Gak Hanya Lavender, 8 Bunga Ini Ternyata Mampu Mengusir Nyamuk

Si cantik yang disegani nyamukSi cantik yang disegani nyamuk

Kehadiran nyamuk di sekitar rumah memang membuat was-was. Nyamuk menjadi ancaman karena gigitannya yang berakibat gatal-gatal. Terlebih lagi, di musim hujan nyamuk kerap beterbangan membawa penyakit menular seperti demam berdarah, malaria dan chikungunya.

Beragam upaya bisa digunakan untuk mencegah datangnya nyamuk. Salah satunya dengan memanfaatkan bunga lavender. Cukup dengan mengoleskannya pada kulit atau menanamnya di halaman rumah, nyamuk dijamin tidak berani mendekat.

Namun, tidak banyak yang tahu jika selain lavender, ada beberapa jenis bunga yang terbukti mampu menangkal nyamuk. Bunga apa saja itu? Simak deretannya ya.

1. Pennyroyal

Gak Hanya Lavender, 8 Bunga Ini Ternyata Mampu Mengusir Nyamukorganicgardener.com.au

Pennyroyal banyak ditemukan di wilayah Eropa, Afrika Utara dan Timur Tengah. Bunganya mempunyai aroma harum yang hampir sama dengan daun mint. Karena aroma tersebut, pennyroyal ditakuti oleh serangga termasuk nyamuk.

2. Geranium

Gak Hanya Lavender, 8 Bunga Ini Ternyata Mampu Mengusir Nyamukkebun.net

Di Indonesia, bunga geranium dikenal sebagai bunga tapak dara. Bunga ini merupakan bunga kedua yang populer untuk mengusir nyamuk setelah lavender. Hampir sama dengan lavender, geranium mempunyai rasa yang pahit. Oleh sebab itu, kulit yang sengaja diolesi geranium tidak akan didekati oleh nyamuk karena aroma dan rasanya yang pahit.

3. Rosemary

Gak Hanya Lavender, 8 Bunga Ini Ternyata Mampu Mengusir Nyamukgardenersworld.com

Bagi kamu yang berkecimpung di dunia kuliner, pasti sudah kenal dengan bunga yang satu ini. Yups! Rosemary sangat erat berkaitan dengan dunia kuliner. Rosemary ini mempunyai aroma yang sedap, sehingga kerap kali digunakan sebagai bumbu hidangan western.

Namun, aroma yang sedap pada rosemary ini ternyata tidak disukai oleh nyamuk. Nyamuk akan segera bergegas pergi setelah mencium aroma rosemary.

4. Marigold

Gak Hanya Lavender, 8 Bunga Ini Ternyata Mampu Mengusir Nyamukunsplash/Christian Allard

Marigold berasal dari Meksiko. Bunga yang juga tergolong sebagai edible flower ini mengandung senyawa yang dibenci oleh serangga. Karena adanya senyawa tersebut, marigold mempunyai aroma yang khas. Aroma itulah yang mampu mengurangi populasi serangga pengganggu di sekitar rumah.

5. Citrosa Mosquito

Gak Hanya Lavender, 8 Bunga Ini Ternyata Mampu Mengusir Nyamukrumahlia.com

Citrosa Mosquito merupakan bunga yang berasal dari Belanda. Namun, sekarang bunga ini sudah menyebar hampir ke seluruh wilayah Indonesia. Citrosa mosquito memiliki aroma wangi dan segar yang mirip dengan citrus. Karena aroma yang wangi ini, nyamuk akan menjauh untuk menghindar dari wewangian tersebut

Baca Juga: 6 Ide Merangkai Buket Bunga dengan Vas dari Buah, Unik & Indah!

6. Kecombrang

Gak Hanya Lavender, 8 Bunga Ini Ternyata Mampu Mengusir Nyamukpixabay/Efraimstochter

Bunga kecombrang sangat mudah ditemukan di Indonesia. Bunga ini sangat popular karena rasanya yang asam dan unik. Rasa itulah yang membuat kecombrang dilirik menjadi bumbu dan bahan dasar masakan, terutama masakan Indonesia.

Tapi, karena rasa yang dimiliki tersebut, bunga kecombrang berhasil membuat nyamuk menyingkir dari sekitar rumahmu.

7. Kamboja

Gak Hanya Lavender, 8 Bunga Ini Ternyata Mampu Mengusir Nyamukpixabay/scave027

Di pulau Jawa, bunga kamboja mudah ditemukan di sekitar area pemakaman. Namun jika kamu sedang berada di Bali, bunga kamboja dapat kamu jumpai di rumah penduduk, terutama di sekitar pura. Bunga kamboja mempunyai aroma wangi yang semerbak.

Aroma yang wangi dan menyengat tersebut sangat dibenci oleh nyamuk. Sehingga, dengan menanamnya saja, kamu sudah berhasil mengusir nyamuk dari rumahmu.

8. Bunga Krisan

Gak Hanya Lavender, 8 Bunga Ini Ternyata Mampu Mengusir Nyamukpixabay/suppenkasper

Bunga krisan atau bunga seruni berasal dari Asia Timur. Karena keelokannya, bunga krisan sering ditanam di halaman rumah sebagai bunga hias.

Selain keindahannya, bunga krisan juga disukai karena aroma wanginya. Namun, aroma wangi yang memanjakan indera penciuman kamu tersebut, ternyata malah membuat nyamuk tidak berani mendekat.

Nah, bagaimana menurutmu, apakah tertarik untuk mencoba menanamnya?

Baca Juga: 5 Resep Makanan dengan Bunga Sebagai Bahannya, Enak dan Gampang

Nuke Diah Ayuning Photo Community Writer Nuke Diah Ayuning

Generasi 90an yang mempunyai ketertarikan untuk menulis... Terima kasih sudah membaca artikel saya..

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Efendi Ari Wibowo

Just For You