Comscore Tracker

Ini 5 Alasan Kamu Perlu ke Psikolog atau Psikiater, Penting!

Kesehatan mental sama pentingnya dengan kesehatan fisik ya!

Selama ini mayoritas masyarakat kita masih meremehkan urusan kesehatan mental. Bahkan seringkali publik memberikan stigma negatif terhadap ODMK (Orang dengan Masalah Kejiwaan) atau ODGJ (Orang dengan Gangguan Jiwa). 

Stigma negatif tersebut juga sering dipublikasi melalui komentar-komentar di sosial media, akibatnya penderita ODMK terutama, tidak mau berkonsultasi dengan ahli kejiwaan karena takut dicap buruk.

1. Yang harus menyayangi dirimu adalah kamu sendiri, bukan orang lain

Ini 5 Alasan Kamu Perlu ke Psikolog atau Psikiater, Penting!Unsplash]/Raychan

Terlebih dahulu kamu harus menguatkan hati, dan percaya bahwa stigma negatif datang dari orang yang tidak memahami kesehatan psikologis. Jika kamu masih ragu pergi ke psikolog atau psikiater, kamu harus tanamkan pada dirimu sendiri bahwa ini adalah cara agar kamu mampu bertahan hidup.

Terkadang memang orang terdekat bisa memiliki stigma buruk pada ODMK. Tapi, biarkan saja orang lain berkata apa, toh yang paling mengerti dirimu ya kamu sendiri, bukan mereka. 

2. Ketika banyak orang di luar sana menganggap remeh, ada lebih banyak lagi yang akan merangkulmu

Ini 5 Alasan Kamu Perlu ke Psikolog atau Psikiater, Penting!Unsplash/priscilladupreez

Dukungan tidak harus diberikan dari orang yang secara harfiah jaraknya dekat denganmu. Agar kamu semakin berani untuk menemui psikolog atau psikiater, kamu bisa browsing terlebih dahulu tentang komunitas atau forum yang memberikan support terhadap kesehatan mental.

Kamu bisa bergabung, setidaknya mem-follow komunitas-komunitas tersebut. Kabar baiknya adalah, banyak sekali komunitas kesehatan mental saat ini yang sering mengadakan kegiatan. Jadi, kamu bisa berkumpul bersama mereka dan saling mendapatkan kekuatan.

3. Kamu pasti bisa menemukan dokter yang mengerti kondisimu, tetaplah bersemangat ya!

Ini 5 Alasan Kamu Perlu ke Psikolog atau Psikiater, Penting!independent.co.uk

Sebelum kamu menemui psikolog atau psikiater, kamu harus berkonsultasi pada dokter umum terlebih dulu. Dokter umum tersebut akan memberikan diagnosis kasar dan rujukan ke psikolog atau psikiater. 

Saat kamu menemui dokter umum, sejujurnya kamu memang harus gigih menemukan dokter yang memiliki wawasan kesehatan mental yang baik. Harus diakui tidak semua dokter akan menerima secara terbuka keluhan psikologismu.

Baca Juga: 10 Fakta Psikologi yang Bisa Membantumu Memahami Diri Sendiri

4. Jika kondisi mentalmu sudah memperlihatkan gejala fisik, ini benar-benar saatnya kamu mencari pengobatan

Ini 5 Alasan Kamu Perlu ke Psikolog atau Psikiater, Penting!reachmd.com

Tidak hanya harus peka terhadap perasaanmu saja, kamu juga harus peka apakah ada perubahan dalam kondisi fisikmu. Misalkan, kamu jadi sering merasa lelah walau tidak banyak aktivitas, atau kamu sering pusing berhari-hari, lebih sering sakit perut, dan sebagainya.

Beberapa masalah kejiwaan yang lebih rumit seperti gangguan bipolar juga memiliki gejala fisik ketika fase tertentu. Misalnya saat mengalami fase manik atau hipomanik, penderita gangguan bipolar juga bisa mengalami gejala fisik yang tidak biasa, seperti jantung yang berdegup lebih keras dan cepat, sulit diam, gigi yang dikatupkan lebih keras, dan sebagainya.

5. Jika kamu menyaksikan sendiri ada beberapa kualitas hidupmu yang berubah, ini bukan saatnya menunda lagi

Ini 5 Alasan Kamu Perlu ke Psikolog atau Psikiater, Penting!Unsplash/dearferdo

Depresi, gangguan bipolar, gangguan kecemasan, OCD, dan sebagainya bisa membuatmu kualahan sendiri jika tidak tertangani. Contohnya, penderita depresi dan gangguan bipolar yang sedang mengalami fase depresi bisa saja mengalami penurunan performa akademis atau pekerjaan.

Kamu adalah penolong utama dalam hidupmu. Ini sungguh penting, karena kamu juga memiliki potensi unik dan kesempatan mencapai banyak hal. Percayalah, ada banyak orang yang akan mendukungmu melewati semua ini!

Semoga artikel ini bisa memberimu semangat menuju ke psikiater atau psikolog ya. Semoga bermanfaat dan kalian semua bahagia!

Baca Juga: 7 Hal Ini Bisa Bantu Menjaga Kesehatan Mentalmu

Novia Aisyah Photo Community Writer Novia Aisyah

Some Scandinavian thoughts addict

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Merry Wulan

Just For You