Comscore Tracker

5 Sikap dalam Berunding yang Bikin Kamu Malah Mendapat Respek Negatif

#IDNTimesLife Lama-lama kamu gak dipercaya lagi

Meyakinkan orang lain saat berunding itu gak mudah, sebab orang bakal menilai hal apa dulu yang dibicarakan dan seperti apa cara penyampaiannya. Hidup kita memang gak pernah lepas dari mengeluarkan dan menerima pendapat. Ke mana pun kamu pergi, kompromi selalu terjadi dalam hal paling sederhana sekalipun.

Entah itu sebagai atasan maupun bawahan, bekerja individu ataupun dalam tim, kamu tetap harus punya attitude dalam berbicara. Namun, masih ada saja yang melakukan beberapa sikap keliru berikut sehingga ia sulit mendapat respek positif. Coba cek, jangan-jangan kamu juga melakukan salah satunya!

1. Semua hal yang dirundingkan selalu tentang "Aku" 

5 Sikap dalam Berunding yang Bikin Kamu Malah Mendapat Respek Negatifpexels.com/RF._.studio

Untuk membuat orang lain yakin, kamu perlu mengesampingkan kenyamanan pribadi. Kalau semua yang dibicarakan selalu berpusat pada keinginanmu dan tujuanmu, orang lain bakal malas dan lelah untuk memberi respek positif. Bahkan, di titik paling parah, mereka bisa merasa gak dihargai.

Dalam berunding, kamu harus belajar mengesampingkan ego. Beri kesempatan orang lain untuk menyampaikan pendapat dan merealisasikan hal yang didukung bersama.

2. Banyak kode-kodean dalam menyampaikan goals

5 Sikap dalam Berunding yang Bikin Kamu Malah Mendapat Respek Negatifpexels.com/fauxels

Dampak buruk yang paling sering terjadi dari ekspektasi gak pasti adalah miskomunikasi. Goals atau tujuan yang gak jelas, ujung-ujungnya seringkali membuat orang saling menyalahkan atas kegagalan yang terjadi.

Kalau kamu memang berperan sebagai penyampai goals, kamu perlu memberikan arahan yang jelas dan ekspektasi yang pasti supaya kedepannya gak menjadi konflik. Pastikan semua orang bisa memahami detail goals yang jadi tujuan.

3. Gak punya integritas yang kuat

5 Sikap dalam Berunding yang Bikin Kamu Malah Mendapat Respek Negatifpexels.com/armin rimoldi

Sebelum menggembar-gemborkan rencana sempurna pada orang lain, tengok dulu sepak terjangmu selama ini. Kalau gak sinkron antara perbuatan dan lisan, sulit rasanya bikin orang lain percaya sama kamu.

Integritas ini memang penting, supaya selalu ada konsistensi antara arahan dengan kerja nyata yang kamu lakukan. Bukan malah saling bertolak belakang. Gak hanya kehilangan respek dan rasa percaya dari orang lain, kalau terus berulang sikap semacam ini bahkan bikin kamu sulit untuk dihargai.

Baca Juga: Gak Perlu Terlalu Tersinggung dengan Sikap Buruk Teman, Ini Alasannya 

4. Gak bisa mengontrol gestur badan karena merasa paling benar

5 Sikap dalam Berunding yang Bikin Kamu Malah Mendapat Respek Negatifpexels.com/Andrea Piacquadio

Gayamu berpendapat juga harus menunjukkan kalau kamu menghargai orang lain. Gak dengan menunjuk atau mengacungkan jari tanganmu ke wajah rekan kerja yang kamu anggap salah argumennya. Attitude berbicara harus selaras dengan gesturnya juga. 

Ketika kamu bersikap gak sopan karena merasa paling pintar, orang lain mungkin akan mengiyakan gagasanmu, tapi hati mereka gak respek pada kepribadianmu. 

5. Menyerang lawan bicara secara personal

5 Sikap dalam Berunding yang Bikin Kamu Malah Mendapat Respek Negatifpexels.com/fauxels

Kadang argumen dari orang dengan gelar rendah atau minim pengalaman, kurang didengar dan dihargai. Tapi dalam attitude berbicara, dalih tersebut jangan sampai bikin kamu menyerang privasi lawan. Kamu boleh menjatuhkan pendapatnya tapi bukan orangnya. 

Merundingkan hal-hal urgen memang butuh keseriusan, tapi yang namanya kontra argumen bakal selalu ada. Karena itu, contoh sikap kurang baik di atas perlu kamu hindari deh! Gak mau kan kalau pendapatmu direspon dengan respek negatif?

Baca Juga: Buang 5 Sikap Buruk Ini agar Kamu Jadi Orang yang Pemaaf

Nita Nurfitria Photo Verified Writer Nita Nurfitria

IG 👉 nita.nurfitria

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Abigail Putra

Berita Terkini Lainnya