Comscore Tracker

5 Alasan Gak Perlu Tanggapi Status Sindiran di Media Sosial

Dibiarkan saja, jangan diberi 'jempol' apalagi dikomentari!

Di zaman yang serba modern ini, manusia dipermudah untuk saling berinteraksi satu sama lain dengan menggunakan media sosial. Dengan adanya media sosial, kamu bisa membagikan momen bahagia atau pun informasi penting untuk orang lain.

Sayangnya, tidak semua orang bisa memanfaatkannya dengan baik. Tak jarang beberapa di antaranya malah menggunakan medsos sebagai wadah untuk membuat status sindiran bernada sumbang. Kadang, kita pun tidak tahu untuk siapa status itu ditujukan alias gak jelas.

Tapi, ketimbang menanggapi status sindiran yang kurang jelas tadi, sebaiknya kamu membiarkannya saja dan jangan pernah memberikan respon apa pun, mengapa?

1. Bukannya tobat, yang ada malah jadi keseringan nyindir nantinya

5 Alasan Gak Perlu Tanggapi Status Sindiran di Media Sosialpixabay/Pexels

Kendati kamu hanya ingin bercanda atau berikan perhatian, menanggapi status sindiran malah bisa mengakibatkan status susulan sindiran lainnya.

Salah satu cara yang tepat adalah dengan membiarkan statusnya tanpa menanggapinya sama sekali. Harapannya, semoga dengan tidak adanya orang yang mengapresiasi status bernada sindiran tadi, si pembuat status bakal sadar kalau gak ada orang yang respek akan sikapnya tadi.

2. Buang-buang energi dan waktu berhargamu

5 Alasan Gak Perlu Tanggapi Status Sindiran di Media Sosialpexels/fauxels

Kebanyakan orang yang menulis status sindiran itu adalah mereka yang suasana hatinya sedang tidak baik. Mengkritik tanpa berikan solusi di status media sosial dianggapnya cara yang lazim untuk memperingatkan seseorang.

Bila kamu tidak mawas akan kondisi yang seperti ini. Bisa-bisa komentar sepele yang kamu lontarkan malah berujung adu mulut, padahal sebenarnya kamu tidak ada sangkut paut dengan status sindiran yang ia tuliskan. Boro-boro beres, yang ada kamu malah sibuk menjelaskan panjang lebar tentang maksud kamu tadi.

Ditambah perdebatan panjang yang gak tahu kapan habisnya. Waktu dan energi yang seharusnya bisa kamu gunakan untuk hal yang bermanfaat jadi terbuang sia-sia karena tanggapanmu tadi. Kalau gini, siapa yang rugi?

Baca Juga: 6 Sikap Terbaik Jika Orang Lain Nyinyir Kepadamu, Bukti Kedewasaan!

3. Awas, nanti kamu bisa ketularan jadi tukang sindir

5 Alasan Gak Perlu Tanggapi Status Sindiran di Media Sosialpexels/fauxels

Status sindiran itu seringkali dibuat tanpa menyebutkan kepada siapa rangkaian kalimat itu diperuntukkan. Alih-alih merasa kesindir dengan statusnya tadi, kamu jadi ikut-ikutan membalas dengan bikin status yang sama-sama gak jelas karena kejengkelanmu tadi.

Akhirnya terjadilah semacam perang status yang kalau dipikir-pikir lagi belum tentu itu buat kamu. Bisa saja kamunya yang ke-GRan. Nah, ketularan kan?

4. Nyindir bukan cara menyelesaikan masalah yang baik

5 Alasan Gak Perlu Tanggapi Status Sindiran di Media Sosialpixabay/Free-Photos

Gak bisa dimungkiri, status sindiran atau nyinyir emang biasanya dikemas secara menarik dan otomatis bikin orang bergegas meresponnya. Ya, meskipun sindiran yang ia lontarkan itu ada benarnya juga, tapi pikir deh, apa itu bisa menyelesaikan masalah? Apa sudah tentu objek yang dituju pasti membaca status tersebut?

Nah, daripada mubazir, ada baiknya kalau kamu diam saja. Jangan dipikirin, dikomentari apalagi sampai kepo. Kalau pun si penulis status itu temanmu yang emang lagi masalah dan butuh solusi dari kamu, toh kelamaan dia akan menghubungimu.

5. Tanggapan melalui pesan tertulis bisa sebabkan kesalahpahaman

5 Alasan Gak Perlu Tanggapi Status Sindiran di Media SosialPexels/ Vireshstudio photographer

Maksud hati memberikan saran yang baik untuk teman, tapi karena bahasa tulis yang kamu buat, temanmu si penulis status bisa punya interpretasi berbeda dari apa yang kamu maksud. 

Maksudmu yang cuma ingin mengingatkan demi kebaikan, eh, ujung-ujungnya malah kalian yang saling salah paham. Duh, jadi tambah ribet nih urusannya.

Nah, itulah beberapa alasan mengapa kamu tidak perlu menanggapi status sindiran teman di medsos. Rupanya gak cuma bikin emosi, kamu juga akan kehilangan banyak waktu berharga bila terus menanggapinya.

Baca Juga: 6 Alasan Kenapa Media Sosial Dapat Merusak Kesehatan Mental, Waspada!

Nuke Diah Ayuning Photo Community Writer Nuke Diah Ayuning

Generasi 90an yang mempunyai ketertarikan untuk menulis...

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Arifina Aswati

Just For You