Comscore Tracker

5 Hal Mudah yang Bisa Kamu Lakukan untuk Kelestarian Lebah 

Lebah, serangga yang kaya manfaat untuk kehidupan 

Lebah merupakan serangga yang memiliki fungsi vital di dalam kehidupan manusia. Mulai dari menghasilkan madu yang sering digunakan manusia untuk pengobatan, makanan, maupun yang lainnya.

Nah, ketika lebah berkurang bahkan punah, maka tidak hanya madu yang akan berkurang atau hilang. Melainkan sebagian makanan yang ada bumi juga turut berimbas, lho.

Pasalnya, lebah juga merupakan polinator yang bekerja sebagai penyerbuk tanaman. Tanpa lebah, tanaman tertentu yang hanya bisa diserbuki oleh serangga ini pun akan punah karena tidak dapat berkembang biak.

Selayaknya manusia yang memanfaatkan serangga ini untuk kebutuhannya, maka alangkah indahnya jika kamu turut berpartisipasi dalam menjaga kelestarian lebah. Banyak hal yang bisa kamu lakukan mulai dari hal sederhana sampai kompleks. Berikut ini lima langkah mudah yang bisa kamu lakukan untuk menjaga kelestarian lebah.

1. Kamu bisa berkebun di sekitar rumahmu 

5 Hal Mudah yang Bisa Kamu Lakukan untuk Kelestarian Lebah ilustrasi berkebun (unsplash.com/Flip Urban)

Kegiatan yang mengasyikkan dan healing ini bisa menjadi kegiatan sederhana yang dapat kamu lakukan. Manfaatnya bukan cuma untuk kamu dan lingkungan, melainkan lebah juga diuntungkan. Nah, dari tumbuhan yang kamu tanam akan memproduksi bunga. Lalu, di setiap bunga biasanya memiliki polen atau nektar yang menjadi makanan utama dari lebah.

Untuk mendapatkan banyak manfaat dari berkebun, sebaiknya pilihlah tanaman yang dapat kamu panen buahnya. Lalu, sebaiknya juga hindari tanaman yang hanya dapat dipanen daunnya. Alasannya karena tanaman yang berbuah pasti akan menghasilkan bunga terlebih dahulu.

Selain itu, kamu juga bisa memilih tanaman yang bunganya mudah dijangkau oleh lebah. Contohnya, seperti terung, cabai, atau tomat. Nah, bagaimana sudah siap untuk berkebun?

2. Kamu bisa menanam tanaman berbunga dimanapun kamu suka 

5 Hal Mudah yang Bisa Kamu Lakukan untuk Kelestarian Lebah ilustrasi menanam bunga di atap rumah (unsplash.com/Pelargoniums for Europe)

Selain berkebun dengan menanam beraneka macam buah-buahan, kamu juga bisa menanam bunga, lho. Bagi kamu pecinta dan penikmat bunga jangan lupa menanam tanamannya juga.

Selain indah, menanam bunga juga lebih mudah dibandingkan berkebun buah-buahan. Kamu bisa membeli bibit bunga di toko tanaman atau mungkin menanamnya dari biji. Tenang, semuanya tetap mudah dan mengasyikkan, kok.

Manfaat menanam tanaman berbunga tidak hanya dapat kamu nikmati bunganya saja, lho. Sebab, lebah yang terbang dan hinggap di bunga merupakan tanda lebah sedang mengambil nektar untuk makanannya. Selamat, kamu telah memberi makan lebah saat itu juga.

Kamu juga bisa memanfaatkan momen tersebut dengan foto bersama bunga peliharaan kamu dan lebah yang akan sering mengunjungi bungamu. Cukup bisa mempercantik galeri media sosial kamu, bukan?

Baca Juga: 5 Fakta Proses Pembuatan Madu Oleh Lebah, Menarik!

3. Kamu bisa membeli bahan pangan organik di supermarket atau pasar tradisional jika ada

5 Hal Mudah yang Bisa Kamu Lakukan untuk Kelestarian Lebah ilustrasi bahan pangan organik di supermarket(unsplash.com/nrd)

Kegiatan ketiga ini sangat mudah untuk dilakukan, yaitu membeli bahan pangan organik. Kamu pasti pernah menjumpai beras, sayuran, dan buah-buahan bercap organik di supermarket atau mungkin di pasar. Nah, kegiatan yang satu ini merupakan kegiatan yang secara tidak langsung ikut membantu kelestarian lebah.

Alasannya, budidaya organik yang menghasilkan bahan pangan organik ini sangat jarang bahkan sama sekali tidak menggunakan pestisida yang berbahaya bagi lebah. Selain itu, kamu ikut andil dalam menjaga kelestarian lebah dan dapat merasakan hidup lebih sehat dari bahan pangan organik karena rendah akan residu racun yang berbahaya bagi tubuh.

4. Kamu bisa meneruskan kegiatan bersepeda kamu yang sudah kamu lakukan sebelumnya

5 Hal Mudah yang Bisa Kamu Lakukan untuk Kelestarian Lebah ilustrasi bersepeda di kota (unsplash.com/Dewang Gupta)

Bersepeda menjadi kegiatan populer akhir-akhir ini. Alasannya cukup simple, yaitu untuk menjaga tubuh tetap dalam kondisi fit. Selain bermanfaat untuk kesehatan tubuh, bersepeda juga memiliki manfaat secara tidak langsung untuk menjaga kelestarian lebah.

Alasannya, karena lebah merupakan serangga yang mengandalkan indra penciumannya saat mencari makanan. Ketika indra penciumannya terganggu disebabkan polusi udara dari penggunaan kendaraan bermotor, maka pencarian lokasi makanan berupa nektar dan polen akan terganggu juga.

Alhasil, lebah akan mengalami kegagalan dalam mencari makanannya dan bahkan mengakibatkan kematian. Jadi, usahakanlah menggunakan sepeda daripada kendaraan bermotor, ya.

5. Kamu bisa menyediakan space tersendiri untuk tanaman liar disekitar rumah atau pekarangan

5 Hal Mudah yang Bisa Kamu Lakukan untuk Kelestarian Lebah ilustrasi berkebun (pexels.com/Gustavo Fring)

Hal yang dianggap sepele dan mengganggu ini ternyata sangat bernilai besar. Contohnya adalah tanaman liar yang menghasilkan bunga. Kamu tidak perlu menanamnya karena kebanyakan tanaman liar akan tumbuh dengan sendirinya.

Tanaman ini sebenarnya sangat berfungsi untuk dijadikan sumber makanan lebah, lho. Jika kamu lebih memperhatikan sekitarmu seperti pada gambar, maka kamu akan menemukan bahwa lebah lebih suka terbang dan hinggap di sana.

Solusi sederhananya, cukup sediakan tempat untuk tanaman liar disekitarmu, dan jangan pernah dipangkas apalagi di semprot dengan herbisida, ya. Kamu bisa sediakan ruang yang kira kira cukup disekitar rumahmu, seperti halaman depan atau belakang rumah. Selain space tersebut kamu boleh untuk memangkas atau mencabut tanaman liarnya agar tidak mengganggu pekarangan rumahmu.

Nah, dari penjelasan di atas ada begitu banyak hal sederhana yang dapat kamu lakukan untuk menjaga kelestarian lebah. Yuk, mulai dari sekarang pelan-pelan untuk mempraktikkan hal-hal yang sudah diuraikan di atas. Siap untuk mencobanya?

Baca Juga: 5 Cara Membuat Taman Ramah dengan Lebah, Bantu Jaga Ekosistem Alam

Norman Wijaya Photo Verified Writer Norman Wijaya

Semakin kreatif dan informatif! @norman_wijaya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Ines Sela Melia

Berita Terkini Lainnya