Comscore Tracker

Baru Mulai Gaya Hidup Minimalis? 5 YouTuber Ini Cocok Jadi Panutan!

3 di antaranya YouTuber Indonesia, lho

Tidak jauh berbeda dengan namanya, gaya hidup minimalis dapat dimaknai sebagai lawan kata dari konsumerisme. Praktiknya adalah menyederhanakan hidup dengan mengurangi jumlah barang atau harta kepemilikan secukupnya saja, sehingga tidak menimbun banyak barang yang tidak diperlukan. 

Gaya hidup minimalis sempat menjadi tren di Indonesia dan masih berkembang hingga saat ini. Bahkan, banyak bermunculan influencer dan YouTuber lokal yang mulai membahas tentang minimalisme. Kalau kamu ingin menerapkan gaya hidup ini tapi bingung untuk memulai, yuk simak 5 youtuber minimalisme yang dapat memandu kamu menerapkan gaya hidup minimalis!

1. Marie Kondo mengajarkan cara melipat pakaian dengan benar

https://www.youtube.com/embed/FipZIrwtADg

Lewat karyanya yang terkenal dan menjadi #1 New York Best Seller yaitu The Life Changing Magic of Tidying Up, Marie Kondo memperkenalkan metode berbenah Konmari  yang pada akhirnya dipraktikan oleh banyak orang di seluruh dunia. Metode Konmari dapat mengubah kebiasaan orang yang identik dengan berantakan menjadi lebih teratur karena menggunakan metode yang efektif.

Para penganut gaya hidup minimalis pasti tidak asing dengan metode ini karena mereka dapat menyusun barang-barang mereka menjadi lebih rapi dan sederhana. Cpba deh mulai pratikkan dengan menata ulang isi lemari pakaianmu.

2. Heal Your Living, youtuber extreme minimalist dan seorang digital nomad

https://www.youtube.com/embed/t-2waX2h0KM

Pengelola kanal youtube Heal Your Living memiliki nama panggilan Youheum, seorang perempuan Asia yang suka berpergian. Youheum mengajarkan kita bagaimana untuk memaknai sesuatu dengan kesadaran penuh mulai dari berhenti berbelanja secara impulsif dan makan dengan tidak bijak hanya untuk kepuasan emosi.

3. Fany Sebayang, seorang minimalis yang memiliki positive vibes

https://www.youtube.com/embed/yIZS_q7hLIU

Sifatnya yang murah senyum menjadi daya tarik seorang Fany Sebayang. Dia membagikan ilmu tentang minimalis dengan positive vibes-nya itu, membuat subscriber-nya betah berlama-lama menonton videonya. Selain minimalis, Fany juga membangun kesadaran kita untuk berinvestasi dan peduli dengan lingkungan.

Baca Juga: 7 Kebiasaan Minimalis yang Bakal Bikin Ketagihan, Ubah Gaya Hidup Yuk!

4. Maurilla Sophianti Imron, seorang penganut gaya hidup minimalis yang tinggal di Eropa

https://www.youtube.com/embed/GXXKJiWUEPc

Sudah berkeluarga dan memiliki anak bukan halangan untuk menerapkan gaya hidup minimalis. Justru, menerapkan gaya hidup ini di kehidupan keluarga lebih mudah karena dilakukannya bersama-sama.

Maurilla, yang sering disapa Muriel adalah salah satu minimalis asal Indonesia yang mengajak kalian untuk berproses dalam hidup dalam hal minimalis, zerowaste, dan pengembangan diri. Oh ya, Muriel juga suka travelling lho!

5. Mantan shopaholic, Michelle Sukendro

https://www.youtube.com/embed/X8PlBlaDV-M

Apakah kamu salah satu orang yang doyan belanja dan konsumsif? Nah, Michelle Sukendro ini juga dulunya seorang penggila belanja lho! Lewat video-videonya ia menceritakan prosesnya untuk lepas dari sifat konsumtifnya itu. Kamu yang senasib, bisa belajar banyak dari Michelle.

Pada dasarnya "Less is more" adalah prinsip yang menjadi pegangan untuk menerapkan gaya hidup minimalis, dengan menyederhanakan hidup, kita dapat memaknai barang-barang yang kita miliki dengan lebih baik dan memiliki kesadaran penuh saat berbelanja sehingga tidak impulsif dalam berbelanja.

Sadar tidak sadar, dengan hidup minimalis kita juga bisa lebih bahagia. Jadi, gaya hidup apa yang ingin kamu terapkan?

Baca Juga: Tak Cuma Monstera, 5 Tanaman Ini Juga Cocok untuk Interior Minimalis

Noni Oldri Lestari Photo Writer Noni Oldri Lestari

Halo, saya Noni. Seorang mahasiswa Bahasa dan Sastra Indonesia di Universitas Jenderal Soedirman. Saya menulis untuk meningkatkan kemampuan menulis dan menambah kosa kata Bahasa Indonesia saya ^^

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Abigail Putra

Berita Terkini Lainnya