Comscore Tracker

5 Cara Menyelesaikan Overthinkingmu, Coba Terapkan Healing

Merasa tenangkah dirimu dengan kendala di pikiranmu?

Overthinking bukan hanya membuatmu menjadi seorang pemikir, overthinking dapat membuatmu semakin overhelming dan pikiran-pikiran buruk itu dapat mempengaruhi kondisi fisik ataupun mentalmu.

Untukmu yang seringkali overthinking, ada beberapa cara untuk mengatasi hal tersebut. Yuk, simak lebih lanjut beberapa saran di bawah ini!

1. Mengingat bahwa diri ini sudah berusaha menjadi yang terbaik

5 Cara Menyelesaikan Overthinkingmu, Coba Terapkan Healingilustrasi wajah bahagia (pexels.com/Andrea Piacquadio)

Seringkali dalam kehidupan kita, overthinking muncul diakibatkan oleh masa lalu yang selalu kita pikirkan. Masa lalu yang dirasa memuakkan dan mengecewakan, menjadi salah satu pemicu pikiran kita untuk selalu berada dalam lingkaran yang sama. Padahal, masa lalu yang sudah berlalu tidak akan bisa kita ubah, bagaimana pun keadaannya.

Permasalahan ini berasal dari pikiran yang tidak pernah berhenti untuk memikirkannya. Untuk menyelesaikannya, yang perlu dilakukan adalah dengan mengingat masa lalu. Mengingat bahwa pada saat itu kita sudah berusaha melakukan yang terbaik. Selain itu, mengingat bahwa sudah banyak hal yang kamu korbankan untuk menghadapi permasalahan tersebut.

Maka dari itu, jangan pernah merasa bahwa dirimu selalu kurang. Sadarilah bahwa kamu sudah melakukan yang terbaik, dan pada peristiwa itu kamu akan selalu mengingatnya sebagai pembelajaran yang berarti.

2. Menerima dan memahami bahwa tidak semua harus sesuai keinginan

5 Cara Menyelesaikan Overthinkingmu, Coba Terapkan Healingilustrasi menerima diri sendiri (pexels.com/Mart Production)

Setiap lika-liku kehidupan pastinya akan selalu dihadapkan dengan sebuah masalah baru. Namun, yang perlu dipahami adalah tidak semua masalah akan berakhir dengan penyelesaian yang memuaskan. Menerima adalah salah satu cara kita untuk memahami, bahwa penyelesaian tidak akan selalu sesuai dengan keinginan kita.

Untuk menerima hal tersebut, setiap permasalahan memiliki perbedaan, yang tentunya juga memiliki tingkatan berbeda. Kondisi setiap orang untuk menerima juga menjadi salah satu hal yang menyebabkan permasalahan itu tidak kunjung diterima.

Maka, dalam hal ini yang perlu dipahami adalah tidak apa jika kamu masih terus memikirkannya. Namun, yang perlu dilakukan adalah berusaha untuk menerima, tanpa harus memaksakan dirimu untuk melupakan.

3. Ubah hari esokmu menjadi lebih baik

5 Cara Menyelesaikan Overthinkingmu, Coba Terapkan Healingilustrasi berubah (pexels.com/Alexas Fotos)

Selama ini, mungkin kita masih susah untuk menerima masa lalu. Namun, yang bisa kita lakukan adalah menerima hari yang lalu dan mengubah hari esok. Apa yang kamu lakukan esok tentunya dapat lebih berarti, daripada hari yang lalu.

Kamu dapat menjadi yang terbaik di hari esok. Bahkan, kamu dapat menyelesaikan masalah yang sama di masa lalu dengan lebih baik.

Yang terpenting adalah bagaimana caranya agar kamu tidak tenggelam di dalamnya, dan mengubah masalah itu menjadi motivasi untuk dirimu berubah saat ingatan masa lalu itu kembali hadir.

Baca Juga: 6 Tips Meredakan Stres secara Cepat, Berhenti Overthinking!

4. Jangan lupa untuk mengistirahatkan pikiranmu

5 Cara Menyelesaikan Overthinkingmu, Coba Terapkan Healingilustrasi mengistirahatkan pikiran (pexels.com/Shvets Production)

Setiap kali merasa overthinking, ingatlah bahwa pikiranmu memerlukan istirahat. Overthinking dapat membuat pikiranmu dan dirimu semakin terpuruk. Dalam keadaan itu, tentunya kita tidak ingin apabila permasalahan tersebut dapat menjadi bumerang sehingga terjadi hal-hal yang tidak diinginkan.

Untuk itu, jangan sampai lupa, bahwa pikiranmu perlu istirahat. Mengistirahatkan pikiran bisa menjadi salah satu solusi untuk menyelesaikan masalah. Setelah selesai dengan hal tersebut, pikiranmu akan menjadi lebih tenang dan mudah untuk menemukan solusi dari permasalahan.

5. Mencoba healing untuk mengembalikan keadaan

5 Cara Menyelesaikan Overthinkingmu, Coba Terapkan Healingilustrasi membahagiakan diri (pexels.com/Te Lensfix)

Salah satu solusi untuk menyelesaikan permasalahanmu adalah dengan mencoba menepi sejenak, mencari cara untuk mengembalikan pikiranmu sehingga dapat kembali terobati. Kamu dapat melakukan hal-hal yang sekiranya membuat pikiranmu menjadi senang dan tenang kembali.

Menepi sejenak bukan berarti melarikan diri dari permasalahan. Menepi sejenak berarti kamu harus memberikan ruang kepada dirimu, untuk menyelesaikan permasalahan yang berputar di pikiranmu. Namun, jangan lupa, setelah menepi kamu harus kembali lagi dengan wajah baru yang lebih cerah dibandingkan sebelumnya.

Semoga cara di atas membuat overthinking yang ada di pikiranmu usai, ya. Agar hidup ke depan lebih baik dan kamu bisa menjalani hari-hari dengan bahagia. Semangat!

Baca Juga: Mikirin Hal Gak Penting, 10 Meme Overthinking Ini Bikin Ngakak!

Nuha Zakiyy Photo Writer Nuha Zakiyy

Member IDN Times Community ini masih malu-malu menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Debby Utomo

Berita Terkini Lainnya