Comscore Tracker

5 Hal untuk Dinikmati guna Hindari COVID-19, Berguru dari Introver

#DiRumahAja ? Gak masalah!

Kebijakan kerja di rumah atau libur 14 hari tidak dipungkiri cukup membuat rileks, meski tujuan sebenarnya adalah untuk mencegah semakin parahnya pandemi virus corona. Bertambahnya waktu luang adalah salah satu alasan dari rasa rileks ini.

Dan saat-saat seperti ini adalah waktu ketika kreativitas kita dalam menikmati waktu luang diuji. Kenapa demikian? Karena banyak orang terbiasa dengan jadwal dan kepadatan, sehingga kreativitas dalam menikmati waktu dan diri sendiri menjadi berkurang. Nah, belajar dari introver, ini 5 hal yang bisa kamu nikmati di rumah!

1. Kegiatan pagi hari yang tenang tanpa terburu-buru

5 Hal untuk Dinikmati guna Hindari COVID-19, Berguru dari Introverstreamondemandathome.com

Saat hari biasa, pasti kita sering mengalami yang namanya mandi pagi dan sarapan, hanya sebagai bagian dari protokol mengawali aktivitas. Pada momen stay at home ini, kamu bisa memanfaatkannya sebagai ajang berlatih nowness atau bersikap mindful.

Nikmati kegiatan atau rutinitas pagimu mulai dari bangun pagi, sarapan pelan-pelan, mandi tanpa terburu-buru, hingga berpakaian atau dandan tanpa takut telat. Mungkin kesannya sepele, berlatih mindful dan menikmati yang kamu lakukan akan sangat berimbas pada penurunan stres dan kecemasan.

2. Merenung

5 Hal untuk Dinikmati guna Hindari COVID-19, Berguru dari Introvervox.com

Introvert memang perenung sejati, dan kamu bisa mencontoh kebiasaan ini sekarang. Merenung adalah sama dengan menjelajahi pikiranmu sendiri. Ini bukan kegiatan tidak berguna yang buang-buang waktu, karena sejatinya tiap orang perlu menata ulang apa yang ada dalam otaknya.

Biarkan saja dirimu tenggelam dalam momen tidak melakukan apa-apa. Momen merenung ini juga dapat kamu manfaatkan untuk memikirkan kembali tujuan-tujuanmu yang sempat tertinggal dan tak terpikirkan akibat kesibukan.

3. Mengobrolkan hal-hal mendalam di kehidupan bersama keluargamu

5 Hal untuk Dinikmati guna Hindari COVID-19, Berguru dari Introverscmp.com

Kesalahan dalam memanfaatkan kebijakan stay at home adalah, justru menggunakan kesempatan ini untuk pergi berlibur dan kongkow. Jangan sampai terjebak dengan ide yang salah ini. Sebaliknya, manfaatkan waktu yang lebih luang untuk meningkatkan kualitas hubungan dengan keluarga.

Kamu bisa mengobrolkan hal-hal yang mendalam dengan saudara atau siapa pun yang ada di rumah. Sekadar menghabiskan waktu untuk nonton televisi dan makan bersama juga tidak masalah. Ini adalah saat untuk melihat kembali seberapa berharganya hubunganmu dengan keluarga.

Baca Juga: #DiRumahAja Tetap Terhibur, 10 Akun Instagram Terkocak Bikin Ngakak

4. Menyortir semua barangmu, hitung-hitung belajar minimalis

5 Hal untuk Dinikmati guna Hindari COVID-19, Berguru dari Introvercurbed.com

Kesibukan karier dan akademik dapat membuat kita cenderung mencari hiburan di luar rumah. Sebagai hasil, kamar kita dapat menjadi elemen penting yang terabaikan dan hanya menjadi area timbunan barang.

Mumpung bisa bekerja dan belajar di rumah, manfaatkan waktu sisanya untuk mengurus kamarmu. Sortir barang-barang yang tidak kamu gunakan selama lebih dari 5 bulan atau tidak cukup berguna. Syukur-syukur kalau jadi sekalian bersih-bersih kamar.

5. Membuat masterpiece dari hobi yang sejenak kamu abaikan karena sibuk

5 Hal untuk Dinikmati guna Hindari COVID-19, Berguru dari Introverdazeddigital.com

Agar waktu selama dua pekan ini lebih berkesan, kamu bisa membuat masterpiece dari hobi yang kamu geluti. Apalagi kalau kamu sudah lama meminggirkan hobi tersebut demi kewajiban, maka kesempatan ini akan sangat berharga.

Sambil membuat masterpiece, kamu akan merasa lebih rileks dan bisa mengingat kembali orang macam apa kamu sebelumnya. Tidak jarang, menggeluti kembali hobi yang terabaikan dapat membuatmu merefleksikan banyak hal.

Bagi para introvert, kerja atau belajar di rumah adalah momen menyenangkan untuk mengembalikan energi. Buat kalian yang bukan introver, barangkali 5 hal di atas bisa membuatmu lebih bisa menikmati waktu!

Baca Juga: #DiRumahAja Lakukan 7 Hal ini Selama Libur Kuliah karena Corona

Novia Aisyah Photo Verified Writer Novia Aisyah

Some Scandinavian thoughts addict

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Novaya

Berita Terkini Lainnya