Comscore Tracker

5 Alasan Logis Kenapa Anak Muda Rentan Terkena Depresi Sejak Dini

Perlu dibenahi nih!

Generasi muda digadang - gadang akan mengalami masa transisi dimana perubahan teknologi berkembang pesat dan akan berbeda jauh dengan generasi sebelumnya, tak heran jika saat ini banyak sekali anak muda yang terus berkarya untuk menujukkan bahwa mereka mampu untuk itu.

Di sisi lain beberapa orang tak sadar akan bahaya mendidik seorang anak dan dapat mengalami perubahan pada dirinya, hal ini akan menyebabkan masalah mental dan mematikan kreativitas generasi muda untuk terus berkembang dalam minatnya masing - masing.

Berikut lima alasan logis kenapa anak muda rentan terkena depresi sejak dini, seperti apa?

1. Tuntutan orangtua

5 Alasan Logis Kenapa Anak Muda Rentan Terkena Depresi Sejak Diniunsplash.com/Bewakoof.com Official

Setiap orangtua memiliki hak untuk mendidk anak sesuai dengan ilmu parenting yang ada, namun tak semua orang dapat mengimbangi apa yang anak mampu pahami untuk berekspresi dan mengungkapkan apa yang mereka inginkan.

Tak heran jika generasi muda saat ini rentan terkena dampak psikologi pada dirinya secara tak sadar karena pola didik orangtua yang salah, meski begitu latihlah mental dan perkembangan dirimu untuk saat ini agar tak kaget melihat kenyataan yang selalu bertolakbelakang dengan keinginanmu saat ini.

2. Merasa insecure

5 Alasan Logis Kenapa Anak Muda Rentan Terkena Depresi Sejak Diniunsplash.com/Brooke Cagle

Selalu membanding - bandingkan diri sendiri dan merasa lebih baik dalam hal apa pun menjadi salah satu sifat toksik yang harus kamu hilangkan, karena hal ini akan memicu pikiranmu untuk selalu sempurna di setiap keadaan.

Dirimu akan sempurna tanpa harus dibanding - bandingkan dengan orang lain, apa adanya dirimu membuktikan bahwa kamu mampu menunjukkan perkembanganmu tanpa memamerkan kemampuanmu kepada setiap orang.

3. Tak dapat memenuhi ekspetasi

5 Alasan Logis Kenapa Anak Muda Rentan Terkena Depresi Sejak Diniunsplash.com/Amos Bar-Zeev

Kenyataan yang selalu bertolak belakang dengan harapan menjadi salah satu faktor utama dirimu menghadapi kekecewaan yang mendalam, kehidupan akan berubah jika dirimu bertekad untuk menghadapi kenyataan dengan berubah dan menerima keadaan.

Untuk itu didikan orangtua saat ini merupakan hal yang penting bagi generasi muda untuk terus berjuang menghadapi kehidupan yang semakin sulit, meski tak harus selalu hebat namun dirimu harus selalu tabah dan berjuang menghadapi apa yang menjadi jalan hidupmu saat ini.

Baca Juga: Agar Stres Tak Berujung Depresi, Ini 5 Tips Tingkatkan Hormon Bahagia

4. Gaya hidup hedon

5 Alasan Logis Kenapa Anak Muda Rentan Terkena Depresi Sejak Diniunsplash.com/Marvin Meyer

Gaya hidup juga dapat menjadi kelebihan dan kekuranganmu untuk selalu berhemat dan memanfaakan pemasukan dengan baik, tak semua orang dapat menjadi dirinya sendiri untuk mempertahankan gaya hidup.

Beberapa orang harus rela kehilangan apa yang menjadi prinsipnya dan berkehidupan mewah meski tak berpenghasilan cukup, jangan lengah meski dirimu sedang kritis. Keluarga dan teman terdekatmu akan mendukungmu di berbagai keadaan meski harus berkorban lebih.

5. Memaksakan diri dalam berbagai hal

5 Alasan Logis Kenapa Anak Muda Rentan Terkena Depresi Sejak Diniunsplash.com/Atlas Green

Dirimu terkadang butuh waktu untuk terus bertahan di berbagai keadaan yang memaksamu untuk terus hidup, setiap orang memiliki kehidupan yang berbeda dan bukan patokan untuk bahagia dan mencari sesuatu yang tak pasti.

Kehidupanmu harus berubah seiring berkembangnya dirimu saat ini, masa muda ialah masa seseorang dapat terus mengasah dirinya agar lebih berguna dan menjadi panutan sehingga menciptakan sesuatu yang berbeda dari sebelumnya.

Untuk itu dukunglah dirimu dan jadikan oranglain sebagai tolak ukur dirimu untuk terus terasah, hidupmu harus terus berjalan meski masalah terus menghadang dan tetap berprinsip kuat meski sulit untuk bertahan.

Baca Juga: 5 Tanda Depresi Semakin Parah dan Perlu Ditangani, Jangan Remehkan!

Noer Suhasbi Photo Verified Writer Noer Suhasbi

Sedang mengetik...

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Agustin Fatimah

Berita Terkini Lainnya