merasa buruk rupa, lebih baik bersyukurlah atas fungsi hidung yang bisa bikin kamu bernapas lega.

Atau kamu lagi sebal dengan garis-garis halus yang semakin banyak nongol di wajah? Nah, daripada berpikir kamu sudah tua dan jelek, lebih baik berpikirlah kalau kamu sekarang telah menjadi sosok yang lebih kuat dan bijaksana dalam hidup. Kalau mau direnungi, pasti ada kok sisi positif yang bisa kamu temukan dalam kekurangan. 

3. Standar kece gak hanya kulit putih dan tinggi semampai. Yuk, ubah stigma itu!

6 Cara Sayangi Bentuk Tubuhmu yang Gak Sempurna, Bukan Aib Kok!unsplash.com/Priscilla Du Preez

Kulit putih dan tinggi semampai memang menawan. Tapi zaman telah berubah, stereotip umum yang menilai kalau kriteria langsing dan putih adalah tubuh sempurna, tak lagi sepenuhnya benar. Kamu harus belajar lupakan stigma itu dengan cara perluas informasi, karena standar menarik selalu berubah.

Lihat saja model-model di catwalk saat ini, sudah banyak lho peraga fashion terkini dengan model berkulit gelap maupun tubuh berisi. Bahkan brand ambassador untuk produk kosmetik pun, gak lagi diperankan mereka yang berkulit putih. So, stigma soal tubuh yang gak sempurna, lebih baik kamu hapus deh! Setiap orang punya kelebihan dan sisi menarik yang bisa ditonjolkan.

Baca Juga: Tren Fat Freezing, Pembekuan Lemak untuk Bentuk Tubuh Ideal

4. Berhentilah menjadikan bagian tubuhmu sasaran kritikmu yang paling keras

6 Cara Sayangi Bentuk Tubuhmu yang Gak Sempurna, Bukan Aib Kok!unsplash.com/Kinga Cichewicz

Hargailah bentuk fisikmu sebab semua adalah anugerah dari Tuhan. Capek deh kalau kamu terjebak untuk terus mengkritik dengan keras bagian tubuhmu sendiri. Kamu bakal sulit untuk bisa menikmati indahnya hidup.

Rasanya gak mungkin kan kamu mengkritik kekurangan tubuh teman di depannya langsung? Alasannya, takut menyinggung perasaan. Lalu kenapa kamu tega mengkritik keras tubuhmu sendiri? Nah, sekarang perlakukanlah dirimu seperti kamu menghargai orang lain. Hargai pula perasaanmu. 

5. Hilangkan kebiasaan yang bikin kamu merasa inferior

6 Cara Sayangi Bentuk Tubuhmu yang Gak Sempurna, Bukan Aib Kok!unsplash.com/Kinga Cichewicz

Perasaan aku gak se-oke, se-keren, se-hebat dia, adalah perasaan inferior yang perlu kamu kikis dari sekarang. Berhentilah membandingkan diri dengan orang lain. Siapa lagi yang bisa menghargai keunikan bentuk tubuhmu, selain dirimu sendiri? 

Kamu bisa mulai dengan mengurangi sedikit kebiasaan yang bikin kamu semakin inferior. Pantengin selebgram yang punya bodygoals misalnya. Kamu perlu mengimbanginya dengan mengikuti akun para wanita yang gak punya fisik sempurna tapi percaya diri menggunggah fotonya hingga terlihat menarik dengan tampilan apa adanya. Ini jadi pengingat kalau setiap orang punya keindahan masing-masing.

6. Hilangkan obsesi yang jadi beban diri sendiri

6 Cara Sayangi Bentuk Tubuhmu yang Gak Sempurna, Bukan Aib Kok!unsplash.com/Autumn Goodman

Punya obsesi memang perlu kalau jatuhnya jadi motivasi yang positif. Tapi obsesi juga bisa jadi beban saat kamu cenderung emosional. Dalam hal menurunkan berat badan misalnya, kamu terobsesi untuk langsing dengan giat olahraga. Tapi saat timbangan gak berubah atau bahkan malah naik, kamu jadi marah-marah dan kecewa. Inilah obsesi yang membebani.

Kamu hanya perlu berusaha tapi cobalah untuk lebih santai dan bijak menyikapi hasil. Buat daftar olahraga apa saja yang kamu gemari dan gak jadi beban berat. Lakukan semua dengan enjoy. Dengan menikmati olahraga, hasil bentuk tubuh gak bakal terlalu kamu pentingkan lagi.

Yuk, lebih sayangi dan hargai bentuk tubuhmu sendiri! Namun, menyayangi bentuk tubuh sendiri bukan berarti membiarkannya tanpa merawat. Kamu juga harus peduli dengan menjaga kesehatan.

Baca Juga: 8 Gerakan Simpel Bentuk Otot Lengan, Bisa Sambil Lakukan Kegiatan Lain

Nita Nurfitria Photo Verified Writer Nita Nurfitria

Moms who spend time at sweet home and happy wife. Thank you for reading :)

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Merry Wulan

Berita Terkini Lainnya