Comscore Tracker

5 Trik ketika Kamu Ingat Wajah Teman Lama tapi Lupa Nama, Anti Malu!

#IDNTimesLife Biar dia gak kecewa banget

Ingat wajah seseorang tapi lupa nama karena jarang interaksi, sebenarnya wajar banget. Bagian otak kita yang disebut fusiform face area, punya kemampuan khusus mengingat wajah secara visual. Inilah yang membuat otak lebih mengingat wajah ketimbang nama.

Misalnya dalam acara reuni SMA, kamu mungkin hanya mengingat sedikit nama teman lama. Bisa juga kamu ingat namanya tapi masih salah, seperti ‘Marni’ malah jadi ‘Mirna’. Rasanya tuh gak enak banget ke orangnya. Kita sendiri juga malu dibilang pelupa.

Nah, beberapa trik berikut bisa kamu coba kalau ketemu teman lama tapi lupa nama. Lumayan berhasil untuk gak bikin kamu malu dan temanmu kecewa.

1. Coba tanya apa nama akun sosial medianya  

5 Trik ketika Kamu Ingat Wajah Teman Lama tapi Lupa Nama, Anti Malu!ilustrasi perempuan kota ngobrol akrab (Pexels.com/Tim Douglas)

Sosial media sekarang ini sebenarnya dengan mudah bisa menghubungkan kamu dengan grup teman alumni sekolah atau almamater. Tapi gak semua teman lama aktif di sosial media dan terkoneksi dengan grup alumni. Wajar banget kalau kamu lupa nama mereka satu per satu.

Sambil basa-basi tanya kabar, kamu yang lupa nama teman bisa tanya langsung apa nama akun sosial medianya. Bilang aja, kamu pengen terhubung biar bisa nyapa dia lagi sewaktu-waktu.

2. Pura-pura tanya nama lengkap 

5 Trik ketika Kamu Ingat Wajah Teman Lama tapi Lupa Nama, Anti Malu!ilustrasi dua pria ngobrol akrab (Pexels.com/Armin Rimoldi)

Trik satu ini memang mengharuskan kamu tanya dulu namanya. Misal, “Eh siapa nama kamu?” Setelah dia menjawab nama panggilannya, kamu buru-buru stop terus timpal, “Bukan, maksud aku tuh nama lengkap kamu!”

Cara ini sebenarnya bertujuan mengalihkan perasaan teman. Maksudnya, supaya dia gak menyangka kalau kamu beneran lupa namanya.

3. Kalau lagi rame-rame, coba kenalin ke temen 

5 Trik ketika Kamu Ingat Wajah Teman Lama tapi Lupa Nama, Anti Malu!ilustrasi sekumpulan anak muda di studio (Pexels.com/Matheus Bertelli)

Kalau kamu ketemu teman lama pas lagi jalan rame sama teman, kamu beruntung! Untuk tahu nama dia siapa, langsung aja deh kenalin dia ke temanmu setelah kalian saling sapa.

Nah, saat mereka bertukar nama masing-masing, kamu dengerin deh siapa namanya. Gampang banget, kan? Gak perlu worry dibilang pelupa!

Baca Juga: 5 Hal Ini Dapat Membantu Meningkatkan Daya Ingat bagi Pelupa

4. Kalau temanmu udah sok akrab, dibikin humor aja! 

5 Trik ketika Kamu Ingat Wajah Teman Lama tapi Lupa Nama, Anti Malu!ilustrasi dua perempuan berjalan tertawa (Pexels.com/Zen Chung)

Buat kamu yang terkenal suka ngelucu sejak zaman dulu, trik ini paling cocok untuk dipraktikkan. Apalagi kalau teman lamamu itu juga sok akrab. Jangan salah, lupa nama teman juga bisa dibikin humor biar kamu gak malu banget.

Misalnya nih,

“Eh, Mirna kan? Gimana kabarnya?”

“Mirna? Siapa tuh?”

“Lho kok, kamu dipanggil Mirna, kan?”

“Idih sejak kapan woy, aku Ratna tahu!”

“Oh udah berubah ternyata, hahahaaa… Okelah Ratna!”

5. Jujur dengan alasan wajahnya yang sekarang makin cakep 

5 Trik ketika Kamu Ingat Wajah Teman Lama tapi Lupa Nama, Anti Malu!ilustrasi dua perempuan dalam perjalanan (Pexels.com/Ketut Subiyanto)

Kalau kamu gak punya bakat berpura-pura, lebih baik pilih cara aman yaitu dengan berkata jujur. Supaya teman lamamu gak kecewa banget, jangan lupa bilang maaf. Lebih bagus lagi kalau kamu puji dia supaya hatinya senang.

Misalnya, “Aduh…maaf banget, siapa ya namanya? Aku beneran lupa!” Saat dia sebut nama, kamu langsung puji dia. “Oh Rindi? Ya ampun.. gak nyangka sekarang kamu cantik banget sampai bikin pangling!” Dijamin deh kecewanya langsung sirna.

Lupa itu memang manusiawi, tapi kalau masih ada trik untuk bikin keadaan lebih baik, kenapa gak dicoba? Kamu jadi gak malu dan teman lamamu juga gak kecewa. Setuju?

Baca Juga: 6 Zodiak yang Terkenal Pelupa dan Punya Daya Ingat Terlemah 

Nita Nurfitria Photo Verified Writer Nita Nurfitria

Hai !

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Abigail Putra

Berita Terkini Lainnya