Comscore Tracker

5 Momen Kecil Ini Bikin Ide Menulis Muncul Sendiri, Cobain deh!

Selalu ada ide baru yang bisa muncul tiba-tiba, lho!

Bagi kamu yang hobi nulis, pasti sering mengalami beberapa masalah, kan. Misalnya, saat kamu sudah menulis banyak, eh malah bingung harus nulis apa lagi. Salah satu penyebabnya karena tidak punya ide baru lagi untuk menulis.

Nah, bisa jadi kegiatan yang kamu lakukan menjadi penyebabnya juga, lho. Kamu mungkin terlalu tegang di depan laptop dalam memikirkan ide baru apa yang harus dituangkan. Maka dari itu kamu coba deh kelima momen atau kegiatan ini. Bisa jadi sumber ide baru bisa muncul tiba-tiba, lho. Simak baik-baik, ya!

1. Ide bisa mudah muncul saat kamu minum kopi atau teh

5 Momen Kecil Ini Bikin Ide Menulis Muncul Sendiri, Cobain deh!Ilustrasi seduhan teh (pexels.com/Harry Cunningham @harry.digital)

Kamu yang suka minum kopi atau teh sangat beruntung, lho. Kamu dapat selalu menuliskan ide baru ke dalam tulisanmu.

Kamu pasti tahu kan, kopi dan teh sudah jadi rahasia umum bisa meningkatkan kinerja otak. Selain kamu bisa dapat ide baru, kamu juga akan lebih aktif dan tulisanmu bisa cepat kelar.

Nah, kamu bisa coba nih minum kopi atau teh ketika lagi bingung-bingungnya. Rehat sejenak dari kesibukanmu di depan laptop. Kemudian rileks dan nikmati kopi atau teh kamu, sesaat kemudian ide baru sudah ada di genggamanmu.

2. Saat meditasi atau berdiam diri, bikin ide nulis muncul lagi

5 Momen Kecil Ini Bikin Ide Menulis Muncul Sendiri, Cobain deh!ilustrasi menyadari diri sendiri (pexels.com/Spencer Selover)

Kamu pasti sering merasakan bahwa terkadang ide muncul saat tidak memikirkannya, kan. Saat di mana kamu sedang tenang dan seluruh tubuh rileks tiba-tiba ide yang sudah lama terkubur muncul kembali.

Nah, menyendiri dan menenangkan diri sangat dianjurkan kamu lakukan rutin tiap pagi, lho. Pasalnya kamu butuh momen agar idemu selalu baru dan tidak bakal kehabisan bahan untuk menulis.

Pastikan kamu catat semua ide baru yang muncul, ya. Tulis di kertas atau di smartphone kamu. Kembangkan ide tersebut menjadi tulisan yang bagus nantinya.

Baca Juga: 5 Tips agar Stok Ide Menulis Tidak Cepat Habis, Konsisten Terus!

3. Berendam saat mandi bikin pikran rileks

5 Momen Kecil Ini Bikin Ide Menulis Muncul Sendiri, Cobain deh!Ilustrasi berendam saat mandi (pexels.com/Monstera)

Salah satu kendala ide baru tidak bisa muncul adalah karena penuhnya pikiran kamu, lho. Bisa berupa hal sederhana sampai kompleks sudah mengekang pikiran kamu.

Nah, maka dari itu kamu butuh momen atau kegiatan yang bisa bikin pikiran jadi rileks dan tenang, nih. Salah satunya adalah berendam saat mandi. 

Pastikan jika tubuh dirasa sudah tegang, kamu bisa lakukan kegiatan ini, ya. Kamu bisa coba berendam di air hangat saat mandi, alhasil tubuh kamu bisa rileks dan pikiran juga semakin brilian.

4. Saat melakukan pekerjaan rumah

5 Momen Kecil Ini Bikin Ide Menulis Muncul Sendiri, Cobain deh!Ilustrasi mencuci pIring (pixabay.com/Rewrite27)

Melakukan pekerjaan rumah juga bikin ide baru terkadang muncul. Dari keseharian kamu seperti cuci piring dan menyapu lantai, bisa jadi inspirasi menulis juga, lho.

Kegiatan ini hampir sama dengan melakukan aktivitas ringan pada umumnya. Di mana aktivitas ini bisa merangsang otak kamu untuk bisa menemukan hal baru yang lebih fresh dan unik.

Hindari terlalu banyak meluangkan waktumu di laptop atau komputer, ya. Hal itu malah membuat ide semakin sulit untuk muncul. Kamu bisa lakukan kegiatan lain seperti pekerjaan rumah ini.

5. Saat kamu membaca dan mendengarkan

5 Momen Kecil Ini Bikin Ide Menulis Muncul Sendiri, Cobain deh!Ilustrasi anak sedang belajar (pixabay.com/NWimagesbySabrinaEickhoff)

Sumber terbesar ide baru bisa muncul adalah saat kamu sedang membaca atau mendengar. Apalagi bahan bacaan yang dibaca sesuai dengan passion kamu. Sudah pasti setelah kamu baca ide baru muncul dengan sendirinya. 

Bahkan sebelum kamu selesai membaca atau mendengarkannya, terkadang ide sudah muncul begitu saja, lho. Nah, di saat itulah kesempatan kamu untuk menuliskannya di catatan.

Kegiatan kecil ini bisa kamu lakukan saat kamu sedang kehilangan arah tentang hal apa lagi yang harus kamu tuliskan. Siapkan saja bahan bacaan atau podcast yang ingin di dengar serta catatan dan bolpoin. Tulisan semua ide baru yang muncul, mudah kan.

Nah, kamu yang ingin selalu menemukan ide baru untuk bahan tulisan, bisa nih memanfaatkan kelima momen kecil di atas setiap hari. Selain membuat kamu senang karena tulisanmu tuntas, pekerjaan lain pun gak bakal ketinggalan, lho. Cobain deh sekarang!

Baca Juga: 5 Sumber Ide Menulis Tema Life di IDN Times Community, Coba Yuk!

Norman Wijaya Photo Verified Writer Norman Wijaya

Semakin kreatif dan informatif! @norman_wijaya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Merry Wulan

Berita Terkini Lainnya