Comscore Tracker

5 Tips Agar Menjadi High Quality KPopers, Biar Gak Fanwar!

Lawan para anti dengan 5 tips ini!

Para KPopers pasti sudah sangat sering mendengar ejekan seperti KPopers alay, bodoh, norak, anti nasionalisme, dan sebagainya. Tetapi, seringkali anggapan tersebut sifatnya menggeneralisir semua fans KPop, padahal, setiap orang memiliki karakter sendiri-sendiri. 

Sama halnya penggemar bola atau artis Western, ada fans yang sangat fanatik, ada yang tidak, dan mereka semua memiliki karakter berbeda-beda. Nah, bagi kamu yang sudah lelah dianggap yang negatif-negatif oleh anti KPop, mungkin kamu bisa mengaplikasikan sederet tips ini!

1. Perbanyak membaca

5 Tips Agar Menjadi High Quality KPopers, Biar Gak Fanwar!Twitter.com/iumushimushi

Tips pertama untuk menjadi high quality KPopers adalah, perbanyak bacaan kalian. 'Aduh, aku tuh gak suka baca buku!', pasti banyak dari kalian yang bereaksi seperti ini. Padahal, gunanya membaca adalah agar kalian memiliki mindset yang lebih baik, berpikiran terbuka, tidak mudah termakan hoaks, dan mengurangi stres juga lho!

Salah satu alasan kenapa adanya fanwar adalah kemampuan literasi yang kurang. Jadi jangan cuma membaca fanfictions saja ya, perbanyak bacaan soal isu-isu terkini. Dijamin, waktu kalian diejek, kalian akan mampu memberikan argumen ciamik, dan yang menghina kalian langsung terdiam!

2. Jangan langsung terpancing berita atau komentar

5 Tips Agar Menjadi High Quality KPopers, Biar Gak Fanwar!soompi.com

Selain manfaat yang disebutkan tadi, gemar membaca membuat kalian tidak akan dengan mudah termakan berita yang berseliweran di sosial media, apalagi banyak berita yang tidak benar-benar berasal dari sumbernya langsung. Meskipun misalnya kalian pembaca setia Soompi, tidak semua artikelnya benar-benar bisa dipercaya, lho!

Pertama, karena terkadang sumbernya tidak disebutkan secara jelas. Ada penulis yang hanya menyebutkan 'dari berbagai sumber', nah ini sumber yang mana? Kedua, tidak semua penulis benar-benar wartawan, sebagian dari mereka adalah penulis lepas. Jadi, harus cermat ya!

Baca Juga: 5 Aplikasi Ini Wajib Diinstall Para KPopers Agar Selalu Update

3. Semakin aktif dalam berbagai kegiatan bermanfaat

5 Tips Agar Menjadi High Quality KPopers, Biar Gak Fanwar!dkpopnews.net

Agar para KPopers tidak diejek sebagai kaum mager dan rebahan saja, kalian juga harus menunjukkan karya kalian. Misalnya, baru-baru ini ada sebagian mahasiswa KPopers yang ikut berdemo.

Atau, bagi yang masih sekolah, kalian bisa ikutan berdonasi dengan fansite-fansite yang mengumpulkan donasi. Kalian bisa juga berpartisipasi dalam berbagai kegiatan positif lain yang bisa membuat soft skill dan hard skill bertambah. 

4. Jangan berkomentar negatif seperti merisak atau melakukan pelecehan seksual

5 Tips Agar Menjadi High Quality KPopers, Biar Gak Fanwar!koreaboo.com

Nah, jangan ikut-ikutan netizen Korea yang sukanya menyerang lewat kolom komentar ya! Selain itu termasuk perilaku toxic dan bisa membahayakan kejiwaan orang lain, kita tidak boleh menjustifikasi seseorang tanpa benar-benar tahu keadaannya. 

Di samping itu, terkadang ada saja netizen yang mengomentari visual seorang idol cowok maupun cewek secara berlebihan. Memang berlebihan itu bagaimana? Yang berlebihan itu jika seseorang mengomentari bagian tubuh, atau memberi komentar yang bernada dan bernuansa seksual.

Jika cowok tidak boleh melakukan pelecehan, maka cewek juga tidak boleh melakukannya ya!

5. Jangan memaklumi oppa-logy

5 Tips Agar Menjadi High Quality KPopers, Biar Gak Fanwar!tellerreport.coml

Ketika kasus Seungri terekspos beberapa waktu lalu, beberapa fans ada yang berusaha memaklumi. Bahkan tidak lama ini ketika Jonghyun CNBlue terungkap melakukan pelecehan lewat DM Instagram, ada fans yang berkomentar 'makanya mas, kalau mau komen pakai akun palsu biar gak ketahuan'.

Nah, bentuk-bentuk oppa-logy seperti ini sama saja dengan kita tidak berempati terhadap korban. Terkadang malah ada fans yang berdalih hanya ingin mendukung biasnya. Padahal, seharusnya kita bisa bersikap lebih bijak dengan membiarkan artis tersebut menerima hukuman yang memang sudah sepantasnya.

Pemakluman malah menjadikan diri kalian dipandang sebagai fans fanatik yang tidak tahu apa-apa. Jadi jangan dilakukan lagi ya, guys

Itu dia ya guys beberapa tips yang bisa kamu terapkan untuk menjadi high quality KPopers. Daripada dibilang yang jelek-jelek, lebih baik jadi fans berkualitas dulu, kan?

Baca Juga: 5 Hal yang Sering Dilakukan KPopers dengan Kuota Internet-nya

Novia Aisyah Photo Verified Writer Novia Aisyah

Some Scandinavian thoughts addict

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Arifina Aswati

Berita Terkini Lainnya