Comscore Tracker

5 Cara Menjaga Keseimbangan dalam Kehidupan Minimalis, Coba Yuk!

Hidupmu butuh perubahan!

Kehidupan yang serba sederhana terkadang membuat dirimu tak cukup dengan apa yang ada, selalu ingin menambah banyak barang dan gaya hidup mewah agar dapat terlihat keren di mata semua orang. Pemborosan ialah faktor utama menghabiskan banyak waktu dan tenaga untuk membeli sesuatu yang kamu inginkan, sehingga melupakan kebutuhan utama.

Tak lepas dari nafsu untuk memenuhi keinginanmu, apa yang kamu punya tidak mendatangkan kebahagiaan namun dirimu termakan gengsi tentang semua keinginanmu itu. Minimalis bukan hanya sekadar menghilangkan banyak barang, tetapi juga menghilangkan sifat gengsi terhadap diri sendiri. Untuk itu temukanlah apa yang menjadi kebahagiaanmu saat ini, karena dirimu butuh bahagia untuk menjalani kehidupan yang tak sempurna.

1. Membersikan semua barang yang tak perlu

5 Cara Menjaga Keseimbangan dalam Kehidupan Minimalis, Coba Yuk!pexels.com/bongkarn thanyakij

Memulai kehidupan minimalis tidaklah mudah, kamu harus berpisah dengan barang yang selama ini kamu simpan dengan rapi. Tanpa sadar barang yang banyak mengendalikan dirimu perlahan, menata dan membereskan barang yang menumpuk ialah hal yang menguras tenaga. Dengan membuang barang yang tak perlu kamu akan merasa lega dan tenang karena tak perlu mengurus semua barang yang membutuhkan banyak ruang.

2. Meminimalisir pengeluaran

5 Cara Menjaga Keseimbangan dalam Kehidupan Minimalis, Coba Yuk!pexels.com/Vlada Karpovich

Mengatur pengeluaran ialah cara agar dirimu tak boros dalam menggunakan keuangan, begitu juga dengan pemasukan. Kamu harus dapat membagi, mana yang digunakan untuk kebutuhan utama dan sisanya untuk yang lainnya. Jika dirimu dapat menggunakan keuangan dengan bijak, kamu akan tahu bahwa kehidupan ini bukan segalanya tentang uang. Namun semua butuh uang untuk kebutuhan hidup, untuk itu manfaatkan dan berhematlah sebaik mungkin agar dapat menjaga keseimbangan dalam mengatur keuangan.

Baca Juga: 5 Tips Belajar Hidup Minimalis agar Kantong Tak Cepat Menipis 

3. Menyederhanakan pola pikir 

5 Cara Menjaga Keseimbangan dalam Kehidupan Minimalis, Coba Yuk!pexels.com/Artem Beliaikin

Fungsi hidup minimalis ialah kehidupan yang sederhana dan tenang tanpa sibuk mencari kesan, karena minimalis setiap orang berbeda - beda. Pola pikir yang akan mengubah kehidupanmu menjadi seorang minimalis sejati, untuk itu kebahagiaan dalam dirimu bukan hanya tentang harta melainkan berapa banyak kamu bersyukur atas apa yang tuhan berikan padamu saat ini. Dari kesalahan kamu belajar memahami keadaan yang membuatmu berpikir untuk menentukan pilihan yang tepat.

4. Memantapkan tekad untuk berkehidupan apa adanya

5 Cara Menjaga Keseimbangan dalam Kehidupan Minimalis, Coba Yuk!pexels.com/Maksim Goncharenok

Nilai dalam kehidupanmu tidak ditentukan dengan seberapa banyak barang yang kamu punya, melainkan kualitas dirimu untuk terus berkembang dengan tekad dan pola pikir yang ada. Perubahan besar yang ada setelah dirimu bertekad menjadi minimalis akan terlihat, kamu akan lebih lega dengan sedikit barang dan tak risau memikirkan gaya hidup yang mewah. Tak perlu membandingkan kehidupanmu dengan yang lain, karena nilai dirimu tercermin dalam perilaku dan prinsip yang kamu miliki.

5. Membuat kenyamanan dalam ketidaknyamanan

5 Cara Menjaga Keseimbangan dalam Kehidupan Minimalis, Coba Yuk!pexels.com/Elle Hughes

Dalam zona nyaman keterikatan diri dengan lingkungan memanglah kuat, namun hal itulah yang akan menghambatmu untuk terus berkembang. Keluarlah dari zona nyaman dan lihat perkembangan dirimu perlahan, banyak sekali hal yang belum kamu ketahui di luar. Menerima kebebasan dalam diri dan kekurangan yang ada membuat dirimu mengerti arti menghargai diri sendiri.

Menjadi minimalis juga membutuhkan proses, dengan mengurangi beban barang yang ada perasaan lega dan kebebasan ruang bergerak pun semakin luas. Waktumu terbatas, jangan menyia - nyiakan hidup menjadi orang lain. Karena minimalis memberimu kebebasan yang membuatmu bebas bereskpresi tanpa sibuk memikirkan tanggungan, tindakan dan tekad yang ada dalam dirimu menjadi tolak ukur untuk mengubah cara pandangmu terhadap kehidupan.

Baca Juga: 5 Tips Memulai Hidup Minimalis, Biar Gak Gampang Stres

Noer Suhasbi Photo Writer Noer Suhasbi

yourlife keep strong!

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Merry Wulan

Berita Terkini Lainnya