Comscore Tracker

5 Hal Ini Sebaiknya Tidak Kamu Upload di Media Sosial, Bisa Fatal!

Orang tidak berpikir panjang ketika upload di media sosial

Di era millennial ini, hampir setiap orang mengenal media sosial. Mulai anak-anak hingga orang tua hampir semuanya menggunakan media sosial seperti Facebook, Instagram, WhatsApp, Path dan sebagainya.

Apapun yang kamu lakukan bisa dijadikan bahan postingan. Tidak ada maksud lain melainkan hanya ingin bersenang-senang dan menunjukan eksistensi di dunia maya.

Meskipun begitu alasannya, tanpa disadari bahaya telah mengincar. Niatmu yang hanya ingin berbagi kesenangan di dunia maya malah berujung petaka di dunia nyata. Berikut ini adalah 5 hal yang sebaiknya tidak diunggah di akun media sosial. Disimak ya!

1. Kartu identitas

5 Hal Ini Sebaiknya Tidak Kamu Upload di Media Sosial, Bisa Fatal!pixabay/charly_7777

Sengaja atau tidak, banyak sekali netizen dengan entengnya memamerkan KTP, SIM, atau passport di akun medsos mereka. Entah motif apa yang melatarbelakangi hal tersebut. Seperti diketahui, pada kartu identitas berisi beberapa informasi penting seperti, nama pemilik, alamat rumah, status perkawinan hingga pekerjaan .

Dengan postinganmu tadi, secara tidak sengaja kamu telah memberikan keleluasaan kepada orang yang tidak bertanggung jawab untuk menggunakan kartu identitasmu sebagai modal kejahatan. Mereka bisa saja melakukan sesuatu penipuan dengan memanfaatkan informasi dari kartu identitasmu, yang tentunya akan merugikanmu secara pribadi.

2. Tiket perjalanan

5 Hal Ini Sebaiknya Tidak Kamu Upload di Media Sosial, Bisa Fatal!unsplash/Raychan

Postingan 'OTW' biasa netizen lakukan sembari menunjukan tiket perjalanan miliknya. Banyak informasi penting yang tertera pada tiket perjalanan, di antaranya adalah informasi waktu perjalanan lalu dari mana perjalanan tersebut dimulai dan diakhiri.

Dari situ bahaya mengancam. Karena bisa saja orang yang telah berencana tidak baik kepadamu membaca postingan tadi. Dengan informasi waktu dan tujuan perjalanan tersebut, secara tidak sengaja kamu telah membantu misi mereka yang berakibat merugikanmu sendiri.

Baca Juga: Introspeksi, Mungkin Ini 9 Alasan Orang Blokir Kamu di Media Sosial

3. Kartu ATM

5 Hal Ini Sebaiknya Tidak Kamu Upload di Media Sosial, Bisa Fatal!pixabay/TechPhotoGal

Bermaksud kekinian, banyak juga netizen yang hobi meng-upload kartu ATM miliknya. Kartu ATM, baik kredit maupun debit merupakan kartu yang menyimpan 4 informasi penting di antaranya nomor kartu, nama pemilik, masa berlaku dan nomor CVV2 (Card Verification Value 2) . Untuk kartu visa disebut dengan CVV dan untuk Master Card disebut dengan kode CVC.

Jika dari keempat informasi tersebut di-upload tanpa sensor sama sekali, maka tanpa menggunakan kartu ATM sekalipun saldo bisa dikuras habis oleh orang yang tidak bertanggung jawab.

4. Barang mewah dan mahal

5 Hal Ini Sebaiknya Tidak Kamu Upload di Media Sosial, Bisa Fatal!unsplash/brooke cagle

Punya barang baru, mahal, branded dan mewah memang cocok dijadikan postingan. Biar terkesan glamor dan berkelas. Namun siapa sangka, postingan yang membikin takjub para followers tadi juga menimbulkan niat tidak baik bagi pelaku kriminal yang sedang mencari 'mangsa' .

Layaknya kucing yang diberi umpan ikan asin, postingan tadi akan diartikan oleh para pelaku kriminal sebagai 'mangsa baru'.

5. Geolocation

5 Hal Ini Sebaiknya Tidak Kamu Upload di Media Sosial, Bisa Fatal!unsplash/henry perks

Yang lagi tren akhir-akhir ini nih, tagging atau share lokasi. Di mana dengan tagging lokasi kamu bisa memberi tahu keberadaanmu. Lokasi keberadaanmu pun bisa dilacak dengan mudah. Karena kemudahan tadi, kamu telah mempermudah juga orang yang sengaja ingin membuntutimu dengan maksud dan tujuan yang tidak baik.

Itulah 5 hal yang tidak boleh kamu posting di akun medsos. Mulai sekarang cobalah bijak dalam menggunakan medsos. Karena tidak semua hal yang kamu punya dan lakukan layak untuk dijadikan bahan postingan.

Baca Juga: 7 Tipe Orang Berdasarkan Cara Berkomunikasi di Media Sosial

Nuke Diah Ayuning Photo Verified Writer Nuke Diah Ayuning

Generasi 90an yang mempunyai ketertarikan untuk menulis...

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Efendi Ari Wibowo

Berita Terkini Lainnya