Comscore Tracker

Jawab 5 Pertanyaan Ini Saat Kamu Tertekan Standar Hidup Orang Lain

Milikilah standar bahagiamu sendiri

Memiliki standar hidup sendiri gak semudah yang dibayangkan, sebab tuntutan sekitar untuk memaksakan standar hidup versi mereka seringkali menggoda. Bahkan seseorang bisa sampai merasa tertekan saat gak mampu menyamai standar hidup orang lain yang dilihatnya lebih bahagia.

Padahal menjadi diri sendiri adalah syarat untuk bisa menciptakan standar kebahagiaan sendiri. Kalau kamu merasa tertekan oleh standar hidup orang lain, coba kamu tanyakan beberapa pertanyaan berikut! Semoga kamu menemukan jawabannya, ya.

1. Apa kamu yakin bisa lebih bahagia mengikuti standar itu?

Jawab 5 Pertanyaan Ini Saat Kamu Tertekan Standar Hidup Orang Lainunsplash.com/zoe deal

Rasa bahagia adalah tujuan hidup yang kita cari. Biarpun standar bahagia menurut lingkungan adalah menikah di usia 20-an misalnya, tapi kalau kamu lebih bahagia menggapai dulu target studi dan mimpi-mimpimu, yakinlah pada pencapaian itu.

Kamu harus membangun standar bahagiamu sendiri tanpa perlu merasa tertekan. Untuk apa mengikuti standar hidup orang lain kalau kamu gak bahagia?

2. Apa standar itu sudah sesuai sama prinsip hidup kamu?

Jawab 5 Pertanyaan Ini Saat Kamu Tertekan Standar Hidup Orang LainPexels.com/Elle Hughes

Prinsip hidup seseorang gak selalu sama. Ada yang gemar mengoleksi pernak-pernik unik untuk dekorasi rumah, ada juga yang ingin hidup minimalis dengan meminimalkan jumlah benda di rumah. Jadi pikir ulang sebelum kamu tergoda standar hidup orang lain yang mungkin terlihat bahagia. Untuk apa meniru “cara” mereka kalau kamu punya prinsip hidup yang terasa nyaman?

Baca Juga: 5 Cara Mengatur Standar Hidup Agar Tidak Melebihi Batas Kemampuanmu

3. Coba pikir lagi, standar hidup itu punya tolok ukur dari mana?

Jawab 5 Pertanyaan Ini Saat Kamu Tertekan Standar Hidup Orang Lainunsplash.com/becca tapert

Melihat potret gembira orang lain saat travelling ke luar negeri, bisa bikin kita ingin meniru “gaya” mereka. Pada kasus ini, seseorang yang minim finansial bahkan bisa merasa sedih dan menganggap hidup gak adil.

Padahal standar hidup juga harus dilihat tolok ukurnya. Ada yang merasa perlu traveling setiap minggu, ada pula yang menundanya untuk mengalokasikan dana pada kebutuhan mendesak lainnya. Kamu gak bisa memaksakan sesuatu yang tolok ukurnya berbeda dengan kebutuhanmu.

4. Apa kamu perlu banget mengikuti standar itu?

Jawab 5 Pertanyaan Ini Saat Kamu Tertekan Standar Hidup Orang Lainunsplash.com/kitera dent

Saat kamu berada di lingkungan teman-teman yang punya baju, tas dan sepatu bermerek ternama, kamu mungkin merasa harus menyesuaikan gaya yang belum bisa seperti mereka. Tapi apa kamu gak bisa jadi diri sendiri dan berharga dengan kelebihan yang kamu punya? Boleh jadi teman-temanmu lebih terbantu dengan kepintaran dan kebaikanmu yang apa adanya.

5. Kamu tahu gak siapa sebenarnya yang bikin standar itu?

Jawab 5 Pertanyaan Ini Saat Kamu Tertekan Standar Hidup Orang Lainunsplash.com/chang duong

Kalau kamu masih merasa tertekan dengan tuntutan standar hidup orang lain, coba kamu renungi lagi siapa sebenarnya yang menciptakan standar itu? Apakah dia punya pemikiran dan target hidup yang sama denganmu? Bagaimana dengan prinsip hidup yang dia pegang? Jangankan orang lain, keluarga sendiri pun kadang berbeda pandangan. Pikir ulang, apa kamu perlu meniru standar itu darinya?

Sejatinya, standar hidup yang dianut oleh banyak orang gak wajib kamu ikuti kalau memang bertentangan dengan prinsip hidupmu, karena versi bahagia setiap orang itu berbeda. Semoga kelima pertanyaan di atas bisa membantumu menemukan versi standar hidup sesuai apa adanya kamu, ya!

Baca Juga: 5 Hal yang Tanpa Disadari Membuat Motivasi Hidupmu Hilang

Nita Nurfitria Photo Verified Writer Nita Nurfitria

Moms who spend time at sweet home and happy wife. Thank you for reading :)

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Arifina Aswati

Berita Terkini Lainnya