Comscore Tracker

5 Cara agar Tak Jadi Korban Gaslighting, Selektif Pilih Teman

Selektif pertemanan dan membatasi diri gak ada salahnya, kok

Gaslighting merupakan manipulasi dalam hubungan yang tidak sehat, tindakan psikologis yang merusak hubungan internal ini menjadi salah satu pemicu dirimu menjadi lemah dan tidak percaya diri.

Beberapa orang memiliki perilaku yang membuatmu merasa bersalah dan bertindak semaunya, agar dirimu meragukan perasaanmu sendiri, serta mengalami kecemasan berlebih.

Melansir laman Metro, tujuan gaslighting sendiri ialah membuat korban merusak penilaian diri mereka, sehingga korban terlalu bergantung pada pelaku. Namun kamu dapat menerapkan lima hal ini agar tidak menjadi korban gaslighting. Dicoba, ya!

1. Selektif bersosialisasi

5 Cara agar Tak Jadi Korban Gaslighting, Selektif Pilih Temanilustrasi selektif dalam berteman (unsplash.com/Priscilla Du Preez)

Mencari relasi dalam lingkup apapun, tentunya dibutuhkan komunikasi yang intens agar lawan bicara selalu tertarik padamu. Namun terkadang, kamu perlu cukup selektif untuk membatasi dirimu dari hal-hal pribadi yang tentunya perlu kamu lindungi.

Dalam setiap lingkup pergaulan, kamu perlu memilih mana yang baik dan buruk, agar terhindar dari perilaku gaslighting yang merugikan. hati-hati dan jangan terlalu ceroboh dalam bertindak, karena semua tergantung pada dirimu dalam menyikapi hal tersebut.

2. Jaga jarak saat berinteraksi atau buat batasan

5 Cara agar Tak Jadi Korban Gaslighting, Selektif Pilih Temanilustrasi menjaga jarak (unsplash.com/Bewakoof.com Official)

Menjaga jarak saat berinteraksi merupakan hal yang wajar, lho. Karena jika kamu terlalu dekat atau intens dengan lawan bicaramu, kamu akan terjebak dan tak sadar akan hal-hal yang baru saja kamu bicarakan. 

Dengan membuat batasan, kamu jadi tahu mana yang tidak perlu kamu katakan pada orang lain, dan mana yang perlu kamu simpan sendiri. Agar apa? Ya, agar orang lain tidak menyalah gunakan hal tersebut menjadi bahan gosip atau bahan manipulasinya ketika berbicara dengan orang lain. 

3. Tetapkan standar pada dirimu

5 Cara agar Tak Jadi Korban Gaslighting, Selektif Pilih Temanilustrasi menetapkan standar pada diri sendiri (unsplash.com/Omar Lopez)

Setiap orang memiliki standar dalam dirinya sendiri untuk membatasi interaksi, maupun hal-hal yang eksternal yang membahayakan dan terus menjaga mental agar selalu sehat dan optimis di segala keadaan.

Karena standar dalam diri seseorang merupakan hal penting untuk kamu terapkan, agar terhindar dari segala hal negatif. Meskipun butuh waktu untuk memulihkan setiap luka, kamu perlu berusaha bangkit untuk meningkatkan kualitas dirimu.

Baca Juga: 6 Ciri Pasangan Melakukan Gaslighting, Manipulasi Pikiran yang Bahaya

4. Jangan mudah terpengaruh

5 Cara agar Tak Jadi Korban Gaslighting, Selektif Pilih Temanilustrasi tidak mudah terpengaruh (unsplash.com/Kari Shea)

Lingkungan pertemanan yang luas, terkadang menjadi penyebab dirimu mudah terkena gaslighting dan menjadikan mentalmu lemah. Untuk itu, kamu perlu menerapkan batasan dalam lingkungan pertemanan agar dirimu dapat mengenali apa penyebab luka yang kamu alami selama ini. Jangan mudah terpengaruh atas bujukan apapun, karena yang mengerti dirimu adalah kamu sendiri!

Kehidupanmu jauh lebih penting dan berharga jika dirimu dapat mengontrol diri untuk hal-hal yang penting dan tak penting bagi masa depanmu. Karena hidup selalu berubah dan dirimu harus terus berkembang agar tak monoton dalam menjalani keadaan.

5. Bentengi diri dengan mindset yang kuat

5 Cara agar Tak Jadi Korban Gaslighting, Selektif Pilih Temanilustrasi mindset yang kuat (unsplash.com/Nathan Dumlao)

Mindset yang kuat membentengi dirimu dari hal negatif yang akan merusakmu di masa depan, meski tak mudah, kamu perlu belajar dari setiap keadaan dan menetapkan tujuan agar segalanya tercapai.

Hanya perlu mengarahkan dirimu dan memahami diri di setiap keadaan, kamu akan belajar dan berubah menjadi lebih baik. Jadilah anak muda yang tegas dan berprinsip kuat, agar orang-orang memiliki rasa segan kepadamu.

Untuk itu kamu perlu memahami bahwa lingkungan pertemanan yang luas bisa menjadi baik dan buruk bagi dirimu sendiri. Mulailah selektif dan memilih teman atau pasangan yang membawa dampak baik bagimu, agar kamu pun dapat meningkatkan kualitas dirimu.

Baca Juga: 5 Tanda Kamu Alami Gaslighting di Hidup, Gak Cuma Soal Cinta

Noer Suhasbi Photo Verified Writer Noer Suhasbi

Sedang mengetik...

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Debby Utomo

Berita Terkini Lainnya