Comscore Tracker

5 Cara Menyikapi Inner Child yang Terluka Saat Dewasa

Jalani apa yang seharusnya kau lewati  

Kesalahan di masa lalu akan menjadi luka batin yang disebabkan oleh keinginan atau gagasan yang bertentangan dengan dirimu sendiri sehingga mempengaruhi sikapmu, dalam hal ini kamu perlu memahaminya agar tidak berdampak buruk bagi orang lain. Banyak situasi dimana kamu harus melewati berbagai hal yang sangat mengejutkan.

Sangat sedikit sekali yang sadar bahwa masalah psikologis merupakan hal yang sangat krusial bagi kehidupan, oleh karena itu kamu perlu tahu bahwa luka batin ini dapat menyebabkan frustasi yang berkepanjangan jika tidak segera terobati.

Dirimu perlu berbenah agar dapat mengobati trauma yang ada, berikut cara mengatasi tekanan batin yang kamu alami.

1. Memahami keinginan diri 

5 Cara Menyikapi Inner Child yang Terluka Saat Dewasapexels.com/Jercy Rhea Senecio

Dalam hal ini penting bagi dirimu untuk terus memahami kondisi agar dapat mengendalikan emosi maupun perbuatan yang akan merugikan dirimu sendiri.

Ketakutan dan keraguan hanya akan menghambatmu untuk terus melangkah, untuk itu ciptakan zona nyamanmu dalam ketidaknyamanan agar dirimu terbiasa melewatinya.

Jika kamu dapat mengenali dirimu dengan baik maka semua akan terasa mudah tuk dijalani sendiri.

2. Bertahan di berbagai situasi yang sulit 

5 Cara Menyikapi Inner Child yang Terluka Saat Dewasapexels.com/Tim Mossholder

Apa yang telah kamu lewati saat ini ialah jalan menuju kesuksesanmu kelak, kamu hanya perlu mengontrol diri untuk selalu memahami segala situasi.

Hal ini akan membuatmu lebih kuat dan dewasa dalam menghadapi keadaan sesulit apapun, terkadang dirimu harus berani melangkah lebih dari hal yang membuatmu merasa cukup.

Keadaan yang tak memungkinkan membuat dirimu harus terus kuat tuk bertahan dalam kehidupan.

3. Mengubah sudut pandangmu dalam berbagai hal 

5 Cara Menyikapi Inner Child yang Terluka Saat Dewasapexels.com/freestocks.org

Dengan cara pandangmu yang positif kamu akan selalu siap menghadapi kehidupan yang semakin sulit. Daripada terus mengeluh dengan apa yang kamu alami, kamu dapat melakukan banyak hal positif agar dirimu menjadi lebih baik.

Untuk itu selalu lakukan yang terbaik sampai kamu tahu bahwa ada yang lebih baik lagi, siapapun dirimu sekarang tak ada kata terlambat untuk menjadi lebih berarti.

Baca Juga: 5 Perilaku Toxic di Hubungan yang Bisa Bikin Trauma Berkepanjangan

4. Mensyukuri hal yang telah dilewati

5 Cara Menyikapi Inner Child yang Terluka Saat Dewasapexels.com/Hadi Slash

Hidup memang tak selalu hebat dan menakjubkan, tetapi kamu dapat membuatnya utuh dengan senantiasa bersyukur.

Hal ini akan membuatmu terhindar dari tekanan batin yang berkepanjangan dan membuatmu bahagia dengan bersyukur dan mendekatkan diri kepada Tuhan.

Perjalanan yang kamu tempuh masih panjang, jika kamu percaya pada dirimu sendiri maka tak akan ada yang bisa menghentikan dirimu untuk terus melangkah.

5. Ciptakan pembatas antara dirimu dengan orang toxic

5 Cara Menyikapi Inner Child yang Terluka Saat Dewasapexels.com/Mary Taylor

Disaat semua masalah kehidupan datang, kamu hanya perlu belajar dari semua kenyataan yang kau hadapi. Karena kebahagiaanmu tidak ditentukan oleh orang lain, melainkan oleh dirimu yang selalu berusaha menghadapi itu semua dengan usaha dan kerja kerasmu.

Ciptakan dinding pembatas antara dirimu dengan seseorang yang akan membuatmu terpuruk, dirimu hanya butuh dukungan untuk terus hidup dengan tenang.

Jangan pernah berhenti melakukan hal baik meski dirimu tak mendapat pengakuan, karena hidup ini ialah perjalanan yang harus kamu tempuh sebagai tujuan untuk meraih impianmu dan menemukan makna kehidupan yang belum kamu ketahui.

Kehidupan tak pernah berhenti menguji, dirimulah yang harus kuat melewati rintangan yang ada. Meski tak selalu mulus namun ada hikmah dalam setiap perjalanan yang kamu lewati, ketidakpastian dalam hidup membuatmu mengerti hal yang tak seharusnya membebanimu.

Baca Juga: 5 Tips Sederhana Redakan Trauma Percintaan, Gak Bikin Stress!

Noer Suhasbi Photo Verified Writer Noer Suhasbi

Sedang mengetik...

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Novaya

Berita Terkini Lainnya