Comscore Tracker

5 Aktivitas Buruk yang Perlu Kamu Hindari saat Ngekos, Catat!

Buruk bagi kehidupan kamu juga masa depanmu

Sudah waktunya ngekos lagi, nih. Saatnya kamu kembali ke kota perantauan untuk mulai belajar secara offline lagi. Banyak hal yang perlu disiapkan untuk ke kos, lho. Salah satunya rencana kegiatan produktif dan bermanfaat ketika kamu di kos.

Terkadang kebanyakan anak kos malah melakukan kegiatan yang buruk, nih. Mulai dari bangun tidur sampai tidur lagi. Hal tersebut dapat merusak hidup dan masa depan mereka, lho. Nah, apa saja kegiatan buruk yang perlu kamu hindari? Yuk, cari tahu di bawah ini!

1. Malas-malasan tanpa alasan, sedikit gerak tanpa menghasilkan karya

5 Aktivitas Buruk yang Perlu Kamu Hindari saat Ngekos, Catat!ilustrasi malas-malasan (pexels.com/Andrea Piacquadio)

Banyak dari anak kos yang bermalas-malasan tanpa ada alasan, lho. Mereka merasa bebas untuk melakukan segalanya tanpa adanya pengawasan seperti layaknya di rumah orangtua.

Merasa bebas ketika di kos ternyata bahaya juga. Salah satu dampaknya adalah tugas sekolah akan menumpuk dan terbengkalai. Alhasil, kamu hanya akan sia-sia merantau dan belajar di kota atau negara lain.

Kamu harus benar-benar hindari kegiatan ini, ya. Buruk banget bagi kehidupanmu sekarang dan masa depanmu kelak. Bergeraklah, dimulai dengan olahraga juga sudah cukup baik. Tubuhmu akan lebih fit dan otakmu juga akan mudah untuk bekerja. Lebih bagusnya kamu bisa tambahin kegiatanmu agar lebih produktif. Contohnya dengan membaca atau menulis dan perbanyak relasi.

2. Boros uang saku karena banyak jajan dan pengeluaran

5 Aktivitas Buruk yang Perlu Kamu Hindari saat Ngekos, Catat!ilustrasi menghitung uang (pexels.com/Karolina Grabowska)

Ternyata masih banyak dari anak kos yang boros jajan, nih. Banyak dari mereka yang malah buang-buang uang hanya untuk makanan atau barang yang sebenarnya gak urgent banget, lho.

Membeli makanan yang super mahal di restoran secara rutin, berbelanja online tanpa aturan, dan kegiatan boros lainnya terkadang di lakukan oleh mereka yang merasa punya cukup uang. Padahal sumber uangnya adalah dari orangtua.

Kamu perlu hindari hal ini juga, ya. Meskipun kamu punya uang yang cukup dan orangtua yang selalu siap memberimu uang jajan. Jangan malah menjadikanmu terlalu bebas menggunakannya, ya.

Lebih baik kamu berhemat saja agar sisa uang jajanmu bisa ditabung. Alhasil, bisa kamu manfaatkan untuk keperluan yang lebih mendesak ke depannya.

Baca Juga: 5 Konflik Sosial yang Sering Terjadi di Kalangan Anak Kos

3. Boros tisu dan plastik, bisa jadi sampah abadi perusak Bumi

5 Aktivitas Buruk yang Perlu Kamu Hindari saat Ngekos, Catat!ilustrasi sampah menumpuk (pexels.com/Juan Pablo Serrano Arenas)

Entah kenapa saat ngekos biasanya anak kos banyak sekali sampah yang dihasilkan. Mulai dari sampah kertas, botol dan paling banyak adalah sampah plastik. Kamu yang pernah ngekos pasti pernah melihat sampah yang menumpuk banyak di kamar atau di pojok kos-kosan, kan. Bikin ruangan kos jadi bau dan kotor.

Nah, hal tersebut disebabkan anak kos biasanya selalu membeli makanan dengan plastik dan menggunakan tisu berlebihan. Jika dihitung sehari saja, plastik dan tisu yang dihasilkan pasti sangat banyak. Alhasil, sampah di Bumi ini bisa semakin banyak dan mempercepat kerusakan Bumi, dong.

Maka dari itu, mulai sekarang coba deh, jika membeli sesuatu jangan selalu dibungkus dengan plastik. Kamu bisa menggunakan tas yang tidak sekali pakai untuk berbelanja. Selain itu kurangi juga penggunaan tisu, bukan hanya jadi sampah setelah dipakai, tapi bisa jadi ancaman hutan kamu juga, lho.

4. Membuang-buang waktu hanya scrolling media sosial atau main game

5 Aktivitas Buruk yang Perlu Kamu Hindari saat Ngekos, Catat!ilustrasi main game bersama teman (pexels.com/mart production)

Asyiknya di kos itu kamu bisa sangat bebas. Kamu bisa melakukan apapun yang kamu mau. Salah satunya menghabiskan seluruh waktu untuk scrolling di media sosial atau mungkin main game sambil rebahan.

Kegiatan ini juga buruk lho, apabila tidak kamu kontrol. Bisa-bisa kamu hanya menghabiskan waktu untuk kegiatan itu, dan tidak melakukan apapun termasuk tugas sekolah ataupun kegiatan ekstrakurikuler lainnya. 

Masa depanmu bisa hancur, nih. Sudah sekolah bisa tak lulus, kemampuan atau skills sama sekali tidak punya. Alhasil, meskipun kamu lulus kelak, namun tidak akan mendapatkan pekerjaan kedepannya, lho.

Nah, sekarang kamu batasi kegiatan tersebut, ya. Bolehlah melakukannya namun hanya sesekali saja. Ingat tujuan dan masa depanmu, jangan sampai kamu hancurkan sendiri.

5. Menghabiskan waktu hanya untuk ngobrol atau bermain di luar dengan teman 

5 Aktivitas Buruk yang Perlu Kamu Hindari saat Ngekos, Catat!ilustrasi bersulang (pexels.com/Pavel Danilyuk)

Apakah kamu belum pernah berkumpul bersama teman saat ngekos? Rasanya mustahil, hampir anak kos yang tinggal sendirian pasti pernah ngumpul buat ngobrol sama teman kampus atau mungkin teman satu kos.

Kegiatan tersebut cukup bagus untuk kamu mengembangkan relasi, sih. Namun ketika kamu kelewatan dan hanya menghabiskan waktu bersama teman untuk ngobrol dan foya-foya, kegiatan tersebut malah jadi bom waktu, lho. Bom yang bisa menghancurkan sekolah dan juga masa depanmu.

Jangan habiskan semua waktumu untuk hal itu. Atur dan cukupkan bila sudah melampaui batas. Pilih juga teman bergaul yang baik dan bikin kamu semakin produktif. Namun jangan pula tidak pernah ngumpul sama sekali, bisa-bisa kamu kurang pergaulan dan relasi.

Nah, sebagai anak rantau yang hidup di kos, sebaiknya hindari kelima kegiatan buruk di atas, ya. Jika sudah terlanjur melakukannya, ingat kembali tujuan dan niatmu jauh-jauh merantau. Sadari dan kembalilah, ganti semua itu dengan hal yang produktif dan bermanfaat. Selamat berjuang!

Baca Juga: 5 Hal Tak Terduga yang Bisa Membuat Anak Kos Gembira di Tanggal Tua 

Norman Wijaya Photo Verified Writer Norman Wijaya

Semakin kreatif dan informatif! @norman_wijaya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Ines Sela Melia

Berita Terkini Lainnya